Thomas Mueller Pertimbangkan Pensiun dari Timnas Jerman

Ikuti jejak Koni Kroos

Jakarta, IDN Times - Bintang sepak bola Jerman, Thomas Mueller mengindikasikan Euro 2024 akan jadi panggung Piala Eropa terakhir untuknya bersama Timnas Jerman. Dia tengah mempertimbangkan untuk pensiun dari karier DFB-nya.

"Secara realistis, sudah mungkin ini adalah pertandingan internasional terakhir saya,” ujar Mueller mengutip Bild.

1. Akan bicara dengan pelatih timnas

Thomas Mueller Pertimbangkan Pensiun dari Timnas JermanThomas Muller (instagram.com/esmuellert)

Mueller berencana akan segera berbincang dengan pelatih Timnas Jerman, Julian Nagelsmann, soal keputusannya. Dia meyakini perbincangan akan berlangsung dengan baik.

"Saya akan duduk dengan pelatih nasional setelahnya. Kami memiliki hubungan yang sangat saling percaya. Tapi, seperti yang saya katakan, secara realistis, ini mungkin,” kata Mueller.

2. Ikut jejak Toni Kroos

Thomas Mueller Pertimbangkan Pensiun dari Timnas JermanToni Kroos saat menyapa pendukung Timnas Jerman. (instagram.com/toni.kr8s)

Usai kekalahan melawan Spanyol, bintang Real Madrid, Toni Kroos resmi gantung sepatu. Tak hanya pensiun dari Timnas Jerman. Kroos juga pensiun sepenuhnya dari sepak bola.

Hal berbeda akan dilakukan Mueller. Meski tak lagi bergabung dengan Der Panzer, Muller akan terus tampil untuk Bayern Munich dan menyelesaikan kontraknya yang berlangsung hingga 2025.

3. Akhir sebuah era di Timnas Jerman

Thomas Mueller Pertimbangkan Pensiun dari Timnas JermanThomas Mueller (uefa.com)

Lebih dari satu dekade Mueller jadi tokoh sentral dalam sepak bola Jerman. Mueller jadi andalan bukan hanya karena kecerdasannya menciptakan gol, namun, juga karena kepemimpinannya dalam skuad.

Melansir GOAL, karier internasional Mueller mulai pada Maret 2010. Mueller melakukan debut dalam laga persahabatan melawan Argentina.

Mueller sudah mengumpulkan 131 caps dan mencetak 45 gol untuk Jerman. Hanya Lothar Matthaeus (150 caps, 63 gol) dan Miroslav Klose (137 caps, 46 gol) yang bisa melebihi rekor Muller untuk timnas Jerman.

Pensiunnya Mueller dari sepak bola internasional menandai akhir dari sebuah era di sepak bola Jerman.

Baca Juga: Jerman Butuh Toni Kroos di Euro 2024

Baca Juga: Jersey Tandang Pink Jerman Laris Manis, Sempat Tuai Kontroversi

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya