Skenario Kelolosan Grup D: Prancis dan Belanda Favorit

Ada tiga tim yang berpeluang lolos otomatis

Jakarta, IDN Times - Persaingan ketat masih tersaji di Grup D Euro 2024. Belum ada satu pun negara yang berhasil memastikan diri lolos ke fase gugur, dan persaingan harus ditentukan hingga matchday pamungkas, Selasa (25/6/2024).

Sejauh ini, hanya Polandia yang dipastikan gugur karena sudah tak memiliki kans untuk tembus babak 16 besar. Sementara, Prancis, Belanda, dan Austria, masih memiliki peluang yang besar untuk melaju secara otomatis atau melalui persaingan di peringkat tiga terbaik.

Baca Juga: Jadwal Euro 2024: Ada 4 Duel Panas Tersaji

1. Belanda punya tugas yang mudah

Skenario Kelolosan Grup D: Prancis dan Belanda FavoritJerdy Schouten (instagram.com/jerdyschouten)

Belanda punya peluang besar untuk lolos ke 16 besar Euro 2024. Dari posisi sekarang, langkah De Oranje memang lebih ringan ketimbang lawannya, Austria.

Dengan meraih kemenangan atas Austria, Belanda dipastikan lolos otomatis dari Grup D.  Belanda bisa menjadi juara Grup D, jika Prancis kalah dari Polandia. Bahkan, jika laga kontra Austria berakhir imbang, Belanda masih bisa jadi juara grup andai Prancis kalah dari Polandia.

Lalu bagaimana jika Belanda dan Prancis sama-sama menang? Maka semua ditentukan lewat selisih gol. Pun, aturan itu juga berlaku ketika keduanya imbang saat jumpa lawan masing-masing.

Dengan Albania gagal mengalahkan Spanyol, maka Belanda bisa lolos pula lewat jalur peringkat tiga terbaik. Tapi, mereka harus menunggu hasil lain demi bisa memastikan tiket lewat jalur tersebut.

2. Posisi Prancis sama dengan Belanda

Skenario Kelolosan Grup D: Prancis dan Belanda FavoritKylian Mbappe mengalami cedera. (uefa.com)

Situasi Prancis sebenarnya sama dengan Belanda. Permutasi mereka juga mirip, karena poinnya sama-sama empat.

Namun, demi mengamankan diri, Prancis harus menang atas Polandia. Hal tersebut bisa membuat Prancis lebih nyaman melenggang ke fase gugur.

3. Austria gak boleh kalah

Skenario Kelolosan Grup D: Prancis dan Belanda FavoritSelebrasi Marko Arnautovic usai mencetak gol untuk Austria di laga kontra Polandia pada matchday 2 Grup D Euro 2024. (uefa.com)

Bagi Austria, kekalahan jadi haram hukumnya agar lolos ke fase gugur Euro 2024. Sebab, dengan minimal hasil imbang melawan Belanda, Austria masih akan bertahan di peringkat tiga terbaik.

Sementara, andai menang, maka Austria berpotensi jadi juara Grup D. Catatannya, Prancis kalah dari Polandia. Dengan skenario itu Austria akan lolos otomatis dengan status juara Grup D. Namun, jika Prancis menang, status runner up disandang Austria, dengan catatan membekuk Belanda.

Baca Juga: Barbarnya Suporter Serbia di Euro 2024, Baku Hantam Terus 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya