5 Kapten Utama Tim EPL 2023 dengan Masa Bakti Terpanjang 

Coleman, Lascelles, dan Cairney mulai tergeser

Pemain yang telah lama mengabdi di sebuah klub kerap dipilih untuk menjadi kapten utama. Alasannya cukup sederhana, sebab mereka lebih mengenal dan mencintai tim, serta telah merepresentasikan klub di hadapan suporter dalam kurun waktu yang lama. Oleh karena itu, mereka sangat dipercaya untuk menjadi kapten.

Tak hanya itu, masa bakti yang lama juga dibekali dengan kemampuan kepemimpinan yang mumpuni. Seperti para kapten tim English Premier League (EPL) yang memiliki masa bakti yang cukup lama ini. Bahkan, ada yang telah membela klubnya selama belasan tahun.

Siapa saja kapten EPL 2023 dengan masa bakti terlama yang dimaksud?

1. Seamus Coleman setia kepada Everton

5 Kapten Utama Tim EPL 2023 dengan Masa Bakti Terpanjang Seamus Coleman (premierleague.com)

Seamus Coleman menjadi salah satu pemain dengan masa pengabdian terlama dalam sejarah Everton. Dengan masa bakti yang telah menyentuh 13 tahun 4 bulan, Coleman tentu paham dengan seluk beluk The Toffees. Tak heran jika ia dipilih untuk menjadi kapten Everton setelah Leighton Baines pensiun pada 2020.

Meski begitu, Coleman belum pernah memimpin Everton pada 2023/2024 ini meski masih berstatus kapten. Sebab, Coleman mengalami cedera hingga awal Oktober 2023 ini. Alhasil, ban kapten diberikan kepada James Tarkowski yang berstatus sebagai wakil kapten.

2. Joel Ward ditunjuk sebagai kapten baru Cyrstal Palace

5 Kapten Utama Tim EPL 2023 dengan Masa Bakti Terpanjang Joel Ward (premierleague.com)

Joel Ward adalah sosok lama di tim Crystal Palace. Bek berkebangsaan Inggris ini telah bergabung dengan Crystal Palace sejak musim panas 2012 dan tengah menjalani musim ke-12 bersama tim berjuluk The Eagles ini. Oleh karena itu, ia layak untuk dipilih sebagai kapten.

Faktanya, Ward baru ditunjuk sebagai kapten utama Crystal Palace pada awal musim 2023/2024. Sebelumnya, jabatan tersebut dipegang gelandang asal Serbia, Luka Milivojevic. Sayangnya, Milivojevic pindah ke Al-Shahab sehingga ban kapten akhirnya turun kepada Ward.

Baca Juga: 5 Pelatih Paling Senior di Premier League 2023/2024, Ada Juergen Klopp

3. Lewis Dunk besar dari tim akademi Brighton & Hove Albion

5 Kapten Utama Tim EPL 2023 dengan Masa Bakti Terpanjang Lewis Dunk (premierleague.com)

Banyak sosok yang sangat setia bersama klub English Premier League. Salah satunya ialah Lewis Dunk, yang bertahan bersama Brighton & Hove Albion sejak di tim akademi. Bek berkebangsaan Inggris ini memulai kariernya di tim akademi The Seagulls pada 2003 dan promosi pada 2010.

Seiring dengan pensiunnya Bruno Saltor pada 2019, Dunk pun dipilih sebagai kapten utama Brighton & Hove Albion. Hingga saat ini, Dunk selalu memimpin timnya dengan baik. Tak hanya sebagai pemimpin, ia pun menjalankan perannya sebagai bek andalan secara fantastis.

4. Jamaal Lascelles mulai tergantikan bek muda

5 Kapten Utama Tim EPL 2023 dengan Masa Bakti Terpanjang Jamaal Lascelles (premierleague.com)

Jamaal Lascelles telah bergabung dengan Newcastle United sejak musim panas 2014. Bek asal Inggris ini telah menjalani berbagai macam peran selama 9n musim bermain bersama The Magpies. Hal itu termasuk dengan peran kapten yang ia emban sejak 2016.

Hingga saat ini, Lascelles masih berstatus sebagai kapten. Sayangnya, ia jarang dimainkan karena tergeser dua bek tangguh, Sven Botman dan Fabian Schar. Oleh karena itu, jabatan kapten kerap diberikan kepada Kieran Trippier.

5. Tom Cairney memasuki musim ke-8 bersama Fulham

5 Kapten Utama Tim EPL 2023 dengan Masa Bakti Terpanjang Tom Cairney (premierleague.com)

Serupa dengan Seamus Coleman dan Jamaal Lascelles, Tom Cairney pun berstatus sebagai kapten utama, tetapi jarang dimainkan Fulham. Cairney hanya dimainkan sebagai pemain pengganti dari Andreas Pereira atau Harrison Reed dengan menit bermain yang minim. Oleh karena itu, jabatan tersebut sering diberikan kepada rekan setimnya, Tim Ream.

Cairney sendiri telah bergabung dengan Fulham pada 2015. Namun, ia telah dipercaya sebagai kapten setelah 2 tahun berseragam The Cottagers. Musim 2023/2024 ini merupakan musim kedelapan baginya.

Mengenali seluk beluk tim menjadi salah satu hal yang penting bagi seorang kapten. Pasalnya, mereka kerap menjadi wajah utama yang dipajang sebagai representasi klub di hadapan suporter. Oleh karena itu, pemain senior dengan masa bakti yang panjang pun dipilih sebagai kapten dari tim-tim EPL ini.

Baca Juga: 5 Keputusan Kontroversial Wasit Premier League pada 2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya