Kiprah Polandia di 5 Edisi Terakhir Euro, Tak Memuaskan

Polandia jadi tim pertama yang gugur di #Euro2024

Intinya Sih...

  • Polandia pertama kali gugur di Euro 2008 setelah hanya meraih satu poin dari tiga pertandingan.
  • Pada Euro 2012, Polandia kembali tersingkir di fase grup meskipun menjadi tuan rumah bersama Ukraina.
  • Prestasi terbaik Polandia adalah pada Euro 2016, lolos dari fase grup dan mencapai perempat final sebelum tersingkir oleh Portugal.

Polandia menjadi tim pertama yang gugur di Euro 2024. Kepastian ini didapat setelah tim asuhan Michel Probierz kalah dari Austria pada matchday kedua grup D. Hal ini jelas sangat memalukan bagi Polandia yang sebetulnya menyandang status kuda hitam dan diperkuat sejumlah bintang.

Dalam sejarah keikutsertaan Polandia di Euro, tim ini memang tak begitu mentereng. Polandia beberapa kali gugur di fase grup dan hanya sekali lolos ke fase gugur. Untuk membuktikan fakta tersebut, ada baiknya simak ulasan berikut inI!

1. Polandia langsung tersingkir di fase grup pada Euro pertamanya

Kiprah Polandia di 5 Edisi Terakhir Euro, Tak MemuaskanEbi Smoralek (twitter.com/UEFAcom_de)

Polandia pertama kali berpartisipasi di Euro 2008. Di turnamen tersebut, Polandia tak bisa membuat kejutan sebagai debutan. Sebab, mereka langsung gugur di fase grup setelah mengalami dua kekalahan dan sekali imbang. 

Tergabung di grup B Euro 2008 bersama Kroasia, Austria, dan Jerman, Polandia hanya bisa meraup satu poin dari hasil imbang kontra Austria. Hal ini sebetulnya cukup wajar mengingat statusnya sebagai debutan. Pada Euro 2008, Polandia diperkuat oleh sejumlah pemain hebat seperti Artur Boruc, Lukasz Piszczek, Ebi Smolarek, dan Lukasz Fabianski, yang masih muda.

Baca Juga: Klasemen Grup D Euro 2024: Polandia Tersingkir, Belanda di Puncak

2. Status tuan rumah tak membuat Polandia berprestasi di Euro 2012

Kiprah Polandia di 5 Edisi Terakhir Euro, Tak MemuaskanJakub Błaszczykowski (twitter.com/UEFAcom_de)

Polandia ditunjuk sebagai tuan rumah bersama Ukraina pada Euro 2012. Namun, status Polandia sebagai tuan rumah tak sanggup mendongkrak prestasi mereka di edisi kali ini karena kembali gugur di fase grup.

Tergabung di Grup A bersama Yunani, Ceko, dan Rusia, Polandia justru jadi juru kunci. Mereka hanya mendapat dua poin dari dua kali imbang saat melawan Rusia dan Yunani. Alhasil, skuad yang dihuni oleh Wojciech Szczesny, Lukasz Fabianski, Robert Lewandowski, Jakub Błaszczykowski, dan Kamil Grosicki, ini harus tersingkir lebih cepat.

Baca Juga: Polandia Jadi Tim Pertama yang Angkat Koper dari Euro 2024

3. Paling bagus di Euro 2016

Kiprah Polandia di 5 Edisi Terakhir Euro, Tak MemuaskanRobert Lewandowski (twitter.com/euro2024)

Prestasi terbaik Polandia selama berpartisipasi di Euro adalah pada edisi 2016. Di turnamen kali ini, Polandia lolos dari fase grup. Mereka keluar sebagai runner-up grup C di bawah Jerman, mengungguli Irlandia Utara dan Ukraina.

Pada babak 16 besar, Polandia kembali berjaya setelah menaklukkan Swiss lewat adu penalti. Sialnya, Polandia gugur pada perempat final setelah kalah dari Portugal dengan cara yang sama. Sepanjang Euro 2016, Polandia dihuni oleh beberapa pemain tenar seperti Robert Lewandowski, Lukasz Fabianski, Arkadiusz Milik, Lukasz Piszczek, Piotr Zielinski, Jakub Błaszczykowski, dan Grzegorz Krychowiak.

4. Polandia tersungkur di edisi 2020

Kiprah Polandia di 5 Edisi Terakhir Euro, Tak MemuaskanPiotr Zielinski saat membela Timnas Polandia (instagram.com/zielu_94)

Setelah keberhasilan pada Euro 2016, Polandia justru mengalami penurunan performa empat tahun setelahnya. Polandia mengakhiri turnamen ini sebagai juru kunci di Grup E karena kalah saing dari Spanyol, Swedia, dan Slovakia.

Mirisnya lagi, Polandia hanya mampu mengumpulkan satu poin. Itu didapat dari hasil imbang kontra Spanyol. Oleh karena itu, tim yang dihuni oleh Wojciech Szczesny, Grzegorz Krychowiak, Jan Bednarek, Robert Lewandowski, Piotr Zielinski, dan Mateusz Klich, kala itu harus tersingkir lebih cepat.

5. Polandia jadi tim pertama yang tersingkir di Euro 2024

Kiprah Polandia di 5 Edisi Terakhir Euro, Tak MemuaskanWojciech.Szczesny (instagram.com/wojciech.szczesny1)

Kekalahan 1-3 dari Austria membuat Polandia menjadi tim pertama yang tersingkir di Euro 2024. Mereka gugur pada pertandingan kedua Grup D. Dengan hal ini maka hasil pertandingan kontra Prancis pada matchday ketiga, sudah tak lagi berpengaruh bagi Polandia.

Sebuah hasil mengecewakan karena sebenarnya banyak bintang di Polandia seperti  Wojciech Szczesny, Robert Lewandowski, Jan Bednarek, Piotr Zielinski, Jakub Kiwior, dan Krzysztof Piatek. Namun, pada Euro 2024, Lewandowski mengalami cedera sehingga tak pernah bermain penuh.

Baca Juga: 3 Fakta Usai Austria Kontra Polandia di Euro 2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya