4 Fakta Belanda vs Prancis, Perdana Tanpa Gol di Euro 2024

Singkirkan Polandia dari persaingan ke 16 besar

Intinya Sih...

  • Pertandingan Belanda vs Prancis berakhir tanpa gol, menjadi laga pertama Euro 2024 yang skornya kacamata.
  • Xavi Simons mencetak gol untuk Belanda, namun dianulir karena offside, kontroversi dan sorotan warganet pun muncul.
  • Hasil pertandingan ini memastikan Polandia menjadi tim pertama yang tersingkir dari persaingan ke 16 besar Euro 2024.

Jakarta, IDN Times - Duel Belanda kontra Prancis berakhir tanpa gol. Pertandingan ini terjadi pada pertandingan kedua babak penyisihan Grup D Euro 2024 di Red Bull Arena, Leipzig, Jerman, pada Sabtu (22/6/2024) dini hari WIB.

Pertandingan berlangsung sengit sejak babak pertama. Agresif menyerang, permainan Prancis seolah sia-sia dengan banyaknya peluang yang terbuang tanpa menghasilkan angka. Berikut selengkapnya fakta Belanda vs Prancis di Euro 2024.

1. Laga perdana tanpa gol di Euro 2024

4 Fakta Belanda vs Prancis, Perdana Tanpa Gol di Euro 2024Antoine Griezmann (instagram.com/antoinegriezmann)

Pertandingan Belanda kontra Prancis tercatat jadi laga pertama yang berakhir tanpa gol sepanjang Euro 2024. Sejak dibuka pada 15 Juni 2024 lalu, tiap pertandingan Euro 2024 selalu menghasilkan gol. Beberapa laga memang berakhir imbang, tetapi tetap terjadi gol.

Ini seperti yang terjadi kepada Slovenia vs Denmark (1-1), Kroasia vs Albania (2-2), dan Skotlandia vs Swiss (1-1). Begitu pun dengan Slovenia vs Serbia (1-1) dan Denmark vs Inggris (1-1). Baru laga Belanda kontra Prancis yang berujung dengan skor kacamata.

2. Kontroversi gol Xavi Simons yang dianulir

4 Fakta Belanda vs Prancis, Perdana Tanpa Gol di Euro 2024Xavi Simons (instagram.com/xavisimons)

Xavi Simons sempat memecahkan kebuntuan Belanda kontra Prancis. Pada menit ke-69, Simons melepas tendangan lurus. Bola kemudian merobek gawang Prancis.

Sayangnya, wasit memutuskan untuk menganulir gol tersebut. Ia menganggap Denzel Dumfries dalam posisi offside. Keputusan wasit itu kemudian menjadi kontroversi dengan mendapat sorotan dari warganet.

Baca Juga: Gol Dianulir, Belanda vs Prancis Berakhir Skor Kacamata

3. Prancis tanpa Kylian Mbappe

4 Fakta Belanda vs Prancis, Perdana Tanpa Gol di Euro 2024Kylian Mbappe pakai topeng di Euro 2024. (x.com/equipedefrance)

Prancis berlaga tanpa megabintang mereka, Kylian Mbappe. Insiden berdarah saat melawan Austria lalu membuat Mbappe mengalami patah hidung dan tak dimainkan sepanjang laga. Padahal, Mbappe sendiri berada di kursi cadangan.

Mbappe juga dipastikan tak perlu melakukan operasi dalam waktu dekat. Ia bakal bertanding menggunakan topeng untuk melindungi hidungnya. Catatan menarik pun ditorehkan Prancis. Opta menyebut, sebelum laga kontra Belanda, skuad Prancis tak pernah memenangkan laga yang tak memasang Mbappe sebagai starternya.

4. Singkirkan Polandia dari pertarungan ke 16 besar

4 Fakta Belanda vs Prancis, Perdana Tanpa Gol di Euro 2024Robert Lewandowski (twitter.com/EURO2024)

Hasil pertandingan ini juga memastikan Polandia menjadi tim pertama yang harus angkat kaki dari persaingan ke 16 besar Euro 2024. Posisi Polandia yang menjadi juru kunci Grup D memastikan mereka tidak akan lolos ke babak gugur. Mereka tetap harus pulang meski memenangkan laga terakhir melawan Prancis pada 25 Juni 2024 mendatang.

Robert Lewandowski dan kawan-kawan terpaksa hengkang dari Euro 2024 usai laga terakhir mereka pekan depan. Dua kekalahan telah merenggut kesempatan mereka melaju jauh. Polandia jadi menelan fakta tanpa mengantongi poin pada awal perjalanan mereka.

Sejauh ini, baru ada dua negara yang mengunci tiket ke 16 besar Euro 2024. Mereka adalah tuan rumah, Jerman, dan Spanyol. Sisanya masih berusaha memastikan tempat ke babak gugur.

Baca Juga: Polandia Jadi Tim Pertama yang Angkat Koper dari Euro 2024

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya