3 Pemain Fenerbahce yang Tampil pada Perempat Final Euro 2024

Beri sumbangsih besar untuk Timnas Turki

Timnas Turki harus angkat koper dari Euro 2024 setelah takluk dari Belanda pada perempat final. Pertandingan yang berlangsung pada Minggu (7/7/2024) dini hari WIB itu berakhir dengan skor 1-2.

Pada pertandingan tersebut, Vincenzo Montella membawa empat penggawa Fenerbahce. Namun, hanya tiga dari mereka yang mendapatkan kesempatan tampil di Olimpiastadion Berlin, Jerman.

Lantas, siapa saja ketiga pemain tersebut? Berikut adalah tiga pemain Fenerbahce yang tampil bersama Timnas Turki pada perempat final Euro 2024.

1. Ferdi Kardioglu dipercaya untuk mengisi posisi bek kiri

3 Pemain Fenerbahce yang Tampil pada Perempat Final Euro 2024Ferdi Kardioglu (instagram.com/ferdikardioglu)

Ferdi Kardioglu mempunyai peran penting untuk Timnas Turki di Euro 2024. Hal ini bisa terlihat dari lima pertandingan yang telah ia lakoni. Pada Euro kali ini, Kardioglu mendapatkan kesempatan untuk bermain penuh pada tiap pertandingan Timnas Turki sejak fase grup hingga perempat final.

Meskipun belum mencetak gol maupun assist, bek kelahiran Arnhem, Belanda tersebut berkontribusi besar dalam menjaga lini belakang. Ferdi Kardioglu menjadi pemain Fenerbahce yang selalu tampil bersama Timnas Turki di Euro 2024. Kini, ia telah memiliki 20 caps dan mengoleksi 1 gol.

Selama bermain untuk Fenerbahce, ia sudah mencatatkan 199 penampilan dan menyarangkan 17 gol serta 22 assist. Pada 2023/2024 lalu, ia hanya melewatkan satu pertandingan Super Lig Turki. Usia muda tidak menghalanginya untuk bisa menjadi pilihan utama Ismail Kartal.

Baca Juga: 3 Kemenangan Slovakia di Euro, Rutin Membuat Kejutan

2. Mert Muldur solid ketika bertahan dan menyerang

3 Pemain Fenerbahce yang Tampil pada Perempat Final Euro 2024Mert Muldur mencetak gol di Euro 2024. (instagram.com/mert.m99)

Kembali mendapat panggilan untuk berlaga di Euro, Mert Muldur memberikan penampilan terbaiknya. Ia telah bermain dalam 4 pertandingan dan berhasil mencetak 1 gol di Euro 2024. Sebelumnya, jebolan akademi Rapid Vienna tersebut juga masuk skuad Timnas Turki untuk Euro 2020.

Saat pertandingan melawan Belanda di perempat final Euro 2024, Mert Muldur bermain selama 82 menit. Ia telah menjadi pilihan utama Vincenco Montella untuk bermain sebagai bek atau gelandang di Timnas Turki. Kini, ia sudah memiliki 28 caps dan menyarangkan 2 gol serta 3 assist.

Mert Muldur juga tampil mengesankan saat bermain untuk Fenerbahce. Ia didatangkan dari Sassuolo pada 2 Agustus 2023 dan sudah memainkan 26 pertandingan Super Lig Turki pada musim pertamanya. Selain itu, Muldur juga mencatatkan 1 gol dan 4 assist untuk Sari Kanaryalar.

3. Samet Akaydin menjadi pilihan utama sebagai bek tengah

3 Pemain Fenerbahce yang Tampil pada Perempat Final Euro 2024Samet Akaydin (instagram.com/sametakaydin4)

Euro 2024 menjadi penampilan perdana Samet Akaydin di turnamen mayor antarnegara Eropa. Ia memainkan 4 pertandingan dan telah mengemas 1 gol saat menghadapi Belanda di perempat final. Sebelumnya, Akaydin harus absen pada babak 16 besar karena mendapat akumulasi kartu.

Kendati tidak berhasil mengantarkan Timnas Turki ke semifinal, bek 30 tahun tersebut telah mencetak sejarah baru. Ia menjadi pemain The Cresent-Stars yang bisa menyarangkan gol pada perempat final setelah terakhir kali pada Euro 2008. Sejak debut pada 2022, ia baru memiliki sepuluh caps.

Berstatus sebagai pemain Fenerbahce, Akaydin hanya mencatatkan 10 penampilan di Super Lig Turki 2023/2024. Ia hanya bermain hingga paruh musim sebelum dipinjamkan ke Panathinaikos, klub sepak bola asal Yunani. Kontraknya di Ulker Syadiumu baru akan berakhir pada 2026.

Timnas Turki gagal melaju ke semifinal Euro 2024 setelah harus mengakui keunggulan Belanda di perempat final. Pada pertandingan yang disaksikan oleh 70 ribu lebih penonton, pemain Fenerbahce tampil bersama The Cresent-Stars. Mereka telah memberikan sumbangsih besar di Euro 2024.

Baca Juga: Dan Ndoye, Pemain Muda yang Jadi Andalan Swiss di Euro 2024

Moh Ikhsani Photo Verified Writer Moh Ikhsani

Menulis topik tentang sepak bola.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya