Kedekatan Paus Fransiskus dengan Sepak Bola, Fans Messi

Paus Fransiskus merupakan penggemar sepak bola

Intinya Sih...

  • Paus Fransiskus merupakan penggemar sepak bola sejak masa kecil
  • Paus Fransiskus adalah penggemar berat klub San Lorenzo de Almagro dan Lionel Messi
  • Paus Fransiskus tiba di Indonesia untuk melakukan perjalanan apostolik dan memiliki agenda pertemuan antar agama

Jakarta, IDN Times - Pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus, mengunjungi Indonesia mulai Selasa (3/9/2024). Paus Fransiskus terbilang dekat dengan dunia olahraga, terutama sepak bola.

Bukan rahasia, Paus Fransiskus merupakan penggemar sepak bola. Lahir di Buenos Aires, Argentina, Paus Fransiskus menikmati masa kecilnya dengan bermain dan menggemari sepak bola, sama seperti anak-anak lainnya.

Cinta terbesarnya adalah pada klub asal kelahirannya, San Lorenzo de Almagro. Tak hanya itu, Paus Fransiskus juga ternyata penggemar berat Lionel Messi.

1. Fans Lionel Messi dan Diego Maradona

Kedekatan Paus Fransiskus dengan Sepak Bola, Fans MessiLionel Messi usai diganti karena cedera di final Copa America 2024 (X.com/Argentina)

Paus Fransiskus punya kewarganegaraan yang sama dengan dua legenda sepak bola dunia, Lionel Messi dan Diego Maradona. Paus Fransiskus merupakan fans dari Lionel Messi.

Pada 2021 lalu, Paus Fransiskus sempat menerima hadiah jersey Paris Saint-Germain (PSG) milik Lionel Messi.

"Lionel Messi, saudaraku, terima kasih untuk jersey dan dedikasimu. Terima kasih karena tetap membumi. Tetaplah seperti ini. Tuhan memberkatimu," ujar Paus Fransiskus mengungkapkan terima kasihnya atas hadiah dari Messi mengutip Vanguard News.

Baca Juga: Ketika Paus Fransiskus Dapat Kado Jersey Bek MU

2. Ikut senang saat Argentina menang Piala Dunia

Kedekatan Paus Fransiskus dengan Sepak Bola, Fans MessiPaus Fransiskus (twitter.com/@Pontifex)

Paus Fransiskus merupakan penggemar berat Argentina. Pada 2014 lalu, Paus Fransiskus dikabarkan ikut bersedih atas kekalahan Argentina melawan Jerman dalam laga final.

Pada 2022 lalu, Paus Fransiskus ikut bergembira atas kemenangan timnas Argentina di Piala Dunia.

"Pikiran terbaik kami untuk para pemenang, tapi saya mengundang Anda untuk menjalani momen ini dengan kerendahan hati. Dan mereka yang akan kalah harus menjalani momen ini dengan sukacita," ujar Paus Fransiskus mengutip Radio Moldova.

3. Paus Fransiskus kunjungi Indonesia

Kedekatan Paus Fransiskus dengan Sepak Bola, Fans MessiPotret kepemimpinan Paus Fransiskus (instagram.com/@franciscus)

Paus Fransiskus tiba di Indonesia pada Selasa (2/9/2024) untuk melakukan perjalanan apostolik. Selain Indonesia, nantinya Paus Fransiskus akan mendatangi Papua Nugini, Timor-lEste, dan Singapura.

Di Indonesia, Paus Fransiskus memiliki beberapa agenda. Termasuk pertemuan antar agama di Katedral Jakrta dan Masjid Istiqlal.

Selain itu, Paus Fransiskus akan mengikuti misa suci di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta pada 5 Septeber 2024 mendatang.

Baca Juga: [BREAKING] Paus Fransiskus Disambut Anak Berbaju Adat Papua

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya