6 Manajer yang Paling Sering Memainkan Raphael Varane di Level Klub

Paling sering dimainkan Zinedine Zidane

Intinya Sih...

  • Raphael Varane pensiun di tengah musim 2024/2025 karena cedera pada usia 31 tahun.
  • Zinedine Zidane adalah manajer yang paling sering memainkan Varane di level klub, dengan 190 laga bersama Real Madrid.
  • Carlo Ancelotti menurunkan Varane sebanyak 69 laga, sementara Erik Ten Hag hanya memainkannya dalam 66 laga di Manchester United.

Kejutan datang dari Raphael Varane yang memutuskan untuk pensiun pada awal musim 2024/2025. Mantan bek Timnas Prancis itu pensiun pada usia 31 tahun karena cedera. Padahal, ia masih terikat kontrak dengan Como 1907 dan baru sekali tampil bersama klub.

Semasa aktif bermain, Varane dikenal sebagai seorang bek tangguh. Ia menjadi andalan bagi banyak manajer, baik di level klub maupun tim nasional. Lalu, siapa sajakah manajer yang paling sering memainkannya di level klub?

1. Zinedine Zidane memainkan Raphael Varane dalam 190 laga di Real Madrid

6 Manajer yang Paling Sering Memainkan Raphael Varane di Level KlubZinedine Zidane (twitter.com/championsleague)

Manajer yang paling sering memainkan Raphael Varane di level klub adalah Zinedine Zidane. Hal ini cukup wajar mengingat Zidane adalah manajer yang paling lama melatih bek asal Prancis itu. Keduanya bekerja sama ketika berada di Real Madrid pada 2016--2018 dan 2019--2021. Dalam kurun waktu tersebut, Zidane menjadikan Varane sebagai bek utama Los Galacticos. Varane pun mampu mencatat 190 laga dengan torehan 9 gol dan 5 assist.

2. Carlo Ancelotti (69 laga) melatih Raphael Varane selama 2 musim di Real Madrid

6 Manajer yang Paling Sering Memainkan Raphael Varane di Level KlubCarlo Ancelotti (realmadrid.com)

Di urutan kedua, ada Carlo Ancelotti yang menurunkan Raphael Varane sebanyak 69 kali. Momen tersebut terjadi selama 2 musim, tepatnya pada 2013--2015. Dalam kurun waktu tersebut, Varane mampu menyumbang 2 gol dan 1 assist. Sebetulnya, ia bisa mencatat laga lebih banyak torehan di bawah arahan Ancelotti. Sayangnya, pria keturunan Martinique itu sempat mengalami cedera yang cukup lama.

3. Erik ten Hag (66 laga) paling sering memainkan Raphael Varane di Manchester United

6 Manajer yang Paling Sering Memainkan Raphael Varane di Level KlubErik Ten Hag (manutd.com)

Raphael Varane sempat 3 musim (2021--2024) berseragam Manchester United. Di klub tersebut, ia paling sering dimainkan Erik ten Hag. Manajer asal Belanda itu menurunkan Varane dalam 66 laga pada 2022--2024. Dalam kurun waktu tersebut, Varane hanya menyumbang satu assist.

Baca Juga: 6 Fakta Raphael Varane, Punya 20 Gelar Juara!

4. Jose Mourinho (48 laga) menjadi sosok yang membawa Raphael Varane ke Real Madrid

6 Manajer yang Paling Sering Memainkan Raphael Varane di Level KlubJose Mourinho (asroma.com)

Kiprah Raphael Varane di dunia sepak bola sangat populer ketika membela Real Madrid. Ia patutnya berterima kasih kepada Jose Mourinho yang memboyongnya ke klub tersebut pada 2011. Di bawah arahan manajer asal Portugal tersebut, Varane mencatat 48 laga dengan sumbangan 4 gol dan 1 assist. Torehan tersebut ia torehkan selama 2 musim (2011--2013).

5. Santiago Solari (22 laga) melatih Varane selama 4 bulan

6 Manajer yang Paling Sering Memainkan Raphael Varane di Level KlubSantiago Solari (twitter.com/realmadriden)

Banyak yang lupa Santiago Solari pernah menjadi manajer Real Madrid. Pria asal Argentina itu menjalani peran sebagai juru taktik El Real selama 4 bulan dengan mencatat 28 laga. Dalam kurun waktu tersebut, ia pernah menurunkan Raphael Varane dalam 22 laga. Ketika dilatih Solari, Varane mencetak dua gol.

6. Ralf Rangnick (20 laga) berstatus sebagai karteker ketika melatih Raphael Varane

6 Manajer yang Paling Sering Memainkan Raphael Varane di Level KlubRalf Rangnick (manutd.com)

Ralf Rangnick pernah memainkan Raphael Varane di Manchester United sebanyak 20 kali. Kala melatih Varane, manajer asal Jerman itu berstatus sebagai karteker. Sayangnya, kiprahnya ketika melatih Varane tak bertahan lama. Sebab, ia hanya bertahan selama 5 bulan (Desember 2021--Mei 2022). Varane sendiri mencatat dua gol ketika dilatih Rangnick.

Belum ada kabar terbaru mengenai masa depan Raphael Varane selepas pensiun. Mungkin, ia akan beristirahat sejenak sambil melakukan pemulihan terhadap cedera lutut yang saat ini dialaminya. Dengan berbagai prestasi, reputasi, serta dedikasinya, ia layak disebut sebagai legenda sepak bola.

Baca Juga: 6 Pemain Prancis Termahal yang Pernah Dibeli MU, Pogba atau Varane?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya