Kiprah 10 Pemain Bayer Leverkusen yang Meramaikan Euro 2024

Mayoritas membela Jerman dan Ceko

Bayer Leverkusen tampil luar biasa pada musim 2023/2024. Mereka sukses mengawinkan gelar juara Bundesliga Jerman dan DFB Pokal. Hal tersebut ternyata memberikan dampak baik bagi para pemainnya sehingga ada sepuluh pemain Bayer Leverkusen yang dipanggil negaranya untuk berlaga di Euro 2024.

Dari sepuluh nama tersebut, tak semuanya bermain cemerlang. Penasaran dengan kiprah pemain Bayer Leverkusen di Euro 2024? Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, yuk, simak ulasan berikut inI!

1. Granit Xhaka punya peran penting di Timnas Swiss

Kiprah 10 Pemain Bayer Leverkusen yang Meramaikan Euro 2024Granit Xhaka (twitter.com/EURO2024)

Penampilan ciamik Granit Xhaka di Bayer Leverkusen berhasil ia bawa ke Timnas Swiss. Pemain berusia 31 tahun ini menjadi pemegang peran penting di lini tengah negaranya. Ia tampil sangat hebat sebagai penyalur bola sekaligus penjegal penyerangan lawan. Dari lima laga yang ia jalani, Xhaka tak pernah kehilangan semenit pun bersama Swiss. Di samping itu, ia juga berstatus sebagai kapten tim.

2. Jonathan Tah jadi pilihan utama di lini pertahanan Jerman

Kiprah 10 Pemain Bayer Leverkusen yang Meramaikan Euro 2024Jonathan Tah saat berseragam Timnas Jerman. (instagram.com/jonathantah_)

Penampilan apiknya bersama Bayer Leverkusen membuat Jonathan Tah dipilih sebagai bek utama Timnas Jerman di Euro 2024. Ini merupakan kali pertama ia menjalani peran tersebut. Meski memiliki tanggung jawab berat, ia tetap bisa menjalankan beban tersebut dengan baik. Dari 5 laga yang dijalani Der Panzer, Tah hanya absen 1 kali. Itu pun terjadi karena ia mengalami akumulasi kartu kuning.

3. Robert Andrich (Jerman) langsung jadi andalan di turnamen mayor pertamanya

Kiprah 10 Pemain Bayer Leverkusen yang Meramaikan Euro 2024Robert Andrich (twitter.com/EURO2024)

Euro 2024 merupakan turnamen mayor pertama bagi Robert Andrich. Meski berstatus debutan, ia cukup cakap menjalani perannya sebagai gelandang bertahan. Bahkan, ia dipercaya sebagai pemain andalan. Hal itu terbukti dari 5 laga yang ia jalani dari 5 laga yang dijalani Timnas Jerman.

4. Florian Wirtz cetak dua gol untuk Jerman

Kiprah 10 Pemain Bayer Leverkusen yang Meramaikan Euro 2024Florian Wirtz (twitter.com/euro2024)

Serupa dengan dua rekannya di Timnas Jerman, Florian Wirtz juga menjadi andalan di timnya. Ia sering dipasang untuk menghuni posisi winger. Penampilan ciamiknya itu membuahkan 2 gol dari 5 laga yang dijalaninya. Akan tetapi, ia tak pernah tampil selama 90 menit selama Euro 2024. Jerman sendiri gugur pada babak delapan besar di Euro 2024.

5. Alejandro Grimaldo (Spanyol) kalah saing dari Marc Cucurella

Kiprah 10 Pemain Bayer Leverkusen yang Meramaikan Euro 2024Alejandro Grimaldo (twitter.com/grimaldo35)

Alejandro Grimaldo bermain sangat apik bersama Bayer Leverkusen pada musim 2023/2024. Akan tetapi, hal tersebut tak menjamin posisinya di Timnas Spanyol. Pasalnya, ia kalah saing dari Marc Cucurella yang sebetulnya tak begitu bersinar di Chelsea. Grimaldo hanya bermain 2 laga dengan rincian 114 menit. Meski begitu, ia turut serta sukses membawa juara Euro 2024 bersama Spanyol.

Baca Juga: Sinar Alejandro Grimaldo yang Disia-siakan oleh Klub Masa Kecilnya

6. Jeremie Frimpong (Belanda) kalah saing dari Denzel Dumfries

Kiprah 10 Pemain Bayer Leverkusen yang Meramaikan Euro 2024Jeremie Frimpong (instagram.com/jeremiefrimpong)

Tak jauh berbeda dengan Alejandro Grimaldo, Jeremie Frimpong juga tampil bersinar bersama Bayer Leverkusen. Namun, saat bermain di Euro 2024, ia hanya menjadi pemain pelapis. Ia kalah saing dari Denzel Dumfries dalam perebutan posisi sayap kanan Belanda. Oleh karena itu, ia hanya mampu mencatat 86 menit dari 3 laga.

7. Josip Stanisic dan Kroasia hanya mencapai fase grup

Kiprah 10 Pemain Bayer Leverkusen yang Meramaikan Euro 2024Josip Stanisic (instagram.com/josip_stanisic)

Josip Stanisic merupakan bek yang dipinjam Bayer Leverkusen dari Bayern Munich selama 2023/2024. Ia ikut serta di Euro 2024 untuk membela Timnas Kroasia. Posisinya pun cukup menguntungkan, yakni sebagai bek kanan utama. Akan tetapi, ia tak mampu membawa Kroasia lolos dari fase grup Euro 2024.

8. Patrik Schick gagal sumbangkan gol untuk Ceko

Kiprah 10 Pemain Bayer Leverkusen yang Meramaikan Euro 2024Patrik Schick (twitter.com/EURO2024)

Patrik Schick tampil bersinar di Euro 2020. Dengan rekam jejak yang bagus, Schick jelas diharapkan bisa tampil bersinar di Euro 2024 bersama Timnas Ceko. Akan tetapi, Schick justru gagal bersinar dan tak bisa mencetak satu pun gol. Dari 2 laga yang ia jalani di Euro 2024, Schick hanya mencatat 1 assist. Ia juga gagal membawa  Ceko lolos dari fase grup.

9. Adam Hlozek tak bisa berbuat banyak di Timnas Ceko

Kiprah 10 Pemain Bayer Leverkusen yang Meramaikan Euro 2024Adam Hlozek (instagram.com/ahlozek)

Serupa dengan Patrik Schick, Adam Hlozek juga membela Timnas Ceko di Euro 2024. Ia juga tak mampu berbuat banyak untuk Ceko. Ia hanya mencatat 2 penampilan dengan masing-masing 55 menit bermain. Ia pun gagal mencetak gol maupun assist selama Euro 2024.

10. Matej Kovar hanya mencatat 35 menit bersama Timnas Ceko

Kiprah 10 Pemain Bayer Leverkusen yang Meramaikan Euro 2024Matej Kovar (instagram.com/mkovar1705)

Pemain Bayer Leverkusen lain yang membela Timnas Ceko di Euro 2024 ialah Matej Kovar. Ia hanya mencatat 35 menit dari 3 laga yang dijalani Ceko pada fase grup. Hal tersebut bisa terjadi karena Kovar hanya jadi kiper kedua di belakang Jindrich Stanek.

Dari sepuluh nama dalam daftar ini, pemain asal Jerman dan Ceko mendominasi. Kedua negara tersebut masing-masing mengambil tiga pemain dari Bayer Leverkusen, sedangkan 4 pemain lagi terbagi kepada 4 negara berbeda.

Baca Juga: 4 Pemain Terakhir yang Direkrut Bayer Leverkusen dari Ligue 1

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya