5 Kiper Aktif dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions

Manuel Neuer jauh memimpin

Intinya Sih...

  • Manuel Neuer memimpin dengan 141 penampilan di Liga Champions, bersama Schalke 04 dan Bayern Munich, serta meraih 2 gelar juara.
  • Marc-Andre ter Stegen mencatatkan 84 penampilan hanya bersama Barcelona, membawa klubnya juara Liga Champions 2014/2015.
  • Jan Oblak juga mengemas 84 penampilan hanya dengan Atletico Madrid, membawa timnya ke final Liga Champions 2015/2016.

Liga Champions adalah turnamen terbesar antarklub Eropa. Tiap tim biasanya mempersiapkan susunan skuad terbaik sebelum musim bergulir. Salah satu hal yang menjadi perhatian penting adalah posisi kiper.

Kiper berperan dalam mengamankan gawang. Untuk bisa bermain reguler, kiper harus tampil gemilang pada tiap pertandingan. Kini, paling tidak ada lima kiper aktif yang banyak bermain di Liga Champions.

Kelima kiper tersebut memainkan lebih dari 75 pertandingan di Liga Champions. Menariknya, beberapa di antaranya mencatatkan penampilan hanya bersama satu klub. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

1. Manuel Neuer (141 penampilan) masih bermain di usia hampir kepala empat

5 Kiper Aktif dengan Penampilan Terbanyak di Liga ChampionsManuel Neuer (instagram.com/manuelneuer)

Manuel Neuer menempati urutan teratas sebagai kiper aktif dengan penampilan terbanyak di Liga Champions. Ia sudah memainkan sebanyak 141 pertandingan sejak memulai debutnya pada 2007/2008. Kiper 38 tahun tersebut memiliki statistik 129 kemasukan gol dan 58 clean sheet.

Manuel Neuer mencatatkan penampilannya tersebut bersama Schalke 04 dan Bayern Munich. Ia juga berhasil meraih gelar juara Liga Champions 2012/2013 dan 2019/2020 ketika bermain dengan FC Hollywood. Faktor usia tidak menghalanginya untuk tetap menjadi pilihan utama Vincent Kompany.

2. Marc-Andre ter Stegen (84 penampilan) tidak tergantikan sebagai kiper utama

5 Kiper Aktif dengan Penampilan Terbanyak di Liga ChampionsMarc-Andre ter Stegen (instagram.com/mterstegen1)

Marc-Andre ter Stegen sudah mencatatkan 84 penampilan di Liga Champions. Hebatnya, ia menorehkan capaian luar biasa tersebut hanya bersama satu klub, yakni Barcelona. Ia bersama Blaugrana membukukan 32 clean sheet, 97 kemasukan gol, dan 7.560 menit bermain di Liga Champions.

Prestasi terbaiknya dengan membawa Barcelona menjuarai Liga Champions 2014/2015. Ketika itu, kiper asal Jerman tersebut mendapatkan kepercayaan dari Luis Enrique untuk tampil pada tiap pertandingan. Kini, ia berpeluang untuk mengulang kembali momen tersebut bersama Hansi Flick.

Baca Juga: 7 Rekrutan Kiper Gratis Klub Serie A Italia pada Musim Panas 2024

3. Jan Oblak (84 penampilan) menunjukkan kesetiaan bersama Atletico Madrid

5 Kiper Aktif dengan Penampilan Terbanyak di Liga ChampionsJan Oblak (instagram.com/oblakjan)

Jan Oblak seperti halnya Marc-Andre ter Stegen yang juga mengemas 84 penampilan di Liga Champions. Kiper yang memiliki tinggi 188 cm tersebut membukukannya juga hanya dengan satu klub. Ia bermain di Liga Champions bersama Atletico Madrid setelah sepakat bergabung pada 16 Juli 2014 lalu.

Di Liga Champions, Jan Oblak mencatatkan 82 kemasukan gol dan 35 clean sheet. Kendati belum mengoleksi trofi Liga Champions, ia pernah mengantar Los Rojiblancos mencapai final Liga Champions 2015/2016. Kekalahan lewat adu penalti dari Real Madrid memupuskan harapan untuk juara.

4. Ederson (78 penampilan) memberikan penampilan yang terbaik

5 Kiper Aktif dengan Penampilan Terbanyak di Liga ChampionsEderson Moraes (instagram.com/ederson93)

Ederson menjadi andalan Pep Guardiola di bawah mistar gawang Manchester City ketika di Liga Champions. Jebolan akademi Benfica tersebut membayar kepercayaan yang diberikan dengan tampil mengesankan. Ia pernah mengantarkan The Citizens merebut gelar juara Liga Champions 2022/2023.

Sepuluh musim bermain di Liga Champions, Ederson sudah mencatatkan 78 penampilan, 32 clean sheet, dan 72 kemasukan gol. Ia membukukan hal tersebut ketika bermain untuk Benfica dan Manchester City. Kini, ia menjadi kiper berkebangsaan Brasil yang paling sering tampil di Liga Champions.

5. Thibaut Courtois (77 penampilan) sangat tangguh di bawah mistar gawang

5 Kiper Aktif dengan Penampilan Terbanyak di Liga ChampionsThibaut Courtois (instagram.com/thibautcourtois)

Thibaut Courtois sudah melakoni 77 pertandingan di Liga Champions. Ia melakukan hal tersebut bersama tiga klub berbeda, yakni Atletico Madrid, Chelsea, dan Real Madrid. Namun, kiper kelahiran Bree, Belgia, tersebut lebih banyak mendapatkan kesuksesan ketika bermain bersama Los Merengues.

Selama di Santiago Bernabeu, Thibaut Courtois mengoleksi trofi Liga Champions 2021/2022 dan 2023/2024. Ia juga mencatatkan 29 clean sheet dan 89 kemasukan gol di Liga Champions. Ia membukukan jumlah clean sheet yang lebih banyak apabila dibandingkan dengan keempat kiper sebelumnya.

Kiper memiliki peran utama dalam menjaga agar gawang tidak kemasukan gol. Kini, tugas kiper bukan hanya itu, namun juga membantu membangun serangan dari bawah. Kiper yang tampil impresif akan mendapatkan lebih banyak kesempatan bermain.

Baca Juga: 3 Kiper dengan Koleksi Kartu Kuning Terbanyak dalam Sejarah EPL

Moh Ikhsani Photo Verified Writer Moh Ikhsani

Menulis topik tentang sepak bola.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya