Skenario Persaingan Grup C Euro 2024, Inggris Sudah Aman

Siapa yang menemani Inggris?

Jakarta, IDN Times - Tiket menuju babak 16 besar Euro 2024 masih diperebutkan dari Grup C. Ketika posisi Inggris sudah aman, ada dua tiket lagi yang diperebutkan.

Ya, sejauh ini baru Inggris yang dipastikan lolos ke fase gugur Euro 2024, menyusul hasil pertandingan dari Grup A dan B. Sementara, dua tiket lainnya masih harus diperebutkan oleh Denmark, Slovenia, dan Serbia, yang koleksi poinnya begitu rapat, dua hingga satu.

1. Inggis sudah menjamin tempat

Skenario Persaingan Grup C Euro 2024, Inggris Sudah AmanHarry Kane, kapten dan striker Timnas Inggris di Euro 2024 (uefa.com)

Inggris sudah dipastikan akan melaju ke 16 besar Euro 2024. Skenario terburuk untuk Inggris adalah lolos ke 16 besar sebagai satu dari empat tim peringkat tiga terbaik.

Namun, armada asuhan Gareth Southgate pastinya tak mau kalah. Mereka menargetkan untuk menang atas Slovenia di partai pamungkas. Jika misi itu berhasil diwujudkan, maka Inggris lolos sebagai juara Grup C.

Baca Juga: Harry Kane: Jujur, Inggris Belum Bermain Bagus di Euro 2024

2. Denmark gak boleh kalah

Skenario Persaingan Grup C Euro 2024, Inggris Sudah AmanRasmus Hojlund (instagram.com/rasmus.hoejlund)

Denmark pantang buat kalah di laga nanti. Sebab, dua poin yang mereka kantongi sekarang, masih sangat rawan.

Jika Slovenia berhasil mengalahkan Inggris, maka Denmark setidaknya meraih hasil imbang. Demi mengamankan posisi dan lolos otomatis, Denmark harus bisa menang atas Serbia.

3. Nasib Slovenia bisa bergantung grup lain

Skenario Persaingan Grup C Euro 2024, Inggris Sudah AmanJan Oblak (instagram.com/nzs_si)

Jika berhasil membekuk Inggris dini hari nanti, Slovenia bakal memastikan tempat ke 16 besar Euro 2024. Status juara grup pasti diraih jika kemenangan itu dibarengi dengan kegagalan Denmark menaklukkan Serbia.

Hasil imbang di laga kontra Inggris masih dapat menyelamatkan Slovenia asalkan Denmark kontra Serbia juga berakhir imbang.

Namun, andai sama-sama meraih hasil imbang dengan Denmark, maka Slovenia akan kalah secara selisih gol. Lewat situasi ini, Slovenia akan ditentukan nasibnya oleh hasil grup lain dan berharap melaju lewat jalur peringkat tiga terbaik.

4. Mission impossible Serbia

Skenario Persaingan Grup C Euro 2024, Inggris Sudah AmanStrahinja Pavlovic, bek andalan Timnas Serbia (instagram.com/fudbalskisavezsrbije)

Serbia paling tak diuntungkan posisinya. Dengan torehan satu poin dan menjadi juru kunci Grup C Euro 2024, Serbia wajib menang atas Denmark agar bisa melaju ke babak 16 besar.

Hasil imbang, apalagi kalah, akan membawa bencana buat Serbia. Dengan hasil itu, mereka dipastikan angkat koper.

Baca Juga: Barbarnya Suporter Serbia di Euro 2024, Baku Hantam Terus 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya