Belanda vs Rumania: Ancaman Kuda Hitam Belum Usai

Belanda gak boleh lengah lawan Rumania

Jakarta, IDN Times - Babak 16 besar Euro 2024 menyisakan dua laga lagi. Salah satunya akan melibatkan Rumania dan Belanda di Allianz Arena, Selasa malam WIB (2/7/2024).

Tentu, secara pengalaman dan kemewahan skuad, Belanda diunggulkan. Tapi, Rumania tak bisa dianggap remeh. Mereka sudah menjelma dari tim terburuk di Euro, menjadi kuda hitam yang patut diperhitungkan.

1. Rumania berbahaya di fase grup

Belanda vs Rumania: Ancaman Kuda Hitam Belum UsaiPara pemain Rumania merayakan gol ke gawang Ukraina pada matchday 1 Grup E Euro 2024. (uefa.com)

Siapa yang menyangka Rumania bisa tembus fase gugur. Bahkan, mereka meraih tiket ke fase gugur dengan status juara Grup E.

Kian menarik, karena Rumania sukses lolos ke fase gugur setelah mampu mengalahkan Ukraina dan mengimbangi Slovakia. Hanya Belgia yang tak bisa mereka kalahkan.

Namun, Rumania berhak atas status juara grup karena unggul dalam urusan selisih gol, meski mengoleksi empat poin, sama dengan Belgia, Slovakia, dan Ukraina.

Baca Juga: Imbang Kontra Slovakia, Rumania Jadi Juara Grup E

2. Belanda dominan secara head to head

Belanda vs Rumania: Ancaman Kuda Hitam Belum UsaiTimnas Belanda (x.com/OnsOranje)

Nah, menarik untuk dinantikan apakah kejutan dari Rumania akan kembali terjadi di laga nanti. Mengingat, mereka punya rekor buruk melawan Belanda.

Berdasarkan catatan head to head, Belanda dominan atas Rumania. Dari 14 pertemuan, Belanda berhasil meraih 10 kemenangan. Hanya sekali Rumania bisa menang dan sisanya imbang.

3. Belanda gak mau jemawa

Belanda vs Rumania: Ancaman Kuda Hitam Belum Usaionsoranje.nl

Belanda memasang kewaspadaan tinggi jelang duel melawan Rumania. Kapten Belanda, Virgil van Dijk, mengakui timnya terlalu sombong. Saat main di Euro 2024, Van Dijk menyatakan Belanda terlalu percaya diri bisa lolos ke fase gugur dengan mudah.

Faktanya, mereka malah harus lolos ke fase gugur lewat jalur peringkat tiga terbaik. Itu terjadi usai Belanda kalah dari Austria di partai pamungkas penyisihan Grup D.

"Mungkin kami terlalu sombong. Kami sekarang harus lebih membumi dan tak merendahkan orang lain. Kami tak mau komentari lawan, enggan meremehkan mereka," ujar Van Dijk dilansir situs resmi UEFA.

Baca Juga: CEK FAKTA: Ada Bendera Indonesia Masuk Jersey Belanda di Euro 2024

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya