5 Pemain Asean yang Berkiprah di K League Musim 2023/2024 

Asnawi meyakinkan talenta ASEAN bisa bersaing di K League

Banyak talenta dari kawasan Asia Tenggara yang mempunyai bakat bermain sepak bola. Terlihat beberapa dari mereka memberikan kualitas permainan menonjol ketika bermain untuk klub lokal maupun ketika membela timnas masing-masing.

Oleh karena itu, pemain-pemain tersebut berkesempatan untuk mencicipi level permainan berbeda dengan merantau di kompetisi Asia maupun Eropa. Salah satunya adalah para pemain Asean yang punya kesempatan berkiprah di K League musim 2023/2024 ini. Siapa saja pemain tersebut?

1. Asnawi Mangkualam (Indonesia) - Jeonnam Dragons 

5 Pemain Asean yang Berkiprah di K League Musim 2023/2024 Asnawi Mangkualam Bahar (instagram.com/asnawi_bhr)

Asnawi yang mengawali karier sepak bola di klub PSM Makassar. Setelah itu, ia melanjutkan petualangannya bersama Ansan Greeners yang berkompetisi di K League 2 pada 2021. Ia mencatatkan 42 pertandingan, 2 gol dan 3 assist bersama Ansan Greeners di semua kompetisi.

Mengawali musim 2023/2024, Asnawi merapat ke klub yang bermarkas di Gwangyang Football Stadium, Jeonnam Dragons. Tahun keduanya di Korea Selatan, Asnawi berharap bisa memberikan permainan terbaiknya di klub barunya tersebut.

2. Nguyen Van Toan (Vietnam) - Seoul E-Land  

5 Pemain Asean yang Berkiprah di K League Musim 2023/2024 Nguyen Van Toan (kleagueunited.com)

Nguyen Van Toan menjadi pemain kedua Asean yang berkiprah di K League 2. Pemain berusia 26 tahun itu bergabung dengan Seoul E-Land dari HAGL FC.

Nguyen Van Toan bersama HAGL FC telah mencatatkan 99 penampilan dengan catatan 30 gol dan 32 assist sejak bergabung pada 2015. Di musim baru ini, ia akan bekerja sama dengan Park Choong Kyun, pelatih kepala Seoul E-Land yang ternyata pernah menukangi klub Vietnam, Ha Noi FC.

Baca Juga: Mengenal Jeonnam Dragons, Klub Baru Asnawi Mangkualam

 3. Nguyen Canh Anh (Vietnam) -  Cheonan City

5 Pemain Asean yang Berkiprah di K League Musim 2023/2024 Nguyen Canh Anh dan Vu Minh Hieu (football-asian.com)

Nguyen Canh Anh merupakan pemain Vietnam lain yang merumput di K League 2. Ia bermain untuk klub Cheonan City. Ia merapat ke Cheonan City dari HAGL FC dengan status pinjaman sampai akhir musim 2023/2024. 

Pemain berusia 23 tahun itu sempat menjadi pemain pinjaman ke beberapa kontestan V League dari HAGL FC. Sampai pada akhirnya, Ia bersama Hai Phong FC berhasil menjadi runner-up V League pada musim 2022/2023.

4. Vu Minh Hieu (Vietnam) - Cheonan City  

5 Pemain Asean yang Berkiprah di K League Musim 2023/2024 Vu Minh Hieu (goal.com/vn)

Vu Minh Hieu adalah rekan satu tim Nguyen Canh Anh di HAGL FC yang berangkat ke klub Cheonan City juga sebagai pemain pinjaman. Pemain berusia 20 tahun itu mencoba merasakan atmosfer kompetisi K League 2 di bawah asuhan Park Nam Yul, pelatih kepala Cheonan City.

Vu Minh Hieu juga merupakan anggota Timnas Vietnam U-23 saat melakoni laga persahabatan melawan UEA U-23. Kini, ia berjumpa dengan seniornya di Vietnam, yaitu Nguyen Van Toan, di K League 2.

5. Kogileswaran Raj (Malaysia) - Chungbuk Cheongju FC 

5 Pemain Asean yang Berkiprah di K League Musim 2023/2024 Kogileswaran Raj (instagram.com/kogiraj1021)

Kogileswaran Raj adalah pemain Malaysia pertama yang merumput di kompetisi sepak bola Negeri Ginseng tersebut. Pemain berusia 24 tahun itu menandatangani kontrak dengan Chungbuk Cheongju FC sampai akhir Desember 2023. 

Gelandang Timnas Malaysia itu sebelumnya bermain untuk klub lokal Malaysia, Petaling Jaya City FC. Di sana, ia mencatatkan 47 penampilan dengan koleksi 8 gol dan 5 assist. Secara klub, ia membantu mengantarkan Petaling Jaya City FC menduduki posisi 9 klasemen Liga Super Malaysia.

Semoga kehadiran mereka di sepak bola Korea Selatan bisa menjadi motivasi bagi pemain-pemain muda Asean lainnya keluar dari zona nyaman bermain di kompetisi regional negara masing-masing, ya! Dari sederet pemain Asean di atas, siapa yang aksinya paling kamu tunggu?

Baca Juga: 6 Pemain Asean yang Berkiprah di Liga Jepang Musim 2023/2024 

Mubayin Hukmi Photo Writer Mubayin Hukmi

Mencoba mempelajari UI/UX Design

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya