Kiprah 5 Pemain Denmark yang Membela Chelsea sebelum Filip Jorgensen

Filip Jorgensen siap lanjutkan warisan

Intinya Sih...

  • Chelsea mendatangkan pemain berkualitas dari berbagai negara di dunia
  • Brian Laudrup, Bjarne Goldbaek, Jes Hogh, Jesper Gronkjaer, dan Andreas Christensen adalah beberapa pemain Denmark sebelum Filip Jorgensen
  • Jesper Gronkjaer adalah salah satu pemain Denmark yang sukses bersama Chelsea

Demi meningkatkan kualitas skuad, Chelsea rela mengeluarkan uang besar. Uang tersebut mereka gunakan untuk mendatangkan pemain berkualitas, baik dari negara-negara di benua Eropa, Amerika, Afrika, Australia, maupun Asia. Tak heran jika Chelsea pernah memiliki pemain dari berbagai negara yang beragam.

Salah satu negara tempat para pemain Chelsea berasal adalah Denmark. Dari negara yang berlokasi di utara Eropa ini, Chelsea pernah memiliki delapan pemain. Salah satunya ialah Filip Jorgensen yang baru didatangkan dari Villarreal.

Akan tetapi, tak semua pemain Denmark yang berseragam Chelsea meraih kesuksesan. Hal tersebut bisa dilihat dari lima pemain Denmark terakhir di Chelsea sebelum Jorgensen. Siapa sajakah pemain yang dimaksud?

1. Brian Laudrup hanya 4 bulan berseragam Chelsea

Kiprah 5 Pemain Denmark yang Membela Chelsea sebelum Filip JorgensenBrian Laudrup (chelseafc.com)

Brian Laudrup merupakan salah satu pesepak bola terbaik dalam sejarah Denmark. Dari sejumlah klub besar yang pernah ia bela, Chelsea menjadi salah satunya. Akan tetapi, ia hanya bertahan selama 4 bulan di klub ini.

Laudrup datang secara gratis dari Rangers FC pada Juli 1998. Namun, pada November 1998, ia diminati oleh FC Copenhagen dan pindah ke klub raksasa Denmark tersebut. Oleh karena itu, saudara dari Michael Laudrup ini hanya mampu mencetak 1 gol dari 11 penampilan bersama The Blues.

Baca Juga: 5 Pemain yang Meninggalkan Chelsea pada Musim Panas 2024

2. Bjarne Goldbaek hanya bersinar pada musim pertama

Kiprah 5 Pemain Denmark yang Membela Chelsea sebelum Filip JorgensenBjarne Goldbaek (chelseafc.com)

Delapan hari setelah Brian Laudrup hengkang ke FC Copenhagen, Chelsea justru mendatangkan Bjarne Goldbaek dari klub tersebut. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah ini dinilai memiliki potensi yang hebat kala itu. Ia pun sukses menampilkannya pada musim pertama.

Akan tetapi, performa Goldbaek menurun pada musim keduanya. Ia mulai kehilangan posisi dan sudah tak menyumbang gol serta assist lagi. Oleh karena itu, ia dijual Chelsea ke Fulham pada Januari 2000. Jika dijumlahkan secara keseluruhan, Goldbaek hanya mencatat 39 penampilan dengan torehan 5 gol dan 1 assist untuk Chelsea.

3. Jes Hogh pensiun bersama Chelsea

Kiprah 5 Pemain Denmark yang Membela Chelsea sebelum Filip JorgensenJes Hogh (fenerbahce.org)

Setelah 4 tahun tampil gemilang bersama Fenerbahce, Jes Hogh pun dibeli Chelsea pada musim panas 1999. Akan tetapi, ia justru gagal bersinar kala berseragam The Blues. Pasalnya, ia lebih sering dijadikan pemain cadangan. Ia kalah saing dari duet Frank Leboeuf dan Marcel Desailly kala itu.

Hogh sendiri hanya mampu mencatat 17 penampilan dengan sumbangan 1 assist sebagai bek tengah. Momen tersebut terjadi selama 2 musim. Setelah menjalani 2 musim tersebut, ia pun pensiun bersama Chelsea pada akhir musim 2000/2001.

4. Jesper Gronkjaer lanjutkan tren positif bersama Chelsea

Kiprah 5 Pemain Denmark yang Membela Chelsea sebelum Filip JorgensenJesper Gronkjaer (chelseafc.com)

Tampil gemilang bersama Ajax Amsterdam menjadi alasan Jesper Gronkjaer diboyong Chelsea pada musim dingin 2001. Pemain yang berposisi sebagai winger kiri ini ternyata mampu meneruskan tren positifnya bersama Chelsea. Ia sukses menjadi pemain utama selama 3,5 musim pengabdiannya di klub ini.

Gronkjaer memang tak begitu produktif dalam hal gol maupun assist. Kendati demikian, ia tetap memberi peran besar untuk timnya. Total ada 11 gol dan 17 assist yang berhasil ia bukukan selama berseragam The Blues.

5. Andreas Christensen tampilkan performa yang mengesankan

Kiprah 5 Pemain Denmark yang Membela Chelsea sebelum Filip JorgensenAndreas Christensen (premierleague.com)

Andreas Christensen merupakan pemain jebolan akademi Chelsea yang promosi pada 2015. Ia sempat kesulitan menembus tim utama Chelsea. Ia pun dipinjamkan ke Borussia Monchengladbach selama 2 musim, tepatnya pada 2015--2017.

Selepas pulang dari masa peminjaman, Andreas Christensen langsung jadi pemain reguler di Chelsea. Ia sering dipasang sebagai starter dan tak jarang dipasang sebagai pemain pengganti. Secara keseluruhan, ia mencatat 161 penampilan dengan sumbangan 2 gol dan 2 assist selama berseragam Chelsea (2015--2022).

Filip Jorgensen siap menjadi penerus warisan besar Denmark di Chelsea. Banyak pihak yang memprediksi jika kiper berusia 22 tahun itu bisa bersinar. Namun, ia harus waspada karena dirinya memiliki banyak pesaing berat untuk jadi kiper utama.

Baca Juga: Mengenal Renato Veiga, Pemain Muda Potensial Rekrutan Baru Chelsea

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya