4 Pemain Juventus di Skuad Timnas Italia Euro 2024

Kirimkan nama empat pemain dari berbagai lini

Luciano Spalletti akhirnya memastikan 26 pemain yang masuk daftar skuad Timnas Italia untuk berlaga di Euro 2024. Para pemain yang dipanggil didominasi oleh mereka yang berkarier di Serie A Italia.

Tim-tim seperti Juventus, Inter Milan, dan AS Roma jadi penyumbang terbanyak. Menariknya, Juventus yang semula hanya mengirimkan tiga pemain, kini menjadi empat pemain.

Dengan jumlah itu, Juventus sejajar dengan AS Roma sebagai tim yang paling banyak mengirimkan pemain setelah Inter Milan. Berikut empat pemain Juventus di skuad Timnas Italia untuk Euro 2024.

1. Federico Gatti untuk pertama kali mendapat panggilan berlaga di Euro

4 Pemain Juventus di Skuad Timnas Italia Euro 2024Federico Gatti. (instagram.com/federico_gatti2406)

Akhirnya Federico Gatti punya kesempatan membela Timnas Italia di ajang turnamen mayor. Sebelumnya, dia hanya berseragam timnas di ajang UEFA Nations League, Kualifikasi Euro 2024, dan laga persahabatan dengan total tiga caps. Pertandingan debutnya terjadi saat Italia bertandang ke Molineux Stadium, Inggris, untuk menghadapi The Three Lions. Saat itu, dia bermain penuh selama 90 menit. 

Awalnya Federico Gatti mulai tak dilirik oleh Luciano Spalletti yang menukangi Timnas Italia menggantikan Roberto Mancini. Namanya juga tak tercantum dalam daftar 30 pemain skuad sementara persiapan Euro 2024. Namun, cedera yang dialami Francesco Acerbi dan Giorgio Scalvini seakan menjadi tuah tersendiri bagi Federico Gatti yang akhirnya dipanggil oleh Luciano Spalletti menggantikan kedua nama yang dipastikan bakal absen panjang itu. 

Baca Juga: 5 Pelatih Italia yang Melatih Negara Peserta Euro 2024

2. Andrea Cambiaso mencoba memberikan yang terbaik usai mendapat kesempatan

4 Pemain Juventus di Skuad Timnas Italia Euro 2024Andrea Cambiaso. (instagram.com/andrea_cambiaso)

Sama seperti Federico Gatti, Euro 2024 bakal menjadi kesempatan pertama bagi Andrea Cambiaso memperkuat Timnas Italia di ajang Euro. Saat ini, dia baru mencatatkan tiga caps, semuanya terjadi pada laga uji coba internasional. Kendati begitu, Cambiaso sudah menyarangkan satu assist bersama Timnas Italia.

Sebelum memperkuat timnas senior, Andrea Cambiaso juga rutin bermain untuk Timnas Italia U-21. Dia memainkan delapan pertandingan sebelum promosi ke timnas senior sejak November 2023. Di level klub, pada 2023/2024 Cambiaso melakoni 34 pertandingan Serie A dengan torehan 2 gol serta 3 assist bersama Juventus.

3. Nicolo Fagioli sudah memperkuat Gli Azzurri sejak dari kelompok usia muda

4 Pemain Juventus di Skuad Timnas Italia Euro 2024Nicolo Fagioli. (instagram.com/nicolofagioli)

Nama Nicolo Fagioli sudah tak asing didengar sebagai pemain Timnas Italia. Pasalnya, pemain berposisi gelandang tengah itu sudah bermain untuk Gli Azzurri sejak dari kelompok umur U-15. Namun, dia baru jadi andalan rutin saat bermain bersama Timnas Italia U-19 dengan mencatatkan 20 penampilan.

Bersama timnas senior, Nicolo Fagioli baru mengantongi dua caps, yaitu saat laga persahabatan menghadapi Albania dan Turki. Pertandingan melawan Albania menjadi debutnya saat masih berusia 21 tahun. Kendati hanya melakoni delapan pertandingan Serie A 2023/2024 dan lebih banyak menepi akibat hukuman larangan bermain imbas kasus judi, Luciano Spalletti tetap menaruh kepercayaan penuh dengan menyediakan satu slot gelandang Timnas Italia Euro 2024 untuk Fagioli. 

4. Federico Chiesa bisa menjadi andalan di barisan depan

4 Pemain Juventus di Skuad Timnas Italia Euro 2024Federico Chiesa berseragam Juventus. (instagram.com/fedexchiesa)

Pemanggilan untuk memperkuat Timnas Italia di Euro edisi kali ini menjadi yang kedua bagi Federico Chiesa. Sebelumnya, dia juga pernah bermain pada Euro 2020. Saat itu, dia memainkan tujuh pertandingan dan menjadi salah satu sosok kunci yang membantu Italia hingga meraih gelar juara setelah berhasil mengalahkan Inggris di babak final.

Federico Chiesa sudah mencatatkan 46 penampilan bersama Gli Azzurri sejak debut pada 2018. Pada musim ini, dia bermain dalam 34 pertandingan Serie A 2023/2024 dan berkontribusi bagi terciptanya 12 gol Juventus. Dengan capaiannya itu, tidak heran jika dia akan menjadi andalan di Euro 2024.

Sama seperti edisi 2020, Juventus kembali mengirimkan empat pemain mereka untuk memperkuat Gli Azzurri pada Euro 2024. Selain Federico Chiesa, ketiga nama lainnya bakal melakoni debut bersama Timnas Italia di turnamen mayor. 

Baca Juga: 5 Pemain Tersingkir dari Skuad Final Timnas Italia Euro 2024

Moh Ikhsani Photo Verified Writer Moh Ikhsani

Menulis topik tentang sepak bola.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya