4 Gelandang Bertahan Prancis yang Pernah Bela AC Milan sebelum Fofana

Kualitas teruji di AC Milan

AC Milan berhasil mendatangkan Youssouf Fofana dari AS Monaco pada Sabtu (17/8/2024). Gelandang bertahan asal Prancis ini dipercaya bisa menjadi kekuatan baru di lini tengah AC Milan. Sebab, kualitasnya itu sudah cukup terbukti ketika membela AS Monaco dan Timnas Prancis.

AC Milan sendiri memang cukup sering mendatangkan gelandang bertahan asal Prancis. Dari 24 pemain Prancis yang pernah didatangkan klub ini, 4 di antaranya berposisi sebagai gelandang bertahan. Siapa sajakah keempat nama yang dimaksud dan seperti apa kiprah mereka ketika membela AC Milan?

1. Kiprah Patrick Vieira di AC Milan tak sepopuler di klub lain

4 Gelandang Bertahan Prancis yang Pernah Bela AC Milan sebelum FofanaPatrick Vieira (premierleague.com)

Bukan lagi rahasia kalau Patrick Vieira merupakan salah satu gelandang bertahan terbaik yang pernah dimiliki Timnas Prancis. Dengan kiprahnya sebagai pemain, ia layak disebut sebagai legenda. Hal itu diperkuat dengan permainan menterengnya ketika membela Arsenal, Juventus, dan Inter MIlan.

Namun, tak banyak yang mengetahui, Vieira pernah membela AC Milan. Momen tersebut terjadi pada 1995/1996. Sayangnya, pemain keturunan Senegal ini hanya bertahan selama setengah musim. Dengan pengalaman yang masih minim kala itu, ia hanya mampu mencatat lima penampilan bersama Rossoneri.

2. Mathieu Flamini cukup diandalkan di tengah persaingan yang ketat

4 Gelandang Bertahan Prancis yang Pernah Bela AC Milan sebelum FofanaMathieu Flamini (acmilan.com)

Mathieu Flamini didatangkan dari Arsenal secara gratis pada musim panas 2008. Sejak kedatangannya, ia langsung dipasang sebagai pemain rotasi yang terhitung cukup diandalkan. Ia mampu bersaing dengan sejumlah nama besar AC Milan, seperti Andrea Pirlo, Gennaro Gattuso, dan Emerson da Rosa.

Flamini sendiri bertahan selama 5 musim (2008--2013) di AC Milan. Dalam kurun waktu tersebut, ia mencatat 122 penampilan dengan torehan 8 gol dan 6 assist. Selepas bermain untuk Rossoneri, ia pulang ke Arsenal.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Didatangkan AC Milan dari AS Monaco

3. Tiemoue Bakayoko bermain selama 3 musim di AC Milan sebagai pemain pinjaman

4 Gelandang Bertahan Prancis yang Pernah Bela AC Milan sebelum FofanaTiemoue Bakayoko (acmilan.com)

Tiemoue Bakayoko yang kalah saing di Chelsea dipinjamkan kepada beberapa klub besar. Salah satunya ialah AC Milan, yang menampungnya selama 3 musim dalam 2 masa berbeda. Masa pertamanya membela AC Milan terjadi pada 2018/2019 dengan performa yang menakjubkan. Masa keduanya terjadi selama 2 musim, tepatnya pada 2021--2023.

Pada masa keduanya ini, Bakayoko gagal tampil maksimal. Jika dijumlahkan dalam 3 musim tersebut, ia mencatat 63 penampilan dengan sumbangan 1 gol dan 1 assist selama membela Rossoneri. Ia tidak bertahan lama di San Siro.

4. Yacine Adli masih berseragam AC Milan

4 Gelandang Bertahan Prancis yang Pernah Bela AC Milan sebelum FofanaYacine Adli (acmilan.com)

Yacine Adli didatangkan dari FC Bordeaux pada musim panas 2021. Namun, ia baru resmi bermain untuk AC Milan pada musim panas 2022. Sebab, ia dipinjamkan terlebih dahulu selama setahun kepada FC Bordeaux.

Adli sendiri merupakan pemain serbabisa. Pemain keturunan Aljazair ini sendiri lebih dominan kala bermain sebagai gelandang bertahan. Hal itu sering ia lakukan bersama AC Milan. Hingga 2024/2025, ia masih berseragam AC Milan dan akan menjadi rekan sekaligus lawan Youssouf Fofana dalam perebutan posisi utama gelandang bertahan.

Selain posisi gelandang bertahan, AC Milan juga pernah mendatangkan beberapa pemain Prancis yang beroperasi di lini tengah. Ibrahim Ba, Vikash Dhorasoo, Yoann Gourcuff, dan Soualiho Meite adalah beberapa pemain yang dimaksud. Meski banyak, tak semuanya mampu bersinar.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Direkrut AC Milan dari Klub Ligue 1

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya