Pratama Arhan Diminati Banyak Klub, Kenapa Pilih Tokyo Verdy?

Pratama Arhan akan menjalani debut berkarier di luar negeri

Jakarta, IDN Times - Talenta yang dimiliki pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan, membuat namanya diminati sejumlah klub besar di luar negeri. Namun, Arhan sudah memantapkan diri melanjutkan karier di Liga Jepang bersama Tokyo Verdy.

Sebagaimana diketahui, Arhan sendiri resmi diangkut klub kasta kedua Liga Jepang itu pada 16 Februari 2022. Dia didatangkan Tokyo Verdy dari PSIS dengan status bebas transfer. 

Keputusan Arhan memilih Tokyo Verdy tentu bukan tanpa alasan. Lalu, apa penyebab dia memilih klub tersebut ketimbang klub lain di luar negeri?

1. Alasan Pratama Arhan pilih Tokyo Verdy

Pratama Arhan Diminati Banyak Klub, Kenapa Pilih Tokyo Verdy?Pratama Arhan siap berangkat ke Jepang untuk perkuat Tokyo Verdy (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Dusan Bogdanovic, yang notabene agen Pratama Arhan mengatakan jika sederet klub, termasuk klub Eropa, mengincar pemain asal Blora Jawa Tengah itu, terutama setelah ajang Piala AFF lalu. Namun, kliennya mantap memilih Tokyo Verdy.

"Betul banyak tawaran, tapi habis AFF. Kalau Tokyo Verdy sekitar satu tahun komunikasi. Saya pertama kali rekomendasi Arhan ke tim itu. Habis mereka cek semua data mereka tertarik dan pantau sejak Piala Menpora sampai bulan Agustus," ujar Bogdanovic menjelaskan dalam kesempatan yang sama.

Arhan tak menampik bahwa sejumlah klub sepak bola luar negeri menaruh minat untuk meminangnya. Namun, dia tampak tak mau ambil pusing soal hal ini. Sehingga, masa depannya itu dipercayakan kepada sang agen. 

"Memang banyak beberapa tawaran, tapi saya soal tawaran itu kan urusan agen saya, jadi saya fokus bermain bola dan fokus kalau dapat yang baru untuk kerja keras lagi," ujar Arhan dalam konferensi pers di kantor PSSI, Jakarta pada Jumat (4/3/2022).

Baca Juga: Chofu, Tempat Tinggal Baru Pratama Arhan yang Bikin Ingat Samurai X

2. Arhan akan kenakan nomor punggung 38

Pratama Arhan Diminati Banyak Klub, Kenapa Pilih Tokyo Verdy?Pratama Arhan siap berangkat ke Jepang untuk perkuat Tokyo Verdy (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Melanjutkan karir bersama Tokyo Verdy, Arhan mengenakan nomor punggung 38. Itu jadi nomor baru yang bakal digunakan dalam karier profesionalnya di Jepang. Biasanya, pemain berusia 20 tahun ini akrab dengan nomor punggung 11 di PSIS Semarang dan nomor 12 di Timnas Indonesia.

Bukan tanpa sebab Arhan menggunakan nomor 38. Dia tak punya pilihan lain, lantaran nomor punggung favoritnya sudah dipakai pemain lain di Tokyo Verdy. Walhasil, dia menggunakan nomor alternatif lainnya.

"Karena nomor 11 atau 12 di sana sudah dipakai jadi akhirnya pilih nomor 38. Menurut saya itu nomor bagus juga buat saya," ujar Pratama Arhan.

3. Target Arhan bersama Tokyo Verdy

Pratama Arhan Diminati Banyak Klub, Kenapa Pilih Tokyo Verdy?Pratama Arhan siap berangkat ke Jepang untuk perkuat Tokyo Verdy (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Pratama Arhan diperkirakan akan bertolak ke Jepang pekan depan. Saat ini, visa sang pemain masih dalam proses. Kemungkinan, tak lama lagi rampung. Dengan demikian, dia sudah ada di Tokyo pekan depan. 

Ditanya soal targetnya di Tokyo Verdy, Arhan mengaku ingin segera bisa beradaptasi untuk bisa mendapatkan menit bermain. Arhan mengaku akan bekerja keras untuk bisa bermain di tim utama.

"Saya bakal lebih kerja keras lagi nanti di tim baru saya. Saya akan menunjukkan yang terbaik dan bangsa Indonesia. Saya bakal kasih yang terbaik," ujar Pratama Arhan mengungkapkan mimpinya bersama Tokyo Verdy.

Baca Juga: Dokumen Lengkap, Pratama Arhan ke Jepang Pekan Depan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya