Profil Mehdi Taremi, Bintang Asia Rekrutan Baru Inter Milan

Sosok penyerang haus gol

Intinya Sih...

  • Mehdi Taremi, pencetak gol terbanyak Timnas Iran, pindah ke Inter Milan tanpa biaya transfer setelah kontraknya di FC Porto habis.
  • Taremi mencatatkan 91 gol dan 56 assist selama bermain di FC Porto serta meraih tujuh gelar juara bersama klub tersebut.
  • Inter Milan mendatangkan Taremi sebagai pelapis Lautaro Martinez dan Marcus Thuram dengan kontrak hingga 2027, menjadi pemain Iran pertama yang bermain untuk klub tersebut.

Inter Milan belum puas dengan skuad yang mengantarkan mereka mengangkat trofi Serie A Italia 2023/2024. Klub asal Kota Milan tersebut mulai merekrut pemain baru untuk mengarungi musim depan.

Salah satu rekrutan baru yang sudah mendarat di Giuseppe Meazza yakni Mehdi Taremi. Seperti apa profil Mehdi Taremi dan bagaimana potensinya bersama skuad Inter Milan musim depan?

1. Berstatus sebagai legenda hidup Timnas Iran

Profil Mehdi Taremi, Bintang Asia Rekrutan Baru Inter MilanMehdi Taremi menjadi kapten Timnas Iran. (instagram.com/mehditaremiofficial9)

Mehdi Taremi menempati urutan ketiga sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Timnas Iran. Saat ini, ia telah mencatatkan 48 gol dari 84 penampilan sejak debut pada 2015 lalu. Selain mencetak gol, pesepak bola kelahiran Bushehr, Iran, tersebut juga menyumbangkan 20 assist.

Ia berada di bawah Sardar Azmoun, rekannya yang masih aktif bermain hingga sekarang. Berdasarkan statistik, Mehdi Taremi lebih banyak memainkan pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia. Ia membukukan 35 penampilan dan berhasil membawa Timnas Iran berpartisipasi di Piala Dunia 2018 dan 2022.

Pada 2022/2023 lalu, Mehdi Taremi mengantarkan Tim Melli menjadi juara CAFA Nations Cup. Tak cukup hanya itu, ia juga menjadi pencetak gol terbanyak pada turnamen antarnegara Asia Tengah tersebut dengan torehan enam gol. Itu merupakan prestasi terbaiknya selama bermain untuk Timnas Iran.

Baca Juga: 3 Pemain Pinjaman yang Dipermanenkan Inter Milan pada Musim Panas 2024

2. Meraih banyak kesuksesan saat bersama FC Porto

Profil Mehdi Taremi, Bintang Asia Rekrutan Baru Inter MilanMehdi Taremi saat masih berseragam FC Porto. (instagram.com/mehditaremiofficial9)

Mehdi Taremi bergabung dengan FC Porto pada 31 Agustus 2020. Ia didatangkan dari Rio Ave dengan biaya mencapai Rp82 miliar. Selama bermain di Estadio do Drago, pesepak bola yang saat ini berusia 32 tahun tersebut memainkan 182 pertandingan dengan menyarangkan 91 gol dan 56 assist.

Itu capaian luar biasa yang dibuat oleh Mehdi Taremi bersama The Dragon. Ia juga banyak meraih gelar juara selama berseragam FC Porto. Ada tujuh trofi yang telah ia persembahkan, seperti Piala Super Portugal 2021 dan 2023, Piala Liga Portugal 2022/2023, dan Primiera Liga Portugal 2021/2022.

Belum lagi trofi Piala Portugal yang berhasil ia persembahkan secara beruntun dari 2022—2024. Mehdi Taremi juga pernah menjadi pencetak gol terbanyak di Liga NOS 2019/2020 dan Primiera Liga Portugal 2022/2023. Sebelum ke Inter Milan, ia melakoni 35 pertandingan dengan mencetak 11 gol dan 7 assist pada 2023/2024.

3. Bergabung dengan Inter Milan secara gratis

Profil Mehdi Taremi, Bintang Asia Rekrutan Baru Inter MilanMehdi Taremi (instagram.com/inter)

Inter Milan mendapatkan Mehdi Taremi dari FC Porto tanpa harus mengeluarkan uang. Ini karena pesepak bola yang berposisi sebagai penyerang tersebut tidak memperpanjang kontraknya yang habis di Estadio do Drago. Dengan begitu, Mehdi Taremi bebas untuk bergabung dengan klub mana pun secara gratis.

Ia diboyong ke Giuseppe Meazza sebagai pelapis dari Lautaro Martinez dan Marcus Thuram. Mehdi Taremi menandatangani kontrak untuk berseragam Il Nerazzurri hingga 2027. Atas kesepakatan ini, ia menyandang status sebagai pesepak bola Iran pertama yang bermain untuk Inter Milan. Meski begitu, ia bukan pesepak bola Iran pertama yang merumput di Serie A Italia. Sebelumnya ada Sardar Azmoun yang membela AS Roma dari 2023—2024. 

Bermain mengesankan bersama FC Porto, kini Taremi siap menjajal atmosfer baru di liga sepak bola Italia. Mampukah ia cepat beradaptasi dan segera berkontribusi?

Baca Juga: 5 Striker Top Skor Serie A yang Gagal Membuat Gol di Euro 2024

Moh Ikhsani Photo Verified Writer Moh Ikhsani

Menulis topik tentang sepak bola.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya