Manuel Neuer Putuskan Pensiun dari Timnas Jerman

Neuer jadi salah satu pionir sepak bola modern

Jakarta, IDN Times - Manuel Neuer memutuskan untuk pensiun dari sepak bola internasional bersama Jerman. Perjalanan Neuer selama lebih dari 15 tahun bersama Die Mannschaft berakhir.

Bintang Jerman itu mengumumkan keputusannya untuk gantung sepatu dari timnas Jerman lewat akun Instagramnya, @manuelneuer.

"Setelah lebih dari 15 tahun dan 124 pertandingan internasional, karier saya di tim nasional Jerman berakhir hari ini," tulis Neuer dalam unggahannya.

1. Keputusan yang sulit

Manuel Neuer Putuskan Pensiun dari Timnas JermanManuel Neuer (twitter.com/DFB_Team_EN)

Bagi Neuer, mengambil keputusan untuk pensiun dari Jerman bukan perkara mudah. Apalagi, dia masih merasa fit secara fisik, bahkan masih ingin tampil di Piala Dunia 2026 mendatang.

"Namun, setelah perbincangan intensif dan panjang dengan keluarga dan teman-teman, saya mengambil keputusan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengakhiri peran di tim nasional," kata Neuer.

Baca Juga: Ketika Euro 2024 Jadi Bencana Buat Ronaldo dan Kroos

2. Mengenang Piala Dunia 2014

Manuel Neuer Putuskan Pensiun dari Timnas JermanTimnas Jerman saat memenangkan Piala Dunia 2014 (X.com/DFB_Team/)

Neuer bukan sekadar bintang di Jerman. Selama tujuh tahun dalam 61 pertandingan, Neuer mendapat kehormatan mengemban status kapten Der Panzer.

Salah satu capaian terbaiknya bersama Jerman yang selalu dikenang Neuer adalah keberhasilan menjadi juara di Piala Duni 2014 lalu. Jerman kala itu menang atas Argentina di final.

"Ketika saya melihat ke belakang hari ini, rasanya bangga dan bersyukur! Salah satunya karena kami mampu mewujudkan impian besar pada 13 Juli 2014 dan menjadi juara dunia bersama di Brasil," kata Neuer.

3. Terima kasih dari Neuer

Manuel Neuer Putuskan Pensiun dari Timnas JermanManuel Neuer sebagai kiper terbaik Piala Dunia 2022 (instagram.com/manuelneuer)

Di akhir kariernya bersama Jerman, Neuer berterima kasih kepada berbagai pihak, termasuk rekan-rekan setimnya. Neuer mengaku selalu menikmati tiap detik kebersamaan di skuad Jerman, termasuk saat menjalani Piala Eropa lalu.

"Terima kasih kepada seluruh karyawan, supervisor, pelatih, dan rekan satu tim yang telah mendampingi saya, sejak debut di tim nasional pada 2 Juni 2009," kata Neuer.

"Dan, teristimewa saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para penggemar terkasih, karena telah mendukung selama bertahun-tahun. Saya sangat senang bisa mengenakan jersey timnas Jerman," lanjutnya.

Baca Juga: 5 Kiper yang Pensiun Membela Negaranya pada 2024, Manuel Neuer Terbaru

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya