CEK FAKTA: Ada Bendera Indonesia Masuk Jersey Belanda di Euro 2024

Itu bukan bendera Indonesia, tapi bendera Polandia

Jakarta, IDN Times - Sebuah unggahan viral di TikTok menunjukkan seolah-olah bendera Indonesia ada di jersey Timnas Belanda di Euro 2024. Unggahan tersebut ditonton sebanyak 5,1 juta kali hingga Minggu (30/6/2024) malam WIB.

Unggahan tersebut mendapat 150,9 ribu like dan mendulang 1,864 komentar.

"Lagi-lagi Belanda pakai jersey yang ada bendera Indonesia," bunyi tulisan dalam video tersebut.

1. Bukan bendera Indonesia

CEK FAKTA: Ada Bendera Indonesia Masuk Jersey Belanda di Euro 2024instagram.com/virgilvandijk

Dalam unggahan video tersebut, tampak Cody Gakpo menggunakan jersey tandang Belanda berwarna biru tua. Tampak bendera Merah Putih bersanding dengan bendera Belanda.

Namun, unggahan tersebut bisa terkonfimasi tidak benar. Sebab, dalam unggahan kapten Belanda, Virgil van Dijk, bendera Belanda di jersey-nya tak bersanding dengan bendera Indonesia, tetapi dengan bendwra Polandia yang berwarna putih merah.

Baca Juga: Belanda Suram karena Virgil van Dijk Sedang Jelek

2. Kenapa ada bendera negara lain?

CEK FAKTA: Ada Bendera Indonesia Masuk Jersey Belanda di Euro 2024Potret Marcel Sabitzer saat menjebol gawang Belanda. (uefa.com).

Dilansir laman resmi UEFA, dalam pertandingan final kompetisi klub/negara, pertandingan kualifikasi tim perwakilan atau turnamen final, harus mengenakan jersey yang memuat informasi khusus pertandingan, terdiri dari tanggal pertandingan, kota lokasi pertandingan digelar dan identifikasi tim dari kedua tim yang berpartisipasi.

Identifikasi tim yang dimaksud termasuk atribut negara seperti bendera.

Informasi pertandingan yang sama juga dapat disertakan pada atasan latihan dan atau jaket, hingga lagu kebangsaan untuk pertandingan terkait.

Dalam foto yang viral, Cody Gakpo tengah membela Belanda menjalani laga kontra Polandia. Itu sebabnya, bendera Polandia bersanding dengan bendera Belanda dalam jersey-nya.

3. Perjalanan Belanda di Euro 2024

CEK FAKTA: Ada Bendera Indonesia Masuk Jersey Belanda di Euro 2024Timnas Belanda (x.com/OnsOranje)

Belanda harus mengakhiri fase grup dengan hasil minor di Euro 2024. Kekalahan mengejutkan dari Austria di matchday pamungkas babak penyisihan, membuat skuad Oranje harus puas lolos ke fase gugur sebagai salah satu dari empat peringkat tiga terbaik.

Hasil itu membuat Belanda masuk dalam bagan tak terlalu berat menuju final Euro 2024. Dalam laga 16 besar Belanda harus berhadapan dengan juara Grup E, Romania.

Jika berhasil menembus delapan besar, Belanda akan bersua dengan pemenang dari laga Austria kontra Turki. Kedua tim ini tak bisa disepelekan setelah berhasil menyelesaikan fase grup dengan apik.

Jika mampu menembus semifinal, Belanda berpeluang bersua dengan Swiss atau Inggris.

Baca Juga: Gak ke Bagan Neraka, Belanda Malah Berpotensi Jumpa Inggris

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya