6 Pelatih Premier League yang Dipecat usai Kalah dari Jurgen Klopp

Scott Parker jadi "korban" terbaru

Jurgen Klopp memberikan banyak perubahan dalam skuad Liverpool sejak melatih The Reds pada pertengahan musim 2015/2016. Liverpool bersama Jurgen Klopp menjelma sebagai tim yang ditakuti dan kerap diperhitungkan sebagai juara.

Kemenangan yang diraih Jurgen Klopp di Liverpool juga kerap menjadi duka tersendiri bagi lawan-lawannya, khususnya bagi deretan pelatih yang langsung dipecat setelah kalah dari Jurgen Klopp. Sejak 2015, telah ada enam pelatih Premier League yang jadi "korban" Juergen Klopp.

Siapa saja pelatih Premier League yang dipecat usai kalah dari Jurgen Klopp tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

1. Fransesco Guidolin

6 Pelatih Premier League yang Dipecat usai Kalah dari Jurgen KloppFransesco Guidolin (premierleague.com)

Pelatih pertama yang mengalami pemecatan setelah dikalahkan Jurgen Klopp adalah Fransesco Guidolin. Momen ini terjadi pada 1 Oktober 2016 setelah Guidolin bersama Swansea City kalah dengan skor 1-2 di kandang sendiri.

Dua hari berselang dari kekalahan tersebut, Guidolin dipecat dari kursi kepelatihan Swansea City. Momen ini merupakan akhir dari rentetan buruk performa Swansea pada enam laga beruntun. Setelah dipecat oleh Swansea City enam tahun silam, hingga kini Guidolin belum kembali melatih.

2. Slaven Bilic

6 Pelatih Premier League yang Dipecat usai Kalah dari Jurgen KloppSlaven Bilic (premierleague.com)

Kebersamaan Slaven Bilic dan West Ham United sebagai pelatih yang telah bertahan lebih dari dua musim akhirnya usai pada 6 November 2017. Pemecatan pelatih asal Kroasia ini didasari penampilan kurang konsisten yang ditunjukan The Hammers.

Kekalah memalukan di kandang sendiri dengan skor 1-4 dari Liverpool pun menjadi puncak ketidakpuasan fans sekaligus manajemen West Ham United terkait performa Bilic. Momen pemecatan itu terjadi pada tanggal 4 November 2017.

Baca Juga: 9 Pemain yang Performanya Menurun setelah Berpisah dengan Jurgen Klopp

3. Slavisa Jokanovic

6 Pelatih Premier League yang Dipecat usai Kalah dari Jurgen KloppSlavisa Jokanovic (premierleague.com)

Pelatih Dynamo Moscow saat ini, Slavisa Jokanovic, juga pernah menjadi korban pemecatan setelah kalah dari Jurgen Klopp. Kebersamaan Jokanovic bersama Fulham yang berjalan hampir tiga tahun akhirnya usiai pada 11 November 2018.

Lagi-lagi, rentetan buruk yang menimpa timnya dalam tujuh pertandingan dituntaskan oleh Jurgen Klopp lewat skor 2-0 di Anfield. Jokanovic pun dipecat dari Fuham tiga hari berselang.

4. Jose Mourinho

6 Pelatih Premier League yang Dipecat usai Kalah dari Jurgen KloppJose Mourinho (asroma.com)

Duel antara Liverpool dan Manchester United selalu ditunggu setiap musimnya. Aroma rivalitas antara dua klub pelabuhan ini selalu berjalan panas, tak peduli apa pun turnamennya. Pada pekan ke-17 Premier League 2018/2019, pertandingan antara Liverpool dan Manchester United pun memakan korban.

Liverpool di bawah asuhan Jurgen Klopp kala itu sukses mengalahkan Manchester United yang dinahkodai Jose Mourinho dengan skor 3-1. Jadi akhir cerita, Jose Mourinho pun dipecat dua hari setelah kekalahan memalukan tersebut.

5. Marco Silva

6 Pelatih Premier League yang Dipecat usai Kalah dari Jurgen KloppMarco Silva (premierleague.com)

Jurgen Klopp juga membuat pelatih klub rival Liverpool lain dipecat pada 4 Desember 2019. Kali ini, Marco Silva, pelatih berkebangsaan Portugal, yang dipecat Everton akibat kekalahan memalukan dari Liverpool dengan skor 5-2.

Selain karena kekalahan besar dari sang rival, Marco Silva juga dipecat akibat tiga kekalahan yang Everton derita musim tersebut. Marco Silva akhirnya dipecat sehari setelah pertandingan kontra Liverpool usai.

6. Scott Parker

6 Pelatih Premier League yang Dipecat usai Kalah dari Jurgen KloppScott Parker (premierleague.com)

Pelatih terbaru yang dipecat setelah mengalami kekalahan dari Jurgen Klopp adalah Scott Parker. Kekalahan memalukan di laga lanjutan Premier League 2022/2023 dengan skor 9-0 pada, Sabtu (27/8/2022), menjadi alasan Parker akhirnya dipecat oleh Bournemouth.

Selain itu, torehan 1 kemenangan dari empat laga awal Premier League 2022/2023 menjadi alasan pelatih muda asal Inggris ini dipecat. Parker resmi diberhentikan pada, Selasa (30/8/2022).

Meski secara pribadi tampak ramah, nyatanya Jurgen Klopp cukup menakutkan lewat rekor yang banyak memakan korban ini. Para pelatih Premier League pun harus lebih waspada ketika bersua Liverpool jika tak mau nasibnya berakhir seperti sederet pelatih di atas.

Baca Juga: 5 Pemain yang Merapat ke Bournemoth dari Liverpool era Jurgen Klopp

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya