6 Manajer yang Paling Sering Melatih Claudio Bravo di Level Klub

Claudio Bravo pensiun pada usia 41 tahun

Di tengah ramainya bursa transfer musim panas 2024, Claudio Bravo memutuskan untuk pensiun. Kiper berkebangsaan Chile itu pensiun bersama Real Betis ketika usianya telah menginjak 41 tahun. Hal ini mengakhiri perjalanan karier profesionalnya sebagai pesepak bola selama 21 tahun.

Dalam kurun waktu tersebut, Bravo dikenal sebagai seorang kiper yang hebat. Tak heran banyak manajer yang sangat mengandalkannya. Lantas, siapa sajakah manajer yang paling sering mengandalkannya di level klub? Berikut inilah ulasan enam di antaranya!

1. Luis Enrique (75 laga) mengandalkan Claudio Bravo di LaLiga Spanyol

6 Manajer yang Paling Sering Melatih Claudio Bravo di Level KlubLuis Enrique (fcbarcelona.com)

Manajer yang paling sering mengandalkan Claudio Bravo adalah Luis Enrique. Manajer asal Spanyol itu melatih Bravo di Barcelona selama 2 musim (2014--2016). Saat itu, Barcelona memiliki dua kiper hebat, yakni Bravo dan Marc Andre Ter Stegen. Namun, di bawah arahan Enrique, kedua kiper tersebut berhasil mendapatkan porsi bermain yang tak jauh berbeda. Bravo bermain lebih banyak di LaLiga Spanyol dengan 75 laga, sedangkan Ter Stegen lebih banyak bermain di Liga Champions Eropa dan Copa Del Rey.

2. Manuel Pellegrini (74 laga) jadi manajer terakhir Claudio Bravo dalam kariernya

6 Manajer yang Paling Sering Melatih Claudio Bravo di Level KlubManuel Pellegrini (mancity.com)

Manuel Pellegrini menjadi manajer terakhir yang melatih Claudio Bravo sebagai pesepak bola profesional. Manajer asal Chile ini pun menjadi sosok yang membawa Bravo ke Real Betis pada 2020. Sejak saat itu, Pellegrini dan Bravo selalu bekerja sama untuk memberikan yang terbaik untuk Los Verdeblancos. Selama 4 musim dilatih Pellegrini, Bravo mencatat 74 laga dengan torehan 23 nirbobol.

3. Philippe Montanier (68 laga) paling sering memainkan Claudio Bravo di Real Sociedad

6 Manajer yang Paling Sering Melatih Claudio Bravo di Level KlubPhilippe Montanier (x.com/NFFC)

Real Soceidad merupakan klub Eropa pertama yang dibela Claudio Bravo. Ia membela klub ini selama 8 tahun (2006--2014). Dari banyaknya manajer yang melatihnya di Real Sociedad, Philippe Montanier menjadi yang paling mengandalkan Bravo. Ia dimainkan sebanyak 64 laga oleh manajer asal Prancis itu. Momen tersebut terjadi selama 2 musim, tepatnya dari 2011-2013.

Baca Juga: 4 Pemain Real Sociedad Pindah ke Tim LaLiga Lain pada Musim Panas 2024

4. Claudio Bravo pernah mencetak gol selama 44 laga dilatih Martin Lasarte

6 Manajer yang Paling Sering Melatih Claudio Bravo di Level KlubMartin Lasarte (laroja.cl)

Manajer lain yang pernah melatih Claudio Bravo di Real Sociedad adalah Martin Lasarte. Manajer asal Uruguay tersebut melatih Bravo selama 2 musim, tepatnya pada 2009--2011. Dalam kurun waktu tersebut, Bravo mencatat 63 penampilan di bawah arahan Lasarte. Uniknya, Bravo pernah mencetak gol kala dilatih Lasarte. Itu menjadi satu-satunya gol yang pernah ia cetak selama menjadi pesepak bola profesional.

5. Pep Guardiola (61 laga) jadi sosok yang membawa Claudio Bravo ke Manchester City

6 Manajer yang Paling Sering Melatih Claudio Bravo di Level KlubPep Guardiola (premierleague.com)

Pep Guardiola menjadi manajer yang membawa Claudio Bravo ke Manchester City pada 2016. Kiper asal Chile itu bermain dalam 66 laga selama 4 musim dilatih Guardiola di Manchester City. Sebetulnya, Bravo bisa saja lebih banyak mencatatkan pertandingan. Akan tetapi, ia sudah tergeser oleh Ederson Moraes pada musim keduanya di klub ini.

6. Jagoba Arrasate memainkan Claudio Bravo dalam 44 laga di Real Sociedad

6 Manajer yang Paling Sering Melatih Claudio Bravo di Level KlubJagoba Arrasate (facebook.com/RCDMallorcaOficial)

Selain Philippe Montanier dan Martin Lasarte, Jagoba Arrasate juga melatih Claudio Bravo di Real Sociedad. Momen tersebut terjadi pada musim 2013/2014 saja. Dalam kurun waktu tersebut, Bravo bermain ciamik dengan menampilkan 44 laga. Berkat penampilan apiknya ini, Bravo pun diminati Barcelona pada musim panas 2014.

Selama kariernya, Claudio Bravo memang membela klub-klub besar. Ia memulai kariernya bersama Colo-Colo, Real Sociedad, Barcelona, Manchester CIty, dan Real Betis. Klub-klub tersebut menjadi tempat yang nyaman baginya untuk belajar, terutama dalam menyerap ilmu dari para manajernya.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua di Real Betis 2023/2024, Ada Claudio Bravo

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya