Spanyol Jadi Tim Pertama yang Tembus 16 Besar Piala Dunia U-17

Spanyol kalahkan Mali 1-0

Jakarta, IDN Times - Timnas U-17 Spanyol menjadi skuad pertama yang menembus babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023. Kepastian ini didapatkan setelah timnas U-17 Spanyol menang 1-0 atas Mali di Stadion Manahan, Solo pada Senin (13/11/2023).

Kemenangan ini membawa Timnas U-17 spanyol menduduki puncak klasemen grup B Piala Dunia U-17 2023. Pertandingan ini sempat diwarnai kartu merah untuk pemain Mali, Mamadou Doumbia.

1. Spanyol tembus babak 16 besar

Spanyol Jadi Tim Pertama yang Tembus 16 Besar Piala Dunia U-17Timnas Spanyol U-17 latihan di Karanganyar. (Dok. LOC Piala Dunia U-17 2023)

Pertandingan timnas U-17 Spanyol kontra U-17 Mali berlangsung panas. Kedua kesebelasan berusaha meraih kemenangan pertama di Piala Dunia U-17 2023.

Dalam matchday pertama, keduanya sama-sama meraih kemenangan. Spanyol menang 2-0 melawan Kanada sementara Mali menaklukkan Uzbekistan 3-0.

Juan Hernandez memecahkan kebuntuan pertandingan usai mencetak gol pada menit 62. Skor 1-0 Spanyol memimpin hingga akhir laga.

Kemenangan ini membuatSpanyol mengantongi enam poin dan memuncaki klasemen. Sementara Mali berada di posisi kedua dengan tiga poin.

Baca Juga: Timnas U-17 Raih Hasil Imbang Lagi di Piala Dunia U-17 2023

2. Hari buruk untuk Mali

Spanyol Jadi Tim Pertama yang Tembus 16 Besar Piala Dunia U-17Pemain timnas U-17 Mali, Mamadou Doumbia (instagram.com/mamadoudoumbia_17)

Permainan ofensif Mali sempat membuat Spanyol kewalahan. Bahkan gawang La Rojita sempat kebobolan lewat gol Ange Martial Tia pada menit ke-33 sebelum dianulir wasit Bryan Lopez usai melihat tayangan VAR.

Kondisi Mali diperburuk setelah mereka harus kehilangan striker andalannya, Doumbia pada menit ke-40. Pencetak hattrick melawan Uzbekistan itu dinilai melakukan pelanggaran terhadap Pau Prim di depan wasit.

Timnas U-17 Mali masih berpeluang menembus babak 16 besar jika memenangkan laga kontra Kanada dan Spanyol mengunci kemenangan melawan Uzbekistan.

Baca Juga: Piala Dunia U-17: Ekuador Menang, Indonesia Dapat Ancaman

3. Spanyol tim Solid

Spanyol Jadi Tim Pertama yang Tembus 16 Besar Piala Dunia U-17Pemain timnas U-17 Spanyol, Marc Guiu (instagram.com/marcguiu9)

Striker andalan Timnas Spanyol U-17, Marc Guiu, memiliki optimisme tinggi untuk menghadapi laga ini. Menurutnya, La Rojita memiliki chemistry yang bagus sebagai sebuah kesatuan tim.

Hal ini memang cukup wajar karena sebagian besar pemain pilihan pelatih Jose Lana sudah pernah bermain bersama-sama pada Euro U-17 2023. Jika mampu menjaga kolektivitas ini, Guiu yakin tak ada yang bisa mengalahkan Spanyol.

“Timnas Spanyol U-17 adalah kelompok yang sangat bagus. Kami telah bersama selama beberapa waktu. Sebelumnya kami sudah berjuang bersama-sama di Euro U-17. Saya pikir, jika kami bermain sebagai sebuah grup, tak ada tim yang bisa mengalahkan kami,” kata Guiu.

Baca Juga: 8 Potret Marc Guiu, Pemain Barcelona FC jadi Idola Timnas U-17 Spanyol

Baca Juga: Piala Dunia U-17, Lawan Mali, Spanyol Bakal Langsung Kuasai Bola

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya