Hasil Copa America 2024: Uruguay Hajar Panama 3-1

Dua gol tercipta pada masa injury time

Jakarta, IDN Times - Timnas Uruguay berhasil meraih tiga poin dalam laga Grup C Copa America 2024. Skuad La Celeste mampu menumbangkan Panama 3-1 dalam duel yang berlangsung di Stadion Sun Life, Senin (24/6/2024) pagi WIB.

Uruguay sudah menekan pertahanan Panama sejak awal laga. Sepanjang 15 menit pertama, ada setidaknya tiga peluang emas untuk Uruguay membuka keunggulan.

Pada menit ke-13, Ronald Araujo menyudul bola ke arah gawang, tetapi belum berhasil mencetak angka. Dua menit berselang, Araujo melepas tendangan kaki kiri dan bola melesak masuk ke pojok kanan jaring gawang. Uruguay memimpin 1-0.

Darwin Nunez juga berkali-kali mencoba menjebol gawang Uruguay. Namun, sepakan Nunes pada menit ke-20 masih mampu ditepis kiper Panama, Orlando Mosquera.

Di sisi lain, Panama tampak kesulitan melancarkan serangan. Aliran bola mereka mudah dipatahkan Uruguay. Namun demikian, beberapa kali ancaman pemain Panama berhasil membuat kiper Uruguay kelabakan.

Hingga, waktu babak pertama rampung, skor tak berubah. Uruguay unggul atas Panama 1-0 saat turun minum.

Babak kedua berlangsung alot. Kedua kesebelasan saling jual-beli serangan. Namun, tak satu pun gol berhasil diciptakan.

Panama mulai bisa keluar dari tekanan. Mereka bisa menciptakan peluang untuk menyamakan kedudukan menit 76 melalui sepakan bebas. Namun, eksekusi tak dijalankan dengan apik.

Uruguay justru bisa memperlebar keunggulan menit 85. Usai beberapa kali gagal membuat skor, Nunez kali ini berhasil mengkonversi peluang Uruguay. Sepakannya meluncur deras merobek gawang Panama. Skor 2-0, Uruguay unggul.

Memasuki tambahan waktu, Uruguay dan Panama justru tampil semakin terbuka. Uruguay memanfaatkan lini belakang lawannya yang mulai longgar untuk mencetak gol. Hasilnya, Matias Vina yang menyumbang angka.

Memanfaatkan umpan pendek dari rekan setimnya, Vina yang berada di depan gawang langsung melepas tendangan keras dan memastikan Uruguay unggul 3-0 atas Panama.

Jelang duel berakhir, Panama pecah telur. Mereka mampu memperkecil kedudukan melalui tendangan Michael Amir Murilo. 

Tak lama setelah gol Murilo, peluit panjang dibunyikan. Uruguay pun mampu menumbangkan Panama dengan skor 3-1 dalam duel kali ini.

Hasil ini membuat Uruguay untuk sementara menggeser posisi Amerika Serikat d puncak klasemen sementara Grup C Copa America 2024. Walau sama-sama meraih tiga poin, Uruguay unggul produktivitas gol sehingga bisa mengunci posisi pertama.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya