Uruguay dan Panama Lolos ke Perempat Final Copa America 2024

Uruguay jadi juara grup

Jakarta, IDN Times - Laga terakhir penyisihan Grup C Copa America 2024 sudah berakhir. Uruguay dan Panama memastikan diri lolos ke perempat final pada Selasa (2/7/2024) pagi WIB.

Uruguay menjadi juara Grup C dengan memetik tiga kemenangan dari tiga laga. Sementara Panama menjadi runner up setelah berhasil mengunci dua kemenangan dan satu kekalahan di fase grup.

1. Uruguay sempurna di Grup C

Uruguay dan Panama Lolos ke Perempat Final Copa America 2024Mathias Olivera (X.com/Uruguay)

Uruguay memenangkan laga panas kontra Amerika Serikat dengan skor 1-0 pada Selasa (2/7/2024) pagi WIB. Duel ini berlangsung begitu ketat dan menjadi tontonan yang menarik.

Sepanjang babak pertama, kedua tim jual-beli serangan. Laga alot, dan tak ada satu pun peluang yang berujung gol. Kebuntuan pecah di menit 66 lewat aksi Mathias Olivera. Memanfaatkan bola liar dari skema sepakan bebas, Olivera menjebol gawang Amerika Serikat.

Ini menjadi satu-satunya gol di laga tersebut. Kemenangan ini memastikan Uruguay tak terkalahkan di fase grup dan mulus melaju ke perempat final Copa America 2024 sebagai juara Grup C dengan mengantongi sembilan poin.

Baca Juga: Kendry Paez, Wonderkid Ekuador yang Bikin Rekor di Copa America

2. Panama ke perempat final

Uruguay dan Panama Lolos ke Perempat Final Copa America 2024Timnas Panama di Copa America 2024 (X.com/fepafut)

Panama berhasil mengunci tiket ke perempat final Copa America 2024. Kepastian ini diraih usai Panama menang 3-1 atas Bolivia pada Selasa (2/7/2024) pagi WIB.

Jose Fajardo membawa Panama memimpin 1-0 pada menit ke-22. Panama sebenarnya kalah dari sisi penguasaan bola dibanding Bolivia. Namun, Los Canaleros menciptakan peluang lebih banyak untuk mencetak gol dengan melepas enam tendangan ke arah gawang sepanjang laga.

Bolivia sebenarnya sempat menyamakan kedudukan lewat aksi Bruno Miranda di menit 69. Namu, hanya berselang 10 menit, Panama kembali memimpin lewat aksi Eduardo Guerrero.

Bukannya membalas, Bolivia malah kebobolan lagi di masa injury time. Kali ini, Cesar Yanis yang menjebol gawang Bolivia dan memastikan kemenangan Panama, 3-1.

3. Sudah ada empat negara di delapan besar

Uruguay dan Panama Lolos ke Perempat Final Copa America 2024Foto Timnas Uruguay. (X/@Uruguay)

Sudah ada empat tim yang lebih dulu mengunci tiket ke perempat final Copa America 2024. Argentina akan berduel dengan Ekuador untuk berebut tiket semifinal.

Di sisi lain, Venezuela akan menghadapi Kanada di perempat final. Uruguay dan Panama yang menyusul ke delapan besar masih masih menunggu penantang di peremoat. Mereka akan berduel melawan juara dan runner up dari grup D yang diisi Kolombia, Brasil, Kosta Rika, dan Paraguay.

Baca Juga: Daftar Duel Perempat Final Copa America 2024: Argentina vs Ekuador

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya