8 Manajer yang Pernah Memainkan Sergi Roberto di Barcelona

Berpisah setelah 11 tahun mengabdi

Setelah 11 tahun mengabdi untuk tim senior Barcelona, Sergi Roberto akhirnya berpisah dengan klub berjuluk Blaugrana tersebut. Pemain berkebangsaan Spanyol ini tak diperpanjang kontraknya. Alasan terkuatnya ialah karena Roberto tak masuk ke dalam skema Hansi Flick yang jadi manajer baru Barcelona.

Selama berseragam Barcelona, Roberto pernah dilatih oleh delapan manajer berbeda. Ia pernah dimainkan oleh delapan manajer tersebut. Siapa sajakah mereka?

1. Pep Guardiola jadi manajer pertama yang memainkan Sergi Roberto di tim utama Barcelona

8 Manajer yang Pernah Memainkan Sergi Roberto di BarcelonaPep Guardiola (premierleague.com)

Saat melatih Barcelona, Pep Guardiola sering mencoba beberapa pemain akademi. Salah satunya ialah Sergi Roberto yang dimainkan pada 2010/2011 dan 2011/2012. Kala itu, Roberto belum promosi sepenuhnya ke tim utama Barcelona. Ia hanya dimainkan sebanyak tujuh kali sebagai seorang gelandang. Hebatnya, ia sukses mencetak 2 gol dan 2 assist ketika dilatih Guardiola.

2. Tito Vilanova memainkan Sergi Roberto hanya sebanyak empat kali sebagai pemain akademi

8 Manajer yang Pernah Memainkan Sergi Roberto di BarcelonaTito Vilanova (fcbarcelona.com)

Serupa dengan Pep Guardiola, Tito Vilanova juga memainkan Sergi Roberto sebagai pemain akademi. Ia pernah empat kali dimainkan oleh Vilanova sebagai seorang gelandang. Momen tersebut terjadi pada 2012/2013.

3. Gerardo Martino promosikan Sergi Roberto ke tim utama Barcelona

8 Manajer yang Pernah Memainkan Sergi Roberto di BarcelonaGerardo Tata Martino (fifa.com)

Gerardo Martino menjadi manajer yang mempromosikan Sergi Roberto ke tim utama Barcelona. Manajer asal Argentina itu menempatkan Roberto sebagai gelandang. Ia memainkannya sebanyak 27 kali pada 2013/2014. Namun, momen kerja sama keduanya hanya bertahan selama musim tersebut.

4. Luis Enrique mulai memainkan Sergi Roberto di banyak posisi

8 Manajer yang Pernah Memainkan Sergi Roberto di BarcelonaLuis Enrique (fcbarcelona.com)

Sergi Roberto sejatinya berposisi sebagai gelandang tengah. Namun, pada era kepelatihan Luis Enrique di Barcelona (2014--2017), ia mulai diuji coba untuk mengisi posisi lain. Ia pernah bermain sebagai gelandang tengah, gelandang bertahan, bek kanan, dan bek kiri. Dari sanalah, Roberto mulai dikenal sebagai seorang pemain yang versatile. Selama dilatih Enrique, ia mencatat 114 laga dengan torehan 4 gol dan 14 assist.

Baca Juga: PSG Bantai Barcelona, Enrique Senang Sekaligus Patah Hati

5. Ernesto Valverde sangat mengandalkan Sergi Roberto

8 Manajer yang Pernah Memainkan Sergi Roberto di BarcelonaErnesto Valverde (fcbarcelona.com)

Tak jauh berbeda dengan Luis Enrique, Ernesto Valverde juga sangat mengandalkan Sergi Roberto untuk banyak posisi. Selain empat posisi yang telah disebutkan sebelumnya, ia juga kerap dipercaya mengisi posisi sayap kanan ketika dilatih Valverde. Tak heran 114 laga berhasil ia ciptakan selama 2,5 musim (2017--2020). Dalam kurun waktu tersebut, ia menyumbangkan 2 gol dan 17 assist.

6. Quique Setien hanya 7 bulan membesut Sergi Roberto

8 Manajer yang Pernah Memainkan Sergi Roberto di BarcelonaQuique Setien (fcbarcelona.com)

Sergi Roberto juga pernah dimainkan oleh Quique Setien saat di Barcelona. Momen tersebut terjadi selama 7 bulan pada Januari--Agustus 2020. Dalam kurun waktu tersebut, Setien memainkan Roberto sebanyak 17 kali dengan posisi bek kanan, bek tengah, gelandang tengah, sayap kanan, dan penyerang kanan.

7. Ronald Koeman memainkan Sergi Roberto sebanyak 32 kali

8 Manajer yang Pernah Memainkan Sergi Roberto di BarcelonaRonald Koeman (premierleague.com)

Ronald Koeman melatih Barcelona pada 2020/2021. Kala itu, ia pernah memainkan Sergi Roberto sebanyak 32 kali. Roberto pun menyumbangkan 3 gol dan 3 assist dalam kurun waktu tersebut. Selama dilatih manajer asal Belanda tersebut, Roberto paling sering mengisi posisi sebagai bek kanan, sayap kanan, dan gelandang tengah.

8. Xavi Hernandez jadi pelatih terakhir Sergi Roberto di Barcelona

8 Manajer yang Pernah Memainkan Sergi Roberto di BarcelonaXavi Hernandez (fcbarcelona.com)

Dengan hengkangnya Sergi Roberto pada musim panas 2024 maka Xavi Hernandez jadi manajer terakhirnya di Barcelona. Roberto bekerja sama dengan Xavi selama kurang lebih 2,5 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, porsi Roberto sudah mulai dikurangi sebagai pemain utama. Sehingga, ia hanya mencatat 7 gol dan 6 assist dari 57 laga. Meski begitu, Xavi menunjuknya sebagai kapten di Barcelona.

Sergi Roberto sendiri belum memutuskan masa depannya setelah tak diperpanjang kontraknya oleh Barcelona. Namun, beberapa klub telah siap untuk menampungnya. Sebut saja Sevilla, AS Roma, Como, ACF Fiorentina, dan Ajax Amsterdam.

Baca Juga: Barcelona Punya Alasan Konyol Depak Xavi dari Kursi Pelatih

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya