Tak Lepas Pemain untuk Timnas, Shin: Persija Egois!

Shin Tae Yong siapkan timnas tanpa Marselino dan Ferarri

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae Yong, menilai Persija Jakarta egois. Sebab, Macan Kemayoran enggan melepas anak binaannya untuk bergabung dalam latihan bersama skud Garuda Muda.

Seperti diketahui, beberapa pemain asuhan Thomas Doll memang belum dilepas untuk bergabung dalam Pemusatan Latihan (TC) bersama Timnas U-20. Persija menyebut masih butuh pemain-pemain itu untuk bisa mentas di kompetisi.

Hal ini membuat Shin Tae Yong geram. Dia mengaku kecewa karena merasa tak dibantu klub guna mempersiapkan skuad Timnas U-20.

1. Sebut Persija egois

Tak Lepas Pemain untuk Timnas, Shin: Persija Egois!Pelatih Persija, Thomas Doll, memimpin latihan tim di Nirwana Park, Bojongsari (dok. Persija)

Shin Tae Yong menegaskan, berdasarkan ranking FIFA, Indonesia masih berada jauh di urutan ke 151. Bahkan, untuk kawasan Asia Tenggara pun, tim sepak bola tanah air belum menjadi salah satu tim terbaik saat ini.

Kondisi ini menurut STY membuat proses latihan yang dibutuhkan skuad Garuda lebih lama. Dia semakin kecewa menyadari ada klub yang terang-terangan enggan melepas anak asuhnya ke TC Timnas U-20.

"Tetapi kalau Persija, selalu tidak mau lepas pemain dan dengan egoisnya mereka mau prestasi sendiri. Jadinya pemainnya gak dilepas-lepas," kata Shin Tae Yong ditemui di Lapangan A Gelora Bung Karno usai memimpin latihan Timnas U-20 pada Rabu (15/2/2023).

Baca Juga: Thomas Doll Minta Maaf Sebut Shin Tae Yong Kayak Badut

2. Persiapkan tim tanpa Marselino dan Ferrari

Tak Lepas Pemain untuk Timnas, Shin: Persija Egois!Marselino Ferdinan masuk daftar 60 Wonderkid versi The Guardian (instagram.com/marselinoferdinan10)

Shin Tae Yong mempersiapkan anak didiknya untuk tampil di mini turnamen dalam waktu dekat. Skuad ini dibentuk dengan pemikiran siap tanding meski tak diperkuat Marselino Ferdinan dan Muhammad Ferarri.

Bahkan, STY sudah memperiapkan tim agar siap bertanding di Piala Dunia U-20 tanpa Marselino dan Ferarri.

"Mau tak mau saya harus berpikir begitu karena ini masalah skuad dan persiapan  kami harus lebih lama dan lebih baik. Jadi saya masih mempertimbangkan bagaimana skuat Piala Dunia U-20 2023. Bisa jadi tanpa Ferarri, Marselino, dan Ronaldo," kata Shin Tae Yong.

3. Merasa banyak yang anggap mudah

Tak Lepas Pemain untuk Timnas, Shin: Persija Egois!Shin Tae-yong. (Website/pssi/org)

Sebagai tuan rumah, skuad Indonesia memang sudah dipastikan tampil di ajang Piala Dunia U20 mendatang. Namun, masih ada ajang Piala Asia yang diharapkan Shin Tae Yong dapat ditaklukkan skuad Garuda.

Indonesia akan menghadapi beberapa negara kuat termasuk Korea Selatan, Jepang, dan Australia. Pelatih asal Korea Selatan ini menangkap ada kesan banyak pihak menganggap remeh Piala Dunia U20.

"Banyak yang berpikir kita sudha lolos Piala Dunia, jadi sepertinya banyak yang berpikir ini gampang dan mudah," kata Shin Tae Yong.

Baca Juga: Demi Trofi Liga 1, Thomas Doll Belum Lepas Pemain ke Timnas U-20

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya