Klasemen Grup D Euro 2024: Polandia Tersingkir, Belanda di Puncak

Belanda dan Prancis sama-sama meraup empat poin

Jakarta, IDN Times - Matchday kedua babak penyisihan Grup D Euro 2024 rampung pada Sabtu (22/6/2024) dini hari WIB.

Duel terakhir grup tersebut ditutup laga Timnas Belanda kontra Timnas Prancis. Sebelumnya juga sudah digelar pertandingan antara Timnas Austria melawan Timnas Polandia. 

Austria berhasil meraih kemenangan atas Polandia 3-1. Sementara, skuad Oranje bermain imbang tanpa gol dalam duel melawan Prancis.

Hasil laga ini memastikan Belanda memimpin klasemen sementara Grup D Euro 2024. Sementara, Polandia berada di posisi paling buncit dengan catatan nirpoin.

1. Belanda pimpin puncak klasemen, tapi…

Klasemen Grup D Euro 2024: Polandia Tersingkir, Belanda di PuncakWout Weghorst melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya usai mencetak gol kemenangan saat Belanda tumbangkan Polandia 2-1 dalam laga Grup B Euro 2024. (X/@OnsOranje)

Belanda jalani duel alot melawan Prancis tadi malam. Mereka sempat mencetak gol lewat aksi Xavi Simos pada menit ke-69, tetapi wasit yang memimpin laga menganulirnya.

Usai menganalisis melalui VAR, wasit menganggap pemain Belanda lainnya, Denzel Dumfries dalam posisi offside sebelum gol Xavi terjadi.

Hasil imbang tersebut membuat Belanda dan Les Bleus sama-sama meraih satu poin. Mereka pun kini sama-sama mengoleksi empat poin dari dua laga yang sudah dijalani.

Akan tetapi, hasil imbang lawan Prancis tetap mengantarkan Belanda jadi pemuncak klasemen Grup D Euro 2024. Tim besutan Ronald Koeman ini unggul produktivitas gol dari Prancis.

Pada laga perdana, Belanda menang 2-1 atas Polandia. Sementara Prancis hanya menang 1-0 atas Austria.

Baca Juga: 4 Fakta Belanda vs Prancis, Perdana Tanpa Gol di Euro 2024

2. Polandia angkat kaki

Klasemen Grup D Euro 2024: Polandia Tersingkir, Belanda di PuncakRobert Lewandowski (pzpn.pl)

Austria bertengger di peringkat tiga klasemen Grup D Euro 2024. Mereka mengumpulkan tiga poin dari dua laga yang sudah dijalani.

Sementara, Polandia yang belum memiliki satu poin pun, jadi juru kunci dan dipastikan angkat kaki dari persaingan ke babak 16 besar Euro 2024.

Polandia sudah tak mungkin lolos ke babak 16 besar. Walau menyisakan satu laga melawan Prancis pada 25 Juni 2024 mendatang, hasil nanti tak akan berpengaruh terhadap Robert Lewandowski dan kolega. Mereka terpaksa angkat koper dari Euro 2024.

3. Posisi klasemen Grup D

Klasemen Grup D Euro 2024: Polandia Tersingkir, Belanda di PuncakKylian Mbappe mengalami cedera. (uefa.com)

Berikut posisi klasemen grup D usai pertandingan kedua babak penyisihan grup Euro 2024:

1. Belanda (4 poin)
2. Prancis (4 poin)
3. Austria (3 poin)
4. Polandia (0 poin)

Baca Juga: Polandia Jadi Tim Pertama yang Angkat Koper dari Euro 2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya