3 Jebolan Akademi yang Menjadi Kapten Utama Tim EPL 2023/2024

Representasi suporter di tengah besarnya klub

Pemain jebolan akademi klub menjadi opsi terkuat untuk dijadikan seorang kapten. Banyak pelatih dan manajemen klub percaya jika pemain jebolan akademi dinilai bisa memimpin dan merepresentasikan klub. Tak heran jika banyak klub yang menjadikan pemain akademi sebagai kapten klub saat ini.

Di LaLiga Spanyol, Koke, Nacho Fernandez, Iker Muniain, Jesus Navas, Jose Luis Gaya, dan Sergi Roberto menjadi beberapa jebolan akademi yang dipercaya menjadi kapten tim pada 2023/2024. Hal serupa dilakukan di English Premier League (EPL) di mana ada tiga pemain jebolan akademi yang dipercaya untuk menjadi kapten.

Siapa sajakah mereka dan klub apa yang mereka bela?

1. Lewis Dunk telah mengabdi sejak 2003

3 Jebolan Akademi yang Menjadi Kapten Utama Tim EPL 2023/2024Lewis Dunk (premierleague.com)

Lewis Dunk adalah sosok besar di Brighton. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini lahir di kota tersebut dan mengabdikan kariernya bersama Brighton & Hove Albion. Dunk sendiri memulai perjalanannya di sepak bola pada 2003 sebagai pemain akademi The Seagulls.

Setelah berjalan 7 tahun, ia pun promosi ke tim utama Brighton & Hove Albion. Selama ini, karier Dunk bersama tim kesayangannya ini tak mudah. Ia harus berjuang dari titik bawah untuk menjadi pemain utama, kapten, hingga akhirnya membawa Brighton & Hove Albion tampil mentereng.

Dunk sendiri baru ditunjuk sebagai kapten Brighton & Hove Albion pada awal musim 2019/2020. Hal ini seiring dengan pensiunnya Bruno Saltor. Sejauh ini, Dunk dinilai sebagai kapten yang hebat dan mampu diandalkan sebagai pemain utama.

Baca Juga: 9 Fakta Terkini Lewis Dunk, Bek Andalan Brighton & Hove Albion

2. Reece James merepresentasikan skuad muda Chelsea

3 Jebolan Akademi yang Menjadi Kapten Utama Tim EPL 2023/2024Reece James (mobile.twitter.com/ReeceJames)

Reece James baru dipilih sebagai kapten Chelsea pada 2023/2024. Pemain Timnas Inggris ini dipercaya untuk menggantikan posisi Cesar Azpilicueta yang hengkang ke Atletico Madrid. Ia dinilai sebagai representasi skuad muda Chelsea yang saat ini sedang berusaha dibangun Todd Boehly.

James sendiri merupakan pemain jebolan Chelsea yang promosi pada 2019. Sebelum itu, ia mengabdi dalam kurun waktu 13 tahun. Setelah dinilai matang dan sempat dipinjamkan kepada Wigan Athletic pada 2018/2019, James pun promosi ke tim utama.

Dengan usia yang masih muda dan pengalaman yang minim, pemilihan James sebagai kapten baru Chelsea sempat menimbulkan pro dan kontra. Sebab, banyak pihak yang menilai jika Thiago Silva yang seharusnya ditunjuk sebagai kapten baru Chelsea pada 2023/2024. Kendati demikian, keputusan tersebut telah bulat.

3. Dedikasi Joe Worrall untuk Nottingham Forest

3 Jebolan Akademi yang Menjadi Kapten Utama Tim EPL 2023/2024Joe Worrall (twitter.com/JoeWorrall5)

Tak seperti dua nama sebelumnya yang hanya menempati satu tim akademi, Joe Worral justru pernah menempati dua tim berbeda. Sebelum bergabung dengan tim akademi Nottingham Forest, Worrall pernah berada di tim akademi Hucknall Sport. Ia pun pindah pada 2011 untuk membela klub legendaris asal kota kelahirannya ini.

Promosi pada 2016, Worrall sempat mengalami masa sulit bersama Nottingham Forest. Ia kerap tak dimainkan serta pernah dipinjamkan kepada Dag & Red FC (2016) dan Glasgow Rangers (2018/2019). Namun, karena dedikasinya, Worrall tetap bertahan.

Saat membawa Nottingham Forest promosi untuk 2022/2023, Worrall memiliki peran penting dalam keberhasilan tersebut. Setelah keberhasilan itu, Worrall pun diangkat sebagai kapten baru Nottingham Forest di EPL. Ia dipercaya untuk menggantikan Lewis Grabban yang pindah ke Al Ahli. 

Para kapten sepak bola ini memberikan pengaruh yang cukup baik bagi timnya masing-masing. Selain menjadi pemimpin tim, ketiga pemain ini telah dianggap sebagai bagian besar dari sejarah klub. Mereka adalah representasi suporter yang ikut andil dalam kemajuan klub.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Pakai Nomor Punggung 24 Sebelum Reece James

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya