4 Pemain Kelahiran Catalan yang Bawa Spanyol ke Final Euro 2024

Ada Lamine Yamal yang pecahkan banyak rekor #EURO2024

Bukan lagi menjadi rahasia bahwa wilayah Catalan penghasil deretan pesepak bola hebat. Kehebatan pemain dari wilayah ini didorong budaya sepak bola yang begitu kuat, khususnya dari Barcelona. Meski kerap dianggap sebagai wilayah separatis, pesepak bola asal Catalan memiliki track record yang cukup baik saat membela Timnas Spanyol.

Dari wilayah ini, lahir sejumlah nama besar, seperti Xavi Hernandez, Carles Puyol, dan Cesc Fabregas. Kini, jejak para legenda itu sedang diikuti oleh empat pemain yang sedang berjuang dan akan tampil bersama Timnas Spanyol pada final Euro 2024. Siapa sajakah keempat pemain yang dimaksud dan seperti apa kiprahnya sejauh ini?

1. Dani Olmo melesat pada fase gugur

4 Pemain Kelahiran Catalan yang Bawa Spanyol ke Final Euro 2024Dani Olmo (twitter.com/euro2024)

Dani Olmo lahir di kota Terrassa yang terletak di tengah provinsi Barcelona, Catalan. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini juga pernah menjadi bagian dari dua tim akademi asal Catalan. Tim tersebut adalah Espanyol dan Barcelona.

Di Euro 2024, Dani Olmo menunjukkan performa yang sangat apik, khususnya pada fase gugur. Peningkatan ini membuat Olmo dipromosikan dari pemain rotasi menjadi pemain utama. Per 13 Juli 2024, Olmo telah mencatat 3 gol dan 2 assist dari 5 laga. 

2. Marc Cucurella jawab keraguan dengan penampilan gemilang

4 Pemain Kelahiran Catalan yang Bawa Spanyol ke Final Euro 2024Marc Cucurella (instagram.com/cucurella3)

Marc Cucurella lahir di Alella, sebuah wilayah di selatan Catalan. Serupa dengan Dani Olmo, Marc Cucurella juga pernah menimba ilmu di tim akademi Espanyol dan Barcelona. Namun, Cucurella lebih sering berkiprah di luar wilayah tersebut ketika memasuki usia senior.

Cucurella sendiri sempat diragukan ketika bergabung dengan skuad Spanyol di Euro 2024. Kekhawatiran tersebut bertambah ketika Cucurella lebih dipilih Luis De la Fuente untuk jadi bek kiri utama. Padahal, Cucurella bersaing dengan Alejandro Grimaldo yang sedang panas bersama Bayer Leverkusen. Kendati demikian, Cucurella mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Baca Juga: Lamine Yamal Gak Normal, Kenapa?

3. Lamine Yamal pecahkan sejumlah rekor di Euro 2024

4 Pemain Kelahiran Catalan yang Bawa Spanyol ke Final Euro 2024Lamine Yamal (instagram.com/lamineyamal)

Lamine Yamal lahir dari keluarga imigran yang menetap di wilayah Catalan. Yamal sendiri lahir di kota Esplugues de Llobregat, sebuah kota yang berada di tenggara Catalan. Ia pun menjadi bagian dari akademi Barcelona hingga akhirnya promosi ke tim utama.

Sinarnya bersama Barcelona membuat Yamal dipanggil untuk membela Spanyol di Euro 2024. Pada ajang ini, Yamal sukses tampil gemilang sebagai pemain utama dan mencatatkan sejumlah rekor. Berkat aksinya, Yamal tercatat sebagai pencetak gol, assist, dan pemain termuda dalam sejarah Euro.

4. David Raya kalah saing dari Unai Simon

4 Pemain Kelahiran Catalan yang Bawa Spanyol ke Final Euro 2024David Raya (arsenal.com)

Tak banyak yang tahu jika David Raya lahir dan besar di Barcelona, pusat dari Catalan. Akan tetapi, Raya tak pernah menjadi bagian dari tim akademi besar, seperti Barcelona, Espanyol, maupun Girona. Raya berasal dari tim akademi UE Cornella sebelum akhirnya pindah ke Inggris untuk menimba ilmu di tim akademi Blackburn.

Di Euro 2024, Raya dipanggil sebagai salah satu opsi kiper La Furia Roja. Akan tetapi, Raya hanya diplot sebagai pelapis dari Unai Simon. Meski begitu, Raya beruntung karena masih mendapatkan menit bermain. Momen tersebut terjadi pada matchday ketiga Euro 2024 ketika Spanyol mengalahkan Albania dengan skor 1-0.

Beberapa nama dalam daftar ini merupakan jebolan akademi Barcelona. Ini membuktikan jika Barcelona memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap perkembangan sepak bola Catalan, bahkan Spanyol. Di sisi lain, ada sejumlah pemain jebolan akademi Barcelona di skuad Spanyol yang bukan lahir di wilayah Catalan.

Baca Juga: Prediksi Final Euro 2024 Pemain Bhayangkara: Spanyol Juara

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya