7 Bek Brasil di Premier League 2023/2024, Didominasi Bek Tengah!

Pemain Brasil tak hanya jago gocek

Brasil dikenal sebagai negara yang sangat unggul di sepak bola. Negeri Samba ini melahirkan banyak pemain berbakat yang sangat menonjol dalam hal gocekan bola maupun dominan dalam melakukan penyerangan. Kendati demikian, pemain bertahan asal Brasil pun tak kalah diminati di pasar sepak bola.

Banyak klub dari berbagai liga di penjuru dunia menggunakan jasa pemain bertahan Brasil. Hal ini pun berlaku di English Premier League (EPL) yang dikenal sebagai liga paling kompetitif dunia. Pada 2023/2024 ini, terdapat tujuh bek asal Brasil yang membela tim EPL. Siapa sajakah mereka dan bagaimana kiprahnya?

1. Felipe belum mendapatkan kesempatan tampil hingga pekan kesembilan

7 Bek Brasil di Premier League 2023/2024, Didominasi Bek Tengah!Felipe (twitter.com/NFFC)

Felipe adalah sosok bek senior asal Brasil yang kini membela Nottingham Forest. Ia memang pernah bersinar bersama FC Porto dan Atletico Madrid. Akan tetapi, ia tampak kehilangan peran ketika telah berseragam Nottingham Forest. Felipe belum mendapatkan kesempatan untuk tampil hingga pekan ke-9 EPL 2023/2024. Bahkan, ia pun jarang masuk ke dalam daftar pemain cadangan.

2. Murillo jalani musim pertama di Eropa

7 Bek Brasil di Premier League 2023/2024, Didominasi Bek Tengah!Murillo (twitter.com/NFFC)

Nottingham Forest pun memiliki bek tengah asal Brasil lain di skuadnya selain Felipe. Sosok tersebut adalah Murillo, pria berusia 21 tahun yang baru dibeli dari Corinthians pada musim panas 2023. Dibanding Felipe, Murillo justru lebih gemilang. Ia telah mencatat dua penampilan dan tak pernah digantikan di pertandingan tersebut. Meski begitu, ia perlu bekerja keras untuk menjalani musim pertamanya di Eropa.

3. Emerson Royal telah tergusur Pedro Porro

7 Bek Brasil di Premier League 2023/2024, Didominasi Bek Tengah!Emerson Royal (premierleague.com)

Kehadiran Pedro Porro membuat Emerson Royal tergeser dari posisinya sebagai bek kanan Tottenham Hotspur. Emerson hanya menjadi pengisi bangku cadangan, meski sesekali bermain dengan menit bermain yang minim. Hingga pekan kesembilan, Emerson baru tampil sebanyak 5 kali dengan rincian 111 menit serta sumbangan 1 gol.

Baca Juga: 8 Pemain Klub Premier League yang Dihukum karena Judi Sepak Bola

4. Thiago Silva pimpin skuad muda Chelsea

7 Bek Brasil di Premier League 2023/2024, Didominasi Bek Tengah!Thiago Silva (chelseafc.com)

Bukan menjadi rahasia jika Thiago Silva adalah bek senior yang amat disegani. Meski bukan berstatus sebagai kapten utama di Chelsea, ia tetap dianggap sebagai pemimpin di skuad Chelsea yang diisi mayoritas pemain muda. Thiago memang tak lagi muda dan berusia 39 tahun. Namun, ia sulit untuk tergantikan dengan catatan 8 laga dengan rincian 720 menit.

5. Gabriel Magalhaes jadi pilar utama pertahanan Arsenal

7 Bek Brasil di Premier League 2023/2024, Didominasi Bek Tengah!Gabriel Magalhaes (arsenal.com)

Gabriel Magalhaes adalah sosok pilar utama di pertahanan Arsenal dalam 2 musim terakhir. Pada musim ini, ia pun berlaku serupa dengan berduet apik bersama William Saliba. Magalhaes sulit untuk tergantikan karena ketangguhan dan kekompakannya di lini pertahanan.

6. Diego Carlos masih berjuang setelah cedera

7 Bek Brasil di Premier League 2023/2024, Didominasi Bek Tengah!Diego Carlos (avfc.co.uk)

Menderita cedera pada 2022/2023 membuat Diego Carlos kehilangan tempat utama di skuad Aston Villa. Oleh karena itu, ia perlu berjuang untuk mengembalikan performa dan menembus tim inti. Akan tetapi, hal tersebut tampaknya sulit. Sebab, ia memiliki pesaing hebat di posisi bek tengah Aston Villa dalam diri Tyrone Mings, Pau Torres, dan Clement Lenglet.

7. Igor Julio belum mendapatkan tempat

7 Bek Brasil di Premier League 2023/2024, Didominasi Bek Tengah!Igor Julio (brightonandhovealbion.com)

Kepindahan Igor Julio ke Brighton & Hove Albion pada musim panas 2023 sempat menjadi berita hangat. Pasalnya, kedatangan Igor adalah sebuah rezeki besar untuk The Seagulls yang sedang mencari bek kuat. Akan tetapi, hal tersebut belum terbukti hingga pekan ke-9 EPL 2023/2024. Pasalnya, Igor baru bermain selama 63 menit dalam 1 laga.

Meski tak semua menjadi pilihan utama di timnya masing-masing, ini adalah bukti dari kehebatan talenta Negeri Samba. Bek yang dianggap versatile, kuat, kreatif, dan memiliki nilai plus dalam hal build-up serangan menjadi keunggulan mereka. Tak heran jika banyak bek Brasil yang berkiprah di kompetisi lain.

Baca Juga: 3 Derbi pada Pekan Ke-9 Premier League 2023/2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya