Profil Benjamin Sesko, Striker Muda Berbakat dari Slovenia

Layak untuk diperhitungkan sebagai pemain potensial

Intinya Sih...

  • Benjamin Sesko mencetak 4 gol dalam pertandingan UEFA Nations League B 2024, menarik minat klub besar Eropa.
  • Pindah ke RB Salzburg pada usia 16 tahun dengan biaya transfer Rp43 miliar, dan dipinjamkan ke FC Liefering selama dua musim.
  • Harga pasar meningkat drastis setelah bergabung dengan RB Leipzig, tampil impresif di Bundesliga Jerman, dan menjadi andalan tim.

Benjamin Sesko memperlihatkan ketajamannya dengan mencetak empat gol saat Slovenia menjamu Austria dan Kazakhstan di lanjutan UEFA Nations League B 2024. Bahkan, ia bisa menyarangkan tiga gol pada salah satu pertandingan tersebut.

Insting tajam dalam mengoyak gawang lawan membuat banyak klub besar di Eropa menaruh minat pada pemain RB Leipzig tersebut. Terlebih lagi, ia masih berusia sangat muda dan berpeluang untuk menjadi bagian dari proyek jangka panjang.

Akan lebih menarik apabila menelisik lebih dalam mengenai Benjamin Sesko. Seperti apa profilnya dan bagaimana peluangnya pada 2024/2025? Yuk, simak ulasan lengkapnya lewat artikel berikut!

1. Memulai karier dengan bermain untuk klub lokal Slovenia

Profil Benjamin Sesko, Striker Muda Berbakat dari SloveniaBenjamin Sesko membela NK Domzale. (nkdomzale.si)

Pada 1 Juli 2018, Benjamin Sesko pindah ke NK Domzale U-17. Ia didatangkan dari akademi NK Krsko, klub asal Slovenia, dengan status bebas transfer. Baru setahun bermain di Sportni Park Domzale, pemain yang memiliki tinggi 195 cm tersebut dijual ke RB Salzburg dengan biaya mencapai Rp43 miliar.

Kepindahannya ke klub raksasa asal Austria berlangsung pada 1 Juli 2019. Karena biaya transfer tersebut, Benjamin Sesko menjadi penjualan termahal NK Domzale U-17 pada jendela transfer musim panas 2019/2020. Ia baru menginjak usia 16 tahun saat sepakat bergabung dengan RB Salzburg.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir RB Leipzig dari RB Salzburg, Ada Benjamin Sesko!

2. Meraih banyak kesuksesan saat bersama RB Salzburg

Profil Benjamin Sesko, Striker Muda Berbakat dari SloveniaBenjamin Sesko memperkuat RB Salzburg. (instagram.com/benjaminsesko)

Walaupun sudah berstatus pemain RB Salzburg, Benjamin Sesko tidak langsung membela tim utama. Ia terlebih dahulu dipinjamkan ke FC Liefering selama 2 musim. Sewaktu menjalani masa peminjaman, ia tampil luar biasa lewat torehan 22 gol dan 6 assist dari 44 pertandingan di Liga 2 Admiral Austria.

Benjamin Sesko baru tampil bersama RB Salzburg pada 2020/2021. Selama bermain di Red Bull Arena Salzburg, ia mencatatkan 79 penampilan dengan mengoleksi 29 gol dan 11 assist. Tidak hanya itu, pemain kelahiran Radece, Slovenia, tersebut juga meraih 4 gelar juara dan 2 penghargaan individu.

3. Langsung bisa menjadi pilihan utama Die Roten Bullen

Profil Benjamin Sesko, Striker Muda Berbakat dari SloveniaBenjamin Sesko berlatih bersama RB Leipzig. (instagram.com/benjaminsesko)

Harga pasar Benjamin Sesko meningkat drastis setelah bergabung dengan RB Leipzig. Pada 1 Juli 2023, harga pasarnya berada di angka Rp417 miliar. Saat ini, harga pasarnya telah menyentuh Rp869 miliar. Peningkatan tersebut disebabkan oleh penampilan impresifnya selama tampil di Bundesliga Jerman.

Pemain yang terikat kontrak hingga 2029 tersebut langsung menjadi andalan RB Leipzig pada musim pertamanya. Ia mampu memainkan 42 pertandingan di semua kompetisi dengan mencetak 18 gol dan 2 assist. Kini, Benjamin Sesko sudah mencatatkan 3 penampilan, 1 gol, dan 2 assist pada 2024/2025.

4. Menjadi aset berharga untuk masa depan Timnas Slovenia

Profil Benjamin Sesko, Striker Muda Berbakat dari SloveniaBenjamin Sesko bermain melawan Kazakhstan. (instagram.com/benjaminsesko)

Sebelum debut bersama tim utama, Benjamin Sesko pernah bermain untuk Timnas Slovenia U-15 dan U-16. Ia dapat meningkatkan performa saat tampil bersama Timnas Slovenia U-17 lewat catatan 14 penampilan dan 5 gol. Penyerang berusia 21 tahun tersebut baru promosi ke tim utama pada 1 Juni 2021.

Pertandingan uji coba internasional 2021 melawan Makedonia Utara merupakan debutnya bersama Timnas Slovenia. Pada Euro 2024 Jerman, ia selalu mendapatkan kepercayaan untuk bermain sejak fase grup hingga babak 16 besar. Benjamin Sesko total sudah mengemas 35 caps, 15 gol, dan 6 assist.

Benjamin Sesko adalah pemain muda berbakat yang fenomenal. Ia tak hanya tampil baik bersama klub, namun, juga dengan tim nasional. Ia layak jika disandingkan dengan nama-nama, seperti Erling Haaland maupun Jude Bellingham. Di bawah racikan Marco Rose, ia akan makin berkembang dan bisa membawa RB Leipzig bersaing di papan atas Bundesliga Jerman. 

Baca Juga: 5 Pemain yang Direkrut RB Leipzig pada Musim Panas 2024

Moh Ikhsani Photo Verified Writer Moh Ikhsani

Menulis topik tentang sepak bola.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya