4 Hal Menarik dari Lolosnya Portugal ke 8 Besar Euro 2024

Tetap lolos meski alami paceklik gol #EURO2024

Intinya Sih...

  • Portugal menang atas Slovenia di 16 besar Euro 2024 lewat adu penalti setelah pertemuan sebelumnya berakhir dengan kekalahan.
  • Keberhasilan melaju ke 8 besar Euro 2024 menjadi kebanggaan bagi Timnas Portugal yang hanya mencapai 16 besar pada Euro 2020.
  • Lolosnya Timnas Portugal ke 8 besar Euro 2024 juga menyimpan catatan buruk karena gagal mencetak gol dalam dua pertandingan terakhir.

Timnas Portugal berhasil menumbangkan Slovenia pada 16 besar Euro 2024. Pertandingan yang digelar di Deutsche Bank Park pada, Selasa (2/7/2024) dini hari WIB, harus ditentukan melalui adu penalti. Berkat kemenangan tersebut, Selecao das Quinas lolos ke 8 besar dan bakal menghadapi Prancis.

Setidaknya, ada empat hal menarik dari lolosnya Cristiano Ronaldo dkk. ke 8 besar Euro 2024. Apa saja informasinya?

1. Portugal berhasil balas dendam atas kekalahan dari Slovenia

4 Hal Menarik dari Lolosnya Portugal ke 8 Besar Euro 2024Adu penalti Portugal vs Slovenia di 16 besar Euro 2024. (instagram.com/portugal)

Kemenangan di 16 besar Euro 2024 membuat Portugal berhasil melakukan aksi balas dendam kepada Slovenia. Sebelumnya, kedua tim bertemu pada laga uji coba internasional yang digelar Rabu, (27/3/2024). Bermain di Stadion Stozice, Portugal menyerah dua gol tanpa balas.

Kedua gol Slovenia dicetak oleh Adam Gnezda Cerin dan Timi Max Elsnik. Pada pertandingan tersebut, Portugal memang tidak membawa pemain andalan mereka, seperti Bruno Fernandes, Bernardo Silva, dan Ruben Dias. Faktor itu yang agaknya membuat kekuatan Portugal timpang.

Baca Juga: Rapor Negara Debutan Euro dalam 3 Edisi Terakhir

2. Portugal melakukan pencapaian lebih baik daripada Euro edisi sebelumnya

4 Hal Menarik dari Lolosnya Portugal ke 8 Besar Euro 2024Skuad Timnas Portugal (instagram.com/portugal)

Keberhasilan melaju ke 8 besar Euro 2024 menjadi kebanggaan tersendiri buat Portugal. Pasalnya, kampiun Euro 2016 tersebut hanya bisa mencapai 16 besar pada Euro 2020 lalu. Kala itu, Selecao das Quinas menelan kekalahan tipis dari Belgia dengan skor 1-0 dan harus mengubur mimpi ke 8 besar.

Di bawah racikan Roberto Martinez, Timnas Portugal berpeluang untuk mengulang kembali pencapaian terbaik seperti pada Euro 2016. Namun, perjuangan mereka tidak akan mudah karena harus mengalahkan Prancis di 8 besar. Pertemuan terakhir keduanya berlangsung pada fase grup Euro 2020. Kala itu, pertandingan berakhir dengan hasil sama kuat, 2-2.

3. Portugal tidak mencetak gol dalam dua pertandingan beruntun di Euro 2024

4 Hal Menarik dari Lolosnya Portugal ke 8 Besar Euro 2024Cristiano Ronaldo bermain di Euro 2024. (instagram.com/cristiano)

Lolosnya Portugal ke 8 besar Euro 2024 juga menyimpan catatan buruk. Hal ini karena sudah dalam dua pertandingan Timnas Portugal tidak bisa mencetak gol. Pada matchday terakhir fase grup, Selecao das Quinas tidak bisa membobol gawang Georgia yang dikawal oleh Giorgi Mamardashvili.

Tumpulnya lini serang Portugal kembali terlihat saat melawan Slovenia di 16 besar Euro 2024. Kendati berhasil memenangkan pertandingan, Portugal tidak bisa mencetak gol dalam waktu normal. Ini tentu jadi pekerjaan berat Roberto Martinez sebelum menghadapi Prancis.

4. Pertemuan dengan Prancis mengulang kembali final Euro 2016

4 Hal Menarik dari Lolosnya Portugal ke 8 Besar Euro 2024Portugal vs Prancis di final Euro 2016. (eufa.com)

Seperti yang sudah disinggung di atas, pertemuan terakhir Timnas Portugal dengan Les Blues terjadi pada Euro 2020. Namun, jauh sebelum itu, mereka juga pernah bentrok pada final Euro 2016. Pada saat itu, Timnas Portugal berhasil mengalahkan Timnas Prancis lewat gol tunggal Eder pada menit ke-109.

Kemenangan tersebut membawa Selecao das Quinas meraih gelar juara Euro untuk yang pertama kali. Tak hanya Portugal, Prancis juga sedang paceklik gol karena baru mencetak tiga gol sejauh ini. Pertandingan di 8 besar Euro 2024 akan menjadi ajang pembuktian bagi kedua tim.

Meski belum tampil impresif, asa Portugal menjuarai Euro 2024 tetap ada. Mampukah Cristiano Ronaldo dan Pepe memberikan kado perpisahan paling manis itu?

Baca Juga: Lini Serang Tumpul, Prancis Masih Jauh dari Kata Impresif di Euro 2024

Moh Ikhsani Photo Verified Writer Moh Ikhsani

Menulis topik tentang sepak bola.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya