Berat Lepas Pratama Arhan, PSIS Belum Punya Pengganti Selevel 

Yoyok optimistis regenerasi di tubuh PSIS berjalan baik

Jakarta, IDN Times - CEO PSIS, Yoyok Sukawi menyiratkan rasa yang cukup berat melepas Pratama Arhan ke Liga Jepang. Bukan tak mendukung, hal itu lebih karena Laskar Mahesa Jenar belum memiliki pengganti sepadan pemain berusia 20 tahun itu. 

Sebagaimana diketahui, Arhan sendiri resmi diangkut Tokyo Verdy pada 16 Februari 2022. Dia didatangkan Tokyo Verdy dari PSIS dengan status bebas transfer. 

"Untuk pengganti Arhan memang kalau gantinya punya kualitas seperti dia belum ada," ujar sosok yang akrab disapa Yoyok ini dalam konferensi pers di kantor PSSI, Jakarta pada Jumat (4/3/2022).

1. Punya stok pemain muda gantikan Arhan

Berat Lepas Pratama Arhan, PSIS Belum Punya Pengganti Selevel Pratama Arhan siap berangkat ke Jepang untuk perkuat Tokyo Verdy (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Yoyok mengakui, walaupun PSIS belum menemukan suksesor Arhan, hal itu tampaknya tak membuat PSIS khawatir dan menahan keinginan Arhan untuk hengkang. Apalagi dia menilai jika regenerasi pemain di skuad PSIS berjalan baik. 

"Anak-anak muda kami sudah banyak yang siap untuk bisa mengejar prestasi Arhan," ujar Yoyok dengan nada optimistis saat berbicara di depan awak media. 

Baca Juga: Pratama Arhan Diminati Banyak Klub, Kenapa Pilih Tokyo Verdy?

2. PSIS beri kesempatan pemain muda tampil lebih banyak

Berat Lepas Pratama Arhan, PSIS Belum Punya Pengganti Selevel CEO PSIS Semarang, S. Sukawijaya dalam konferensi pers pemberangkatan Pratama Arhan ke Tokyo Verdy (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Yoyok tak menampik, keberhasilan PSIS membina Arhan tak lepas dari penerapan program Elite Pro Academy (EPA) Liga U-16, U-18, dan U-20 yang digelar di Liga 1. DIa menyiratkan jika hal itu membantu klubnya mendapatkan pemain muda bertalenta. 

PSIS pun diklaim tak sungkan memberikan menit bermain lebih banyak bagi pemain mudanya yang memang dianggap layak berkompetisi di level senior. Pratama Arhan jadi salah satunya buktinya.

"Kami berani memainkan mereka di level senior. Saat sudah bermain beberapa kali, mental bisa terbangun," ujar Yoyok.

3. Pratama Arhan berangkat pekan depan

Berat Lepas Pratama Arhan, PSIS Belum Punya Pengganti Selevel Pratama Arhan siap berangkat ke Jepang untuk perkuat Tokyo Verdy (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Pratama Arhan sendiri sedang dalam masa persiapan menuju waktu penerbangannya ke Tokyo. Dokumen pengurusan visa Arhan sudah siap. Dia diprediksi akan bertolak ke Jepang sekitar enam sampai tujuh hari lagi.

Namun demikian, setelah tiba di Tokyo, Pratama Arhan tak bisa langsung bergabung dengan skuad Tokyo Verdy. Sesuai dengan kebijakan pemerintah setempat, dia nantinya harus lebih dulu menjalani karantina selama tiga hari setibanya di Jepang.

Baca Juga: Chofu, Tempat Tinggal Baru Pratama Arhan yang Bikin Ingat Samurai X

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya