5 Eks Ajax yang Mengikuti Jejak Erik ten Hag ke Man United

Dari Antony hingga Mazraoui

Intinya Sih...

  • Manchester United finis ke-8 EPL 2023/2024, terburuk sejak era Premier League
  • Erik ten Hag diberi kesempatan 1 tahun lagi setelah merekrut banyak pemain, termasuk dari Ajax Amsterdam
  • Lima pemain Ajax Amsterdam direkrut Ten Hag, termasuk Lisandro Martinez dan Antony

 

Manchester United di bawah Erik ten Hag mengalami performa yang kurang memuaskan. The Red Devils harus puas finis di peringkat ke-8 English Premier League (EPL) 2023/2024. Ini merupakan sejarah terburuk klub sejak dimulainya era Premier League.

Meski begitu, Manchester United tetap memberikan kepercayaan kepada Ten Hag. Mereka masih memberi kesempatan 1 tahun lagi untuk membuktikan kualitasnya. Kesempatan ini cukup krusial, terutama karena The Red Devils hanya berkompetisi di level domestik. 

Terlebih, selama masa kepemimpinannya, Erik ten Hag sudah merekrut banyak pemain. Namun, hasilnya belum sesuai ekspektasi. Mereka kerap tampil angin-anginan, meskipun diperkuat pemain pilihan Ten Hag. 

Per Agustus 2024, sudah ada sebanyak 20 pemain yang direkrut. Menariknya, lima di antaranya merupakan mantan pemain Ajax Amsterdam, klub yang pernah dilatih Ten Hag selama 5 tahun pada 2017–2022. Siapa saja mereka?

1. Manchester United membeli Lisandro Martinez karena gaya bermainnya yang militan

5 Eks Ajax yang Mengikuti Jejak Erik ten Hag ke Man UnitedLisandro Martínez (english.ajax.nl)

Setelah diangkat sebagai manajer Manchester United pada Juli 2022, Erik ten Hag segera mengambil langkah cepat. Salah satu langkahnya adalah merekrut pemain baru. Dari rekrutan tersebut, lima pemain berhasil diboyongnya, termasuk dua bintang dari Ajax Amsterdam. Satu di antaranya adalah Lisandro Martinez. 

Manchester United merekrut Martinez karena rekam jejaknya yang konsisten dan gaya permainannya yang militan. Selain itu, bek tengah dengan tinggi 175 cm itu juga mempunyai keistimewaan lain. Dia adalah bek yang dominan menggunakan kaki kiri, sesuatu yang cukup langka di posisi tersebut.

“Ia seorang pejuang dan saya pikir para penggemar akan mengaguminya. Ia memiliki sikap dan semangat juang,” ujar manajer Manchester United, Erik ten Hag, seperti dikutip BBC. “Dia juga terampil, dia bisa mengolah bola dan dia kidal.”

2. Antony dibeli Manchester United dari Ajax Amsterdam dengan harga 95 juta euro

5 Eks Ajax yang Mengikuti Jejak Erik ten Hag ke Man UnitedAntony (ajax.nl)

Manchester United juga merekrut pemain Ajax Amsterdam lainnya, Antony, pada musim panas 2022. Pemain yang bernama lengkap Antony Matheus dos Santos itu dibeli oleh The Red Devils dengan harga yang sangat tinggi, sekitar 95 juta euro (Rp1,6 triliun). Ini adalah harga yang cukup besar untuk pemain yang belum pernah merasakan atmosfer EPL sebelumnya.

Antony sebenarnya sempat tampil menjanjikan dengan mencetak 8 gol dan memberikan 3 umpan pada 2022/2023. Namun, pada 2023/2024, performanya tampak menurun drastis. Ini dibuktikan dengan hanya mencetak 3 gol dan 2 umpan dari 38 laga di semua ajang.

Puncaknya, Antony bahkan tidak diturunkan sama sekali dalam laga Community Shield dan pekan pertama EPL 2024/2025. Ini merupakan tamparan keras bagi pemain asal Brasil tersebut. Terlebih, dia merupakan salah satu pemain berharga di Manchester United.

Baca Juga: 5 Bek Maroko yang Pernah Bermain di Premier League, Mazraoui Terbaru

3. Andre Onana diplot menggantikan David De Gea yang hengkang

5 Eks Ajax yang Mengikuti Jejak Erik ten Hag ke Man UnitedAndre Onana (ajax.nl)

Eks Ajax Amsterdam yang mengikuti jejak Erik ten Hag ke Manchester United selanjutnya adalah Andre Onana. Kiper asal Kamerun itu dibeli Manchester United dari Inter Milan pada musim panas 2023. Harganya sekitar 51 juta euro (sekitar Rp889 miliar). Kedatangannya untuk mengisi posisi yang ditinggalkan oleh David De Gea.

Onana sendiri bermain untuk Ajax Amsterdam pada 2016–2022. Selama periode tersebut, dia dilatih lima manajer berbeda, termasuk Erik ten Hag, manajer yang membimbingnya selama 5 tahun. Berkat bimbingan dari Ten Hag, dia berhasil mencatatkan 85 clean sheet dari 214 laga di semua ajang.

4. Matthijs de Ligt akan bertahan di Old Trafford hingga 2029

5 Eks Ajax yang Mengikuti Jejak Erik ten Hag ke Man UnitedMatthijs de Ligt (kanan) saat membela Ajax Amsterdam. (x.com/AFCAjax)

Erik ten Hag tampaknya berhasil mendapatkan puzzle yang hilang di lini pertahanan Manchester United pada musim panas 2024. Tak tanggung-tanggung, mereka sukses mendapatkan dua pemain sekaligus. Bahkan, Keduanya berasal dari Bayern Muenchen. 

Pemain pertama adalah Matthijs de Ligt, bek tengah asal Belanda. The Red Devils mendatangkannya dari The Bavarians dengan harga sekitar 45 juta euro, ditambah bonus 5 juta euro, dan kontrak berdurasi 5 tahun. Kedatangan pemain yang pernah dinobatkan sebagai kapten termuda Ajax Amsterdam sepanjang sejarah itu diharapkan dapat menjadi pilar utama pertahanan Manchester United dalam beberapa musim mendatang.

5. Kontrak Noussair Mazraoui, bek kanan asal Maroko, di Manchester United berdurasi 4 tahun

5 Eks Ajax yang Mengikuti Jejak Erik ten Hag ke Man UnitedNoussair Mazraoui (x.com/AFCAjax)

Pemain kedua yang didatangkan Manchester United dari Bayern Muenchen adalah Noussair Mazraoui. Sebelum membela The Bavarians, Mazraoui merupakan pemain jebolan akademi Ajax Amsterdam pada 2005–2018. Setelah itu, pemain Timnas Maroko itu dipromosikan ke tim utama dan bermain di sana hingga 2022.

Selama 4 tahun bermain di tim utama, Mazraoui tampil dalam 137 laga di semua ajang. Namun, angka tersebut cukup mengkhawatirkan. Sebab, ia kebanyakan sering melewatkan laga akibat masalah cedera.

Erik ten Hag, manajer Manchester United, sepertinya sedang membangun kembali timnya dengan mantan anak asuhnya dari Ajax Amsterdam. Hingga kini, sudah ada lima pemain yang mengikuti jejaknya ke Old Trafford. Apakah jumlah ini akan terus bertambah?

Baca Juga: Matthijs De Ligt: Saya Tak Sabar Bekerja Lagi Bareng Erik Ten Hag

Mubayin Hukmi Photo Verified Writer Mubayin Hukmi

Sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya