Timnas U-16 vs Australia: Hujan Gol di Babak I

Duel berlangsung seru

Intinya Sih...

  • Timnas U-16 Indonesia vs Australia berakhir imbang 2-2 pada babak pertama semifinal Piala AFF U-16 2024.
  • Zahaby Gholy mencetak gol pertama untuk Indonesia, diikuti dengan gol indah Amlani Tatu untuk Australia.
  • Raihan Apriansyah mendapat kartu kuning kedua sehingga Timnas U-16 harus bermain dengan 10 orang, namun masih mampu menyamakan kedudukan.

Jakarta, IDN Times - Babak pertama Timnas U-16 Indonesia kontra Australia berakhir imbang dalam laga semifinal Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan, Solo pada Senin (1/7/2024) malam WIB. Meski begitu, hasil imbang di paruh pertama diwarnai hujan gol dan skornya 2-2.

Indonesia langsung unggul di awal babak pertama. Menit tiga, sundulan Zahaby Gholy menggetarkan jala gawang Australia. Gol ini sekaligus yang pertama menembus gawang Australia sepanjang AFF U-16 2024.

Pada menit 11, Australia nyaris menyamakan kedudukan usai Jordan Graoroski sudah berhadapan dengan kiper Timnas U-16, M Nur Ichsan, untuk mencetak gol. Namun, penyelamatan apik berhasil dilakukan Nur Ichsan di depan gawang.

Mierza Firjatullah sempat melepas tembakan keras pada menit 15. Namun, bola masih berhasil dihalau kaki penjaga gawang Australia.

Setelahnya, Australia berusaha balik menyerang. Pada menit 22, Raihan melakukan pelanggaran yang berbuah tendangan bebas untuk Australia. Amlani Tatu berhasil mengeksekusinya dengan indah dan membuat skor menjadi 1-1.

Sial, pada menit 27, Timnas U-16 harus main dengan 10 orang setelah Raihan Apriansyah dianggap melakukan pelanggaran terhadap Tatu. Dapat kartu kuning kedua, Raihan diganjar harus mandi lebih cepat. Indonesia bermain dengan 10 orang.

Timnas U-16 masih bisa meladeni jual-beli serangan dengan Australia meski main dengam 10 orang. Skuad Garuda dipaksa bermain dengan pertahanan ketat dengan kondisi kalah jumlah pemain.

Putu Panji dan kawan-kawan masih terus menekan pertahanan Australia. Penambahan waktu dilakukan selama lima menit pada babak pertama.

Indonesia dan Australia berbalas gol di injury time. Pada menit ke-45+3, Quinn MacNicol menciptakan gol dengan memanfaatkan bola yang memantul usai berusaha dihalau kiper untuk masuk ke gawang. Dapat bola nyaman, MacNicol membawa Australia unggul dengan skor 2-1.

Skuad Garuda tak langsung menyerah. Pada menit ke-45+5, Gholy kembali menjadi penyelamat Merah Putih. Sepakan keras Gholy yang berani menembus gawang Australia. Indonesia kembali menyamakan kedudukan 2-2. Tak ada gol tambahan yang tercipta, babak pertama berakhir imbang.

Baca Juga: Susunan Pemain Semifinal AFF U-16, Indonesia vs Australia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya