Arda Guler Samai Rekor Ronaldo Usai Turki Bekap Austria

Jadi aktor penting kemenangan Turki atas Austria

Intinya Sih...

  • Turki melaju ke perempat final Euro 2024 setelah mengalahkan Austria 2-1.
  • Arda Guler mencetak rekor baru dengan gol dan assist di satu edisi Euro, menyamai pencapaian Cristiano Ronaldo.
  • Guler menjadi pemain muda ketiga yang mencatatkan gol dan assist di satu edisi Euro, setelah Ronaldo dan Wayne Rooney.

Jakarta, IDN Times - Keberhasilan Turki melaju ke perempat final Euro 2024 usai mengalahkan Austria 2-1 pada Rabu (3/7/2024) dini hari WIB, diwarnai pula oleh catatan pribadi Arda Guler. Berkat penampilan impresifnya, Guler berhasil menorehkan rekor baru.

Pemuda 19 tahun tersebut memang menjadi salah satu aktor utama kemenangan Turki. Eksekusi sepak pojoknya, menciptakan kemelut di depan gawang Austria, hingga Merih Demiral sukses mencetak gol saat laga baru berusia 57 detik.

Kemudian, pada menit 59, Demiral menjebol gawang Austria lewat tandukannya, memanfaatkan umpan dari Guler. Dari sini, Guler akhirnya mampu mencetak rekor pribadi yang sama dengan Cristiano Ronaldo.

Baca Juga: 8 Tim yang Lolos ke Perempat Final Euro 2024

1. Guler sejajar Ronaldo

Arda Guler Samai Rekor Ronaldo Usai Turki Bekap AustriaWinger Turki, Arda Guler, usai cetak gol ke gawang Georgia (X @EURO2024)

Assist yang diberikan Guler ternyata membuatnya sejajar dengan Ronaldo. Sebab, dilansir Opta, dengan catatan itu, Guler menjadi pemain muda yang mampu mencetak gol dan assist di satu edisi Euro.

Guler menjadi sensasi di Euro 2024 setelah mencetak gol indah di laga pembuka penyisihan Grup F, lewat sepakan jarak jauhnya. Lewat gol itu, Turki menang dengan skor 3-1.

2. Tak hanya rekor Ronaldo

Arda Guler Samai Rekor Ronaldo Usai Turki Bekap AustriaWayne Rooney (uefa.com)

Pada Euro 2004 lalu, Ronaldo bukan satu-satunya pemain muda yang berhasil mencetak gol dan menciptakan assist di satu edisi. Opta mencatat Guler menjadi remaja ketiga yang membukukan rekor tersebut.

Satu pemain lainnya yang punya catatan rekor yang sama adalah legenda Manchester United, Wayne Rooney.

Baca Juga: Turki Cetak Rekor Baru di Fase Gugur Euro 2024

3. Dibantu Demiral

Arda Guler Samai Rekor Ronaldo Usai Turki Bekap AustriaArda Güler (uefa.com)

Guler mengaku puas dengan assist yang dicetaknya. Namun, dia merasa torehan itu tak bisa tercipta jika Demiral tampil di bawah performa terbaik. Tandukannya yang menyambut umpan dari sepak pojok, begitu dikagumi Guler.

"Merih Demiral mencetak dua gol indah. Dia melakukannya dengan cantik untuk yang kedua. Saya sangat senang bisa mengirimkan umpan kepadanya dari sepak pojok, sekaligus jadi assist pertama. Tapi, yang paling penting tim menang. Saya sangat senang bisa berkontribusi," kata Guler dilansir situs resmi UEFA.

Baca Juga: Ledakan Arda Guler dan Motivasi dari Ancelotti

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya