4 Eks Pemain Premier League yang Bela Al-Ahli pada 2024/2025

Ivan Toney terbaru

Klub-klub dari Saudi Pro League sedang mencoba meningkatkan kualitas liga mereka dengan mendatangkan sejumlah pemain berkualitas. Sebagai tim elite yang disokong dengan keuangan yang melimpah, Al-Ahli juga tak luput dari hal tersebut. Itu terbukti dari banyaknya pemain bintang yang datang ke klub ini.

Secara perincian, Al-Ahli ternyata memiliki empat eks pemain English Premier League (EPL) di skuad 2024/2025. Jumlah tersebut sudah termasuk Ivan Toney yang baru pindah pada bursa transfer musim panas 2024. Yuk, ketahui kiprah keempat pemain tersebut di Premier League dan Al-Ahli lewat ulasan berikut ini!

1. Edouard Mendy pernah menjadi andalan Chelsea

4 Eks Pemain Premier League yang Bela Al-Ahli pada 2024/2025Edouard Mendy (.instagram.com/edou_mendy)

Edouard Mendy merupakan kiper utama Al-Ahli dalam 2 musim terakhir. Performa kiper asal Senegal ini benar-benar ciamik dan sulit untuk tergantikan. Kualitas dan performanya itu tampaknya sudah ia dapatkan ketika masih bermain di Premier League bersama Chelsea.

Mendy pernah berseragam Chelsea pada 2020--2023. Pada 2 musim pertamanya, ia tampil gemilang dengan peran sebagai kiper utama dan trofi Liga Champions Eropa 2021 yang berhasil diraih. Namun, posisinya mulai tergantikan Robert Sanchez yang datang pada musim panas 2022. Secara keseluruhan, Mendy sendiri mencatat 105 laga dengan torehan 49 nirbobol.

2. Riyad Mahrez pernah jadi andalan Leicester City dan Manchester City

4 Eks Pemain Premier League yang Bela Al-Ahli pada 2024/2025Riyad Mahrez (instagram.com/riyadmahrez26.7)

Sebelum berkarier bersama Al-Ahli pada musim panas 2023, Riyad Mahrez menghabiskan 8,5 musim di Premier League. Ia pertama kali bergabung dengan Leicester City pada musim dingin 2014. Bersama klub berjuluk The Foxes tersebut, ia berhasil berkembang pesat dan dikenal publik.

Hal itulah yang membawanya ke Manchester City pada musim panas 2018. Saat berseragam The Cityzens, winger asal Aljazair ini lebih berperan sebagai pemain rotasi. Meski begitu, kemampuannya dalam mengganggu pertahanan lawan tetap tak hilang. Ia bertahan di klub tersebut hingga akhirnya diboyong Al-Ahli pada musim panas 2023.

Baca Juga: 6 Transfer dari EPL ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024

3. Roberto Firmino pernah jadi ikon Liverpool

4 Eks Pemain Premier League yang Bela Al-Ahli pada 2024/2025Roberto Firmino (instagram.com/roberto_firmino)

Serupa dengan dua nama sebelumnya, Roberto Firmino juga bergabung dengan Al-Ahli pada musim panas 2023. Sebelum hal tersebut terjadi, penyerang asal Brasil ini pernah memiliki karier yang indah bersama klub Premier League. Klub yang dimaksud ialah Liverpool, yang ia bela paa 2015--2023.

Selama berseragam Liverpool, Firmino dikenal karena mampu tampil apik dan berkombinasi dengan baik dengan Mohamed Salah dan Sadio Mane. Kombinasinya itu mengantarkan The Reds meraih sejumlah gelar juara. Jika dihitung secara keseluruhan, ia sukses mencatat 111 gol dan 75 assist dari 362 laga selama 8 musim.

4. Ivan Toney menjadi pemain terbaru

4 Eks Pemain Premier League yang Bela Al-Ahli pada 2024/2025Ivan Toney (premierleague.com)

Pemain terbaru yang didatangkan Al-Ahli ialah Ivan Toney. Penyerang asal Inggris ini diboyong dari Brentford dengan banderol 40 juta euro (Rp683 miliar). Angka tersebut sebetulnya cukup besar bagi seorang pemain yang belum ada di level bintang. Namun, hal tersebut masih bisa dipertimbangkan jika melihat kiprahnya bersama Brentford.

Selama 4 musim membela Brentford, Toney sukses tampil impresif. Ia menjadi salah satu penyerang hebat di Premier League, bahkan layak disebut sebagai salah satu penyerang terbaik dalam sejarah Brentford. Torehan 72 gol dan 23 assist dari 141 laga menjadi buktinya.

Pada musim panas 2024, Al-Ahli mendapatkan Ivan Toney sebagai eks pemain Premier League. Namun, di sisi lain, mereka juga melepas dua mantan pemain Premier League pada momen yang sama. Mereka adalah Allan Saint-Maximin (eks Newcastle United) dan Ezgjan Alioski (eks Leeds United).

Baca Juga: 8 Eks Brentford yang Meniti Karier di Asia, Ivan Toney Terbaru

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya