4 Pemain Real Sociedad yang Bermain di Final Euro 2024

Menjadi pemain penting #EURO2024

Real Sociedad mengirimkan lima pemain untuk membela Timnas Spanyol di Euro 2024. Jumlah itu membuat Real Sociedad jadi yang paling banyak mengirim pemain ke skuad La Roja di Euro kali ini.

Sayangnya, tidak semua dari mereka mendapatkan menit bermain di Euro 2024. Ini karena Luis de la Fuente hanya memberikan kesempatan kepada empat pemain Los Txuri-Urdin. Bahkan, keempat pemain itu tampil di pertandingan final melawan Inggris dan membawa Spanyol keluar sebagai kampiun.

Penasaran siapa saja mereka? Yuk, baca artikel berikut ini!

1. Robin Le Normand sebagai pemain naturalisasi yang berhasil

4 Pemain Real Sociedad yang Bermain di Final Euro 2024Robin Le Normand bermain di Euro 2024. (instagram.com/lenormand_r)

Robin Le Normand bermain sangat mengesankan bersama Timnas Spanyol di Euro 2024. Ia dimainkan dalam enam pertandingan termasuk saat di final melawan Timnas Inggris. Pada pertandingan tersebut, Le Normand bermain selama 83 menit dan menempati posisi andalannya sebagai bek tengah.

Kendati tidak mencatatkan namanya di papan skor, Le Normand sukses mengantarkan Timnas Spanyol menjuarai Euro 2024. Ini menjadi trofi keduanya selama bermain untuk tim asal Semenanjung Iberia tersebut. Saat ini, ia memperkuat Real Sociedad dan kontraknya baru akan berakhir pada 2026.

2. Mikel Oyarzabal menjadi pahlawan kemenangan di partai final

4 Pemain Real Sociedad yang Bermain di Final Euro 2024Mikel Oyarzabal mencetak gol ke gawang Jordan Pickford. (instagram.com/mikel10oyar)

Gol telat dari Mikel Oyarzabal pada menit ke-86 membawa Timnas Spanyol menang atas The Three Lions di final Euro 2024. Kemenangan tersebut membuat La Roja kembali berhasil meraih trofi Euro untuk yang keempat. Di Euro kali ini, Oyarzabal memainkan seluruh pertandingan sejak fase grup.

Selain menyarangkan gol, pemain Real Sociedad tersebut juga menyumbangkan satu assist saat menghadapi Georgia pada babak 16 besar. Oyarzabal sudah memiliki 37 caps dan 12 gol sejak melakukan debut pada 2016. Trofi Euro 2024 merupakan koleksi pertamanya sejak bermain bersama tim utama.

Baca Juga: 3 Faktor Kunci yang Membuat Spanyol Menjuarai Euro 2024

3. Mikel Merino berhasil mengantarkan Timnas Spanyol ke semifinal

4 Pemain Real Sociedad yang Bermain di Final Euro 2024Mikel Merino (instagram.com/mikelmerino)

Mikel Merino berjasa besar atas kemenangan Timnas Spanyol di perempat final Euro 2024. Saat itu, ia mencetak gol menjelang akhir pertandingan dan membawa La Roja ke semifinal usai menyingkirkan Timnas Jerman. Gol ke gawang Manuel Neuer menjadi satu-satunya yang ia torehkan di Euro 2024.

Di Euro kali ini, Mikel Merino mencatatkan 7 penampilan dengan membukukan 177 menit bermain. Saat melawan Timnas Inggris pada final, ia baru diturunkan pada menit ke-89 untuk menggantikan Lamine Yamal. Pemain kelahiran Pamplona, Spanyol, tersebut masih berseragam Real Sociedad.

4. Martin Zubimendi tidak banyak mencatatkan penampilan di Euro 2024

4 Pemain Real Sociedad yang Bermain di Final Euro 2024Martin Zubimendi (instagram.com/martin_zubimendi)

Euro 2024 menjadi turnamen mayor pertama yang dilakoni Martin Zubimendi. Sebelumnya, ia hanya bermain di laga uji coba internasional dan Kualifikasi Kejuaraan Eropa UEFA. Di Euro kali ini, ia diberikan kesempatan untuk tampil bersama Timnas Spanyol dalam empat pertandingan.

Martin Zubimendi masih kalah bersaing dengan pemain lain, seperti Rodri, Fabian Ruiz, dan Pedri yang juga bermain di lini tengah. Saat pertandingan final, gelandang tengah asal Real Sociedad tersebut bermain pada babak kedua. Sementara, bersama Los Txuri-Urdin, Martin Zubimendi sendiri mencatatkan 188 penampilan.

Di balik kesuksesan Timnas Spanyol menjadi juara Euro 2024, ada empat pemain Real Sociedad yang memiliki andil besar sejak fase grup. Kehadiran mereka tidak sekadar sebagai pelengkap, tetapi juga menjadi pemain penting. Selanjutnya, La Roja akan fokus untuk berjuang di UEFA Nations League 2024 yang mulai pada 6 September 2024.

Baca Juga: 5 Remaja dengan Menit Bermain Terbanyak di Euro 2024

Moh Ikhsani Photo Verified Writer Moh Ikhsani

Menulis topik tentang sepak bola.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya