3 Klub Premier League Paling Cuan pada Bursa Transfer Musim Panas 2024

Hasil penjualan pemain berkualitas

Bursa transfer musim panas 2024 untuk liga-liga top Eropa, termasuk English Premier League, berlangsung pada 14 Juni 2024 hingga 30 Agustus 2024. Semua klub yang berkompetisi di Inggris juga telah melakukan aktivitas jual beli pemain. Akan tetapi, tidak semua klub EPL mencatatkan keuntungan pada bursa transfer musim panas 2024.

Hanya ada tiga klub Premier League paling cuan pada bursa transfer musim panas 2024. Itu termasuk Manchester City yang menjadi juara pada 2023/2024 lalu. Seberapa besar keuntungan mereka? Coba cek di bawah ini!

1. Manchester City mendapatkan keuntungan hingga Rp2 triliun

3 Klub Premier League Paling Cuan pada Bursa Transfer Musim Panas 2024Skuad Manchester City menjalani sesi foto sebelum memulai pertandingan. (instagram.com/manuelobafemiakanji)

Manchester City melakukan penghematan pengeluaran pada bursa transfer musim panas 2024. The Citizens hanya memboyong dua pemain baru, Savinho dan Ilkay Guendogan. Savinho direkrut dari Troyes dengan biaya Rp434 miliar, sementara Guendogan kembali ke Etihad Stadium secara gratis.

Selain mendatangkan pemain baru, The Citizens juga menjual lima pemain. Penjualan Julian Alvarez ke Atletico Madrid senilai Rp1,3 triliun menjadi yang termahal. Pada bursa transfer musim panas 2024, The Citizens hanya mengeluarkan Rp434 miliar, tetapi berhasil meraup pendapatan hingga Rp2,4 triliun.

Dengan begitu, keuntungan bersih yang diperoleh The Citizens pada bursa transfer musim panas 2024 mencapai Rp2 triliun. Hal ini jauh lebih baik jika dibandingkan pada 2023 lalu yang merugi Rp2,3 triliun. Ini semua tidak terlepas dari peran Txiki Begiristain, sosok direktur olahraga Manchester City.

Baca Juga: 5 Pemain Jepang yang Bermain di Premier League 2024/2025

2. Wolverhampton Wanderers meraup pendapatan Rp1,2 triliun

3 Klub Premier League Paling Cuan pada Bursa Transfer Musim Panas 2024Wolverhampton Wanderers (instagram.com/strandlarsen)

Wolverhampton Wanderers kembali memperoleh keuntungan dari jual beli pemain. Pada bursa transfer musim panas 2024, Wolves meraih Rp1,2 triliun, lebih sedikit daripada 2023 lalu yang meraup Rp1,3 triliun. Meski begitu, klub yang bermarkas di Molineux Stadium tersebut konsisten mencatatkan pendapatan.

Angka Rp1,2 triliun berasal dari penjualan dan pembelian pemain baru. Wolves mendapatkan Rp1,8 triliun dari kepindahan Pedro Neto ke Chelsea dan Max Kilman yang bergabung ke West Ham United. Tim asuhan Gary O’Neil tersebut juga hanya membayar Rp573 miliar untuk membeli tiga pemain baru.

Wolves menjadi salah satu klub EPL yang terkenal karena sering menjual pemain dengan harga tinggi. Sebelum Pedro Neto dan Max Kilman, Wolves pernah melepas Mathues Nunes dan Ruben Neves dengan harga selangit. Ini menunjukkan manajemen Wolves pandai melakukan bisnis jual beli pemain.

3. Crystal Palace mencatatkan laba bersih mencapai Rp1 triliun

3 Klub Premier League Paling Cuan pada Bursa Transfer Musim Panas 2024Crystal Palace (instagram.com/iammateta)

Crystal Palace memperbaiki catatan keuangan dengan memperoleh pendapatan pada bursa transfer musim panas 2024. Terakhir kali The Eagles meraih laba bersih dari jual beli pemain terjadi pada 2019 lalu. Saat itu, penjualan Aaron Wan-Bissaka senilai Rp955 miliar menyumbang keuntungan terbesar.

Pada bursa transfer musim panas 2024, Crystal Palace mencatatkan laba bersih mencapai Rp1 triliun. Klub asal London tersebut menjual empat pemain, yang terdiri dari Michael Olise, Joachim Anderson, Jordan Ayew, dan Scott Banks. Crystal Palace meraup pendapatan Rp1,5 triliun dari hasil penjualan mereka.

Namun, The Eagles juga harus menggelontorkan Rp521 miliar untuk menggaet pemain baru dari LaLiga Spanyol dan Ligue 1 Prancis. Untungnya, pencapaian ini jauh lebih bagus dari Chelsea, Arsenal, dan Manchester United pada bursa transfer musim panas 2024. Menarik untuk melihat penampilan Crystal Palace musim ini.

Persaingan merebut gelar juara membuat tiap klub Premier League harus merombak tim untuk mendapatkan komposisi skuad terbaik. Tidak heran jika ada klub yang harus menguras tabungan demi menggaet pemain impian. Di balik itu, ada juga yang meraih cuan berlimpah dari penjualan pemain seperti ketiga klub di atas.

Baca Juga: 3 Pembelian Southampton dari Klub Premier League pada 2024

Moh Ikhsani Photo Verified Writer Moh Ikhsani

Menulis topik tentang sepak bola.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya