5 Kapten Tim EPL 2023/2024 dengan Masa Bakti Terbaru

Masa bakti singkat bukan jadi masalah

Pada umumnya, sebuah tim sepak bola lebih suka memilih seorang pemain senior dengan masa bakti panjang untuk dijadikan kapten utama. Namun, tak jarang mereka juga memilih pemain yang memiliki masa bakti yang terhitung baru sebentar.

Jiwa kepemimpinan sering menjadi alasan mengapa seorang pelatih memilih pemain yang terhitung baru sebagai kapten utama tim. Hal itulah yang terjadi kepada beberapa pemain di English Premier League 2023/2024.

Meski terhitung baru, pemain-pemain ini justru sudah dipercaya untuk menjadi kapten utama tim. Padahal, ada beberapa pemain yang lebih senior ketimbang mereka di klubnya masing-masing.

Lalu, siapa sajakah kapten tim EPL 2023/2024 dengan masa bakti terbaru?

1. Neto jadi kapten dengan masa bakti terbaru

5 Kapten Tim EPL 2023/2024 dengan Masa Bakti TerbaruNeto (premierleague.com)

Kiper AFC Bournemouth, Neto, menjadi kapten dengan masa bakti terbaru di Premier League 2023/2024. Pria asal Brasil ini baru bergabung dengan Bournemouth secara gratis dari Barcelona pada musim panas 2022. Jika dihitung hingga awal Oktober 2023, Neto baru mengabdi selama 1 tahun  2 bulan.

Meski baru bergabung, Neto telah ditunjuk sebagai kapten Bournemouth, bahkan sejak setengah musim pertamanya. Padahal, pemain-pemain macam Adam Smith, David Brooks, dan Lewis Cook jauh lebih senior ketimbang dirinya di Bournemouth. Usia yang matang dan jiwa kepemimpinannya yang terpancar membuat Neto dipilih sebagai pemimpin tim ini.

2. Martin Odegaard punya jiwa kepemimpinan tinggi

5 Kapten Tim EPL 2023/2024 dengan Masa Bakti TerbaruMartin Odegaard (premierleague.com)

Mikel Arteta tak segan memilih Martin Odegaard untuk menjadi kapten Arsenal setelah Pierre-Emerick Aubameyang hengkang pada Februari 2022. Padahal, Odegaard baru bergabung dengan Arsenal pada Januari 2021. Itu artinya, ia baru membela The Gunners selama 2 tahun 2 bulan.

Hal itu karena kepemimpinan yang dimiliki pemain berposisi gelandang serang ini. Kepemimpinan Odegaard telah terlatih sejak berada di Timnas Norwegia di beberapa kelompok usia. Itulah yang menjadi alasan ia cukup dewasa menjalani peran sebagai kapten tim.

Baca Juga: 5 Kapten Sepak Bola Termuda di Liga Top Eropa 2023/2024

3. Bruno Fernandes ditunjuk langsung Erik Ten Hag

5 Kapten Tim EPL 2023/2024 dengan Masa Bakti TerbaruBruno Fernandes (manutd.com)

Bruno Fernandes merupakan salah satu pemain yang cukup vokal di ruang ganti Manchester United. Berkat hal tersebut, Bruno pun dipilih Erik ten Hag sebagai kapten baru Manchester United untuk 2023/2024. Ia menggantikan Harry Maguire yang menjadi kapten Manchester United sebelumnya.

Selain cukup vokal, Bruno memang memiliki pengaruh besar secara permainan di dalam tim sejak bergabung pada Januari 2020. Oleh karena itu, Bruno makin dipercaya untuk menjadi kapten. Bruno sendiri baru membela The Red Devils selama 3 tahun 8 bulan.

4. Christian Norgaard gantikan Pontus Jansson

5 Kapten Tim EPL 2023/2024 dengan Masa Bakti TerbaruChristian Norgaard (premierleague.com)

Serupa dengan Bruno Fernandes, Christian Norgaard pun baru ditunjuk sebagai kapten di klubnya, FC Brentford. Pemain asal Denmark ini telah mengabdi selama 4 tahun 3 bulan. Ia bergabung dengan klub berlogo lebah ini pada awal musim panas 2019.

Pemilihan Norgaard sebagai kapten didasari kepada jiwa kepemimpinan dan ketenangannya saat bermain. Sebab, jika melihat dari masa bakti, maka Rico Henry seharusnya ditunjuk sebagai kapten tim menggantikan Pontus Jansson. Namun, Norgaard dinilai lebih pantas untuk itu.

5. Reece James jadi representasi pemain muda Chelsea

5 Kapten Tim EPL 2023/2024 dengan Masa Bakti TerbaruReece James (premierleague.com)

Reece James juga baru ditunjuk sebagai kapten Chelsea pada 2023/2024. Pemilihan James sebagai kapten utama The Blues sebetulnya menimbulkan pertanyaan. Sebab, banyak pemain yang lebih senior dan memiliki pengalaman lebih banyak ketimbang James di Chelsea. 

Meski begitu, James dipilih sebagai representasi dari tim baru Chelsea yang saat ini didominasi pemain muda. James sendiri merupakan pemain jebolan akademi Chelsea yang promosi pada 2019/2020. Itu artinya, musim 2023/2024 adalah musim keempatnya.

Meski terhitung baru, kelima nama di atas cukup aktif memimpin timnya. Mereka tak hanya dipercaya memimpin di lapangan, tetapi juga siap untuk memotivasi di ruang ganti, bahkan di luar lapangan. Mereka layak mendapat apresiasi karena peran pentingnya ini.

Baca Juga: 5 Kapten Utama Tim EPL 2023 dengan Masa Bakti Terpanjang 

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya