Bundesliga Mau Wariskan Ilmu ke Timnas U-17

Timnas U-17 telah tiba di Jerman

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-17 telah tiba di Jerman demi melakoni pemusatan latihan (TC) menyambut Piala Dunia U-17 2023. Selama lima pekan, Timnas U-17 akan digembleng di sejumlah fasilitas milik dua klub Bundesliga, Borussia Dortmund dan Borussia Moenchengladbach.

Otoritas Bundesliga juga menjamin bakal membantu Timnas U-17 berkembang. Mereka mau mengangkat kelas Timnas U-17 agar bisa bersaing di Piala Dunia nanti.

"Sejak bertahun-tahun, akademi Bundesliga sudah melahirkan beberapa nama besar di sepak bola, mulai dari talenta lokal Jerman hingga bintang internasional," ujar Chief Marketing Officer Bundesliga Internasional, Peer Naubert, mengutip keterangan tertulis, Senin (18/9/2023).

Baca Juga: Ini Jadwal Timnas U-17 di Piala Dunia 2023, Jangan Lewatkan!

1. Ciptakan atmosfer persaingan ketat Bundesliga

Bundesliga Mau Wariskan Ilmu ke Timnas U-17Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman (Website/signal-iduna-park.de)

Selama TC di Jerman, Garuda Muda akan dilibatkan dalam enam laga uji coba. Dortmund dan Moenchengladbach sudah pasti jadi partner uji coba Timnas U-17. Sementara, lawan lainnya masih dicari.

Bundesliga menjamin uji coba yang dilakoni Timnas U-17 akan mendapatkan pengalaman yang berharga. Sebab, laga melawan tim-tim Bundesliga dipastikan ketat dan seperti berada dalam atmosfer kompetisi, hingga mampu mengembangkan kesadaran taktik serta meningkatkan kemampuan individu para pemain Timnas U-17. Pun, perkembangannya juga dipantau oleh Konsultan Timnas U-17, Frank Wortmuth.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengaku senang karena Timnas U-17 berada di tangan yang tepat. Erick merasa Timnas U-17 akan mendapat pengalaman berharga dari Jerman.

"Saya berharap program ini akan meninggalkan warisan yang kuat bagi para pemain muda Indonesia karena telah menjadi bagian dari program akademi Jerman, produsen bintang dunia," kata Erick.

2. Bundesliga sudah tancapkan kukunya di Indonesia

Bundesliga Mau Wariskan Ilmu ke Timnas U-17Timnas U-17 lawan Korea Selatan U-17. (Dok. PSSI)

TC bersama Bundesliga yang dilakukan Timnas U-17 sempat pula dijalani oleh India, Thailand, dan Vietnam. Pun, ini juga menjadi penegasan komitmen DFL dalam membantu pembinaan talenta sepak bola di Indonesia.

Hadirnya Bundesliga di sepak bola nasional, sebenarnya sudah muncul ketika Februari 2023 silam mendirikan Bundesliga Common Ground. Mereka membantu dalam renovasi lapangan latihan sepak bola atau futsal, di pemukiman demi perkembangan pembinaan.

3. Timnas U-17 memang butuh dipoles

Bundesliga Mau Wariskan Ilmu ke Timnas U-17Timnas U-17 Indonesia melawan Korea Selatan (pssi.org)

Timnas U-17 memang perlu polesan lebih dalam demi mematangkan diri jelang Piala Dunia. Karena kompetisi Elite Pro Academy yang mati suri, para pemain muda wajib mendapatkan pandangan luas terkait sepak bola di negara lain.

Sayangnya, Timnas U-17 tak akan lama-lama di Jerman. TC mereka yang awalnya digelar selama enam pekan dipersingkat. Timnas U-17 hanya akan berguru di Jerman selama lima pekan.

"Suhu di Jerman cukup dingin, 19 derajat celsius. Makanya, mereka kembali lebih awal dari sebelumnya satu menjadi dua pekan sebelum Piala Dunia U-17. Jangan sampai pemain-pemain kita mengalami kendala karena perbedaan suhu," kata Erick.

Baca Juga: Wormuth Pantau Pemain Diaspora untuk TC di Jerman Bareng Timnas

Topik:

  • Satria Permana
  • Margith Juita Damanik

Berita Terkini Lainnya