5 Klub Rumania yang Pernah Lolos ke Babak Gugur Liga Champions

Steaua Bucharest pernah jadi juara 

Liga Champions Eropa 2022/2023 telah memasuki 16 besar. Klub yang lolos dari fase grup kembali bertarung pada babak gugur.

Dari 16 klub yang lolos, tak ada satu pun yang mewakili Rumania. Padahal, pada masa lampau, klub asal salah satu negara Eropa itu cukup sering menembus babak gugur Liga Champions.

Inilah klub Rumania yang pernah lolos ke babak gugur Liga Champions.

1. Dinamo Bucharest

5 Klub Rumania yang Pernah Lolos ke Babak Gugur Liga ChampionsDinamo Bucharest (twitter.com/FCDinamoRO)

Dinamo Bucharest adalah klub Rumania pertama yang melaju ke babak gugur Liga Champions. Mereka pertama kali melakukannya pada 1957. Sayang, Dinamo Bucharest kalah telak dari CSKA Sofia dengan agregat 4-10.

Pada format lama Liga Champions, Dinamo Bucharest pernah 13 kali masuk babak gugur, dengan semifinal 1984 sebagai prestasi tertinggi. Namun, sejak format diganti pada 1992/1993, Dinamo Bucharest baru sekali melaju ke babak gugur.

2. FC Arges Pitesti 

5 Klub Rumania yang Pernah Lolos ke Babak Gugur Liga ChampionsArges Pitetsti (twitter.com/RoFtbl)

FC Arges Pitesti merupakan klub asal Rumania yang bubar pada 2013. Kala masih aktif, mereka pernah dua kali melaju ke babak gugur Liga Champions.

Momen tersebut terjadi pada edisi 1973 dan 1980. Sayangnya, FC Arges Pitesti harus takluk pada babak 16 besar oleh Real Madrid (1973) dan Nottingham Forest (1980).

Baca Juga: 6 Mantan Juara Liga Champions Berebut Trofi Liga Europa 2022/2023

3. Steaua Bucharest

5 Klub Rumania yang Pernah Lolos ke Babak Gugur Liga ChampionsSteaua Bucharest (fscb.ro)

Steaua Bucharest adalah klub Rumania paling sukses di Liga Champions. Klub asal ibu kota ini sepuluh kali tampil pada babak gugur edisi lama. Mereka juga sekali tampil pada babak gugur edisi baru.

Steaua Bucharest bahkan pernah dua kali masuk final, yakni pada 1986 dan 1989. Pada kesempatan pertamanya, mereka menjadi juara dengan mengalahkan Barcelona. Sedangkan, pada kesempatan keduanya, mereka dikalahkan AC Milan.

4. FC Universitatea Craiova

5 Klub Rumania yang Pernah Lolos ke Babak Gugur Liga ChampionsAndrei Ivan saat berseragam Universitatea Craiova. (ucv1948.ro)

Universitatea Craiova menjadi klub Rumania selanjutnya yang masuk dalam daftar ini. Craiova pernah empat kali masuk ke babak gugur Liga Champions pada edisi lama.

Pada turnamen yang kala itu masih bernama European Champion Cup, perempat final  menjadi prestasi terbaik Craiova. Momen tersebut terjadi pada 1982 kala kalah agregat dari Bayern Munich dengan skor 1-3.

5. FC Rapid 1923

5 Klub Rumania yang Pernah Lolos ke Babak Gugur Liga ChampionsFC Rapid (fcrapid.ro)

Keluar 3 kali sebagai juara Liga Rumania membuat FC Rapid 1923 juga punya 3 kesempatan berlaga di Liga Champions. Sayangnya, 2 dari 3 kesempatan tersebut berakhir gagal karena kalah pada babak kualifikasi.

FC Rapid baru berlaga di Liga Champions pada 1968. Pada momen tersebut, mereka sukses menembus 16 besar sebelum dikalahkan Juventus degan agregat 0-1.

Kemunduran menjadi satu kata yang tepat untuk menggambarkan sepak bola Rumania. Tak banyak pesepak bola mereka yang cukup mentereng. Klub-klub asal Rumania juga kini tak banyak berbicara di Liga Champions.

Baca Juga: 5 Pemain Belanda Paling Sering Main di Liga Champions, Deretan Legenda

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya