Profil Jack Porter, Kiper Arsenal yang Memecahkan Rekor Klub  

Kiper masa depan Arsenal dan Inggris

Arsenal melangkah ke babak 16 besar Carabao Cup 2024/2025 usai menang telak 5-1 atas Bolton Wanderers pada Rabu (25/9/2024). Bintang dalam laga tersebut adalah Ethan Nwaneri. Dia sukses mencetak dua gol dan mendapatkan predikat Player of the Match. 

Selain Nwaneri, tim asuhan Mikel Arteta juga memberi kesempatan kepada sejumlah pemain muda. Salah satunya adalah Jack Porter, kiper berusia 16 tahun. Porter bahkan dipercaya menjadi kiper utama Arsenal pada laga tersebut.

Siapa sebenarnya Jack Porter? Kenapa dia bisa dipercaya menjadi kiper utama pada laga tersebut? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Perjalanan Jack Porter dari Hale End hingga ke tim utama Arsenal

Profil Jack Porter, Kiper Arsenal yang Memecahkan Rekor Klub  Jack Porter (instagram.com/_jackkporter)

Jack Porter bergabung dengan akademi Arsenal, Hale End, pada 2020. Saat itu, usianya baru menginjak 12 tahun. Meski masih muda, bakatnya sudah terlihat. Dia mempunyai refleks dan ketenangan yang bagus. Hal itu membuatnya cepat naik level di tim akademi.

Pada 2023/2024, Porter, yang saat itu baru berusia 15 tahun, bermain untuk Arsenal U-18. Dia mencatatkan empat penampilan. Sayangnya, gawangnya harus kebobolan 7 gol dan hanya mencatatkan 1 clean sheet.

Kiper kelahiran Inggris itu terus menunjukkan perkembangannya. Dia naik level lagi. Kali ini, dia bermain untuk Arsenal U-21. Namun, baru satu kali tampil, dia dipanggil tim utama Arsenal untuk laga melawan Bolton Wanderers di Carabao Cup 2024/2025. 

Alasan utama pemanggilan Porter ke tim utama adalah krisis kiper. David Raya dan Tommy Setford absen karena cedera. Sementara, Neto juga tak bisa tampil. Namun, kiper yang dipinjam dari Bournemouth itu bukan absen karena cedera, tetapi dia tak bisa tampil karena pernah bermain bersama Bournemouth pada turnamen tersebut.

2. Debut di EFL Cup sebagai starter, Jack Porter memecahkan rekor Cesc Fabregas

Profil Jack Porter, Kiper Arsenal yang Memecahkan Rekor Klub  Jack Porter saat menjalani sesi latihan menjelang laga Arsenal melawan Bolton Wanderers, Kamis (26/9/2024). (x.com/Arsenal)

Arsenal sebenarnya memanggil dua kiper lainnya dari tim akademi. Bahkan, umur keduanya lebih tua dari Jack Porter. Namun, sang juru taktik, Mikel Arteta, justru memberikan kepercayaan penuh kepada Porter untuk menjadi starter. 

Alhasil, penampilan Porter memecahkan rekor klub sebagai pemain termuda yang tampil di Carabao Cup sekaligus pemain termuda Arsenal yang tampil sebagai starter. Dia membuat debutnya pada usia 16 tahun dan 72 hari. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang Cesc Fabregas yang melakukan debut pada 16 tahun dan 177 hari. 

“Malam yang luar biasa! Sangat bangga melakukan debut saya untuk klub yang luar biasa ini. Terima kasih kepada semua orang yang telah mendukung saya untuk sampai ke momen ini,” seperti dikutip dari akun Instagram pribadinya.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Memperkuat Arsenal pada 2024/2025

3. Jack Porter pernah bermain bersama Inggris U-16 dan U-17

Profil Jack Porter, Kiper Arsenal yang Memecahkan Rekor Klub  Jack Porter di Timnas Inggris U-16 (instagram.com/_jackkporter)

Jack Porter memulai kiprahnya di Tim Nasional Inggris pada 2023. Dia saat itu dipanggil untuk memperkuat Inggris U-16. Pemanggilan ini merupakan pengakuan atas bakatnya sebagai kiper muda yang menonjol di akademi Arsenal.

Porter tampil dalam empat laga bersama Inggris U-16. Itu termasuk dalam beberapa laga persahabatan dan turnamen internasional. Inggris U-16 keluar sebagai juara dan Porter mencatatkan satu clean sheet pada turnamen tersebut.

Penampilannya yang solid pada level U-16 membuatnya dipromosikan ke Inggris U-17. Saat itu, The Three Lions U-17 menghadapi Jerman U-17 pada laga persahabatan, Selasa (10/9/2024). Pada laga tersebut, dia tidak hanya berpartisipasi, tetapi langsung menjadi pilihan utama. Alhasil, debutnya pun berbuah manis dengan kemenangan 3-1 untuk Inggris.

4. Alasan Mikel Arteta memilih Jack Porter pada laga melawan Bolton Wanderers

Profil Jack Porter, Kiper Arsenal yang Memecahkan Rekor Klub  Jack Porter (kiri) tampak sedang berjabat tangan dengan Neto. (instagram.com/_jackkporter)

Mikel Arteta punya alasan kuat memilih Jack Porter pada laga melawan Bolton Wanderers. Salah satu faktornya adalah chemistry. Kiper berusia 16 tahun itu sudah terbiasa berlatih dengan pemain utama Arsenal sejak tur pramusim sehingga membuatnya lebih nyaman dan akrab dengan mereka di lapangan.

“Jack telah berlatih bersama kami sejak pramusim dan kami yakin ia dapat menjalankan peran tersebut. Jelas, ia bermain di tim nasional. Kami telah melihat apa yang dapat ia lakukan dan kami yakin itu adalah pilihan yang tepat,” ujar Mikel Arteta, seperti dikutip dari Express.

Jack Porter membuktikan Arsenal di bawah Mikel Arteta tidak ragu memberi kesempatan kepada pemain muda. Kiper berusia 16 tahun ini pun sukses tampil baik. Pertanyaanya, apakah Porter akan kembali dipercaya tampil pada laga berikutnya? Menarik untuk ditunggu!

Baca Juga: 3 Pemain Arsenal Berusia 17 Tahun yang Cetak Gol di Piala Liga Inggris

Mubayin Hukmi Photo Verified Writer Mubayin Hukmi

Sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya