Kiprah Belgia di 3 Edisi Terakhir Euro, Berbuah Kegagalan

Masih dianggap sebagai tim unggulan? #EURO2024

Kegagalan di Euro 2000 berhasil memecut semangat federasi sepak bola Belgia untuk membentuk sebuah pembinaan sepak bola yang baik. Sejak saat itu, lahirlah sejumlah pemain berbakat yang kelak jadi pemain ternama yang membela Timnas Belgia. Generasi tersebut sering disebut sebagai Golden Generation.

Akan tetapi, Belgia tak kunjung meraih trofi bergengsi meski dihuni oleh Golden Generation. Hal ini juga berlaku di Euro saat Belgia tak pernah menjadi juara atau bahkan masuk semi final dalam tiga edisi terakhir. Untuk mengetahui kiprah Belgia di tiga edisi terakhir Euro yang mereka ikuti, yuk simak ulasan berikut ini!

1. Belgia disingkirkan Wales di babak delapan besar Euro 2016

Kiprah Belgia di 3 Edisi Terakhir Euro, Berbuah KegagalanEden Hazard (twitter.com/euro2024)

Euro 2016 menjadi Euro pertama yang diikuti oleh Golden Generation Belgia. Pada turnamen tersebut, anggota Golden Generation pertama Belgia masih sangat lengkap. Di dalamnya ada Eden Hazard, Radja Nainggolan, Kevin De Bruyne, Thibaut Courtois, Romelu Lukaku, Toby Alderweireld, Marouane Fellaini, dan sejumlah nama besar lain.

Di fase grup Euro 2016, Belgia tampil cukup hebat dengan mengumpulkan enam poin. Akan tetapi, mereka hanya menjadi runner-up di Grup E. Mereka berada di bawah Italia yang unggul dalam hal head to head. Pasalnya, Belgia mengalami kekalahan dari Italia dengan skor 0-2 pada fase grup.

Pada babak 16 besar, Belgia menang besar atas Hungaria dengan skor 4-0. Akan tetapi, Belgia justru gugur di babak delapan besar dari Wales. Mereka kalah dengan skor 1-3. Perjalanan pertama Golden Generation Belgia di Euro akhirnya terhenti.

2. Babak delapan besar masih jadi ganjalan Belgia pada Euro 2020

Kiprah Belgia di 3 Edisi Terakhir Euro, Berbuah KegagalanRomelu Lukaku (twitter.com/EURO2024)

Sejumlah perubahan terjadi di skuad Belgia pada Euro 2020. Nama-nama yang menjadi andalan di Euro 2016, seperti Eden Hazard, Marouane Fellaini, Divock Origi, dan Jordan Lukaku, tak dibawa ke Euro 2020. Nama-nama tersebut tergeser oleh beberapa nama baru, seperti Leandro Trossard, Jeremy Doku, Youri Tielemans, Leander Dendoncker, dan Jan Vertonghen.

Dengan skuad yang masih bertabur bintang, Belgia melewati fase grup dengan meyakinkan. Mereka menjadi juara grup B di atas Denmark, Finlandia, dan Rusia. Belgia pun lolos ke babak 16 besar untuk menghadapi Portugal.

Pada babak 16 besar, Belgia menang dengan skor 1-0 atas Portugal. Akan tetapi, Belgia kembali gugur pada babak delapan besar. Kali ini, Belgia kalah dari Italia dengan skor 1-2. Babak delapan besar lagi-lagi menjadi ganjalan bagi Golden Generation Belgia untuk berprestasi.

3. Belgia kalah tipis dari Prancis di babak 16 besar Euro 2024

Kiprah Belgia di 3 Edisi Terakhir Euro, Berbuah KegagalanKevin De Bruyne (twitter.com/EURO2024)

Pada Euro 2024, sejumlah anggota awal Golden Generation sudah tak ada dalam skuad. Kini, hanya tersisa beberapa nama yang menjadi pemain senior pada Euro 2024. Mereka adalah Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku, Jan Vertonghen, Axel Witsel, dan Yannick Carrasco.

Namun, sejumlah pemain muda berbakat tetap menaungi skuad Belgia. Meski begitu, hal tersebut ternyata tak mampu mendongkrak prestasi Belgia. Tim berjuluk The Red Devils ini sempat kesusahan di fase grup, sebelum akhirnya lolos dengan status runner-up Grup E.

Pada babak 16 besar, Belgia langsung berhadapan dengan Prancis yang jadi salah satu tim unggulan. Pada babak ini, Belgia harus gugur karena mengalami kekalahan 0-1. Ini menjadi akhir perjalanan Belgia di Euro 2024.

Euro 2024 tampaknya akan menjadi Euro terakhir bagi Golden Generation pertama Belgia. Pasalnya, kebanyakan dari mereka sudah menua dan beberapa di antaranya telah memutuskan untuk pensiun. Namun, pembinaan yang terus berjalan tetap menghasilkan sejumlah nama besar yang siap membawa Belgia berjaya pada masa depan.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Prancis Singkirkan Belgia dari Euro 2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya