3 Fakta Argentina Usai Tembus Semifinal Copa America 2024

Tim pertama ke semifinal Copa America 2024

Jakarta, IDN Times - Argentina melaju ke semifinal Copa America 2024 usai menang adu penalti melawan Ekuador pada Jumat (5/7/2024). Tertahan imbang 1-1 dalam laga 90 menit, Argentina mengunci kemenangan 4-2 dalam babak tos-tosan.

Atas hasil ini, Argentina menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal Copa America 2024. Jalan mereka untuk mempertahankan gelar masih berada di jalur yang tepat.

1. Argentina cuma kalah sekali lawan tim CONMEBOL sejak 2020

3 Fakta Argentina Usai Tembus Semifinal Copa America 2024Timnas Argentina (X.com/Argentina)

Argentina memiliki rekor mengerikan saat harus jumpa tim sesama CONMEBOL. Mereka baru sekali kalah sejak 2020 silam saat jumpa tim CONMEBOL.

Ekuador menjadi yang teranyar dibekuk oleh Argentina. Lewat adu penalti, mereka mampu memulangkan Ekuador dan menembus semifinal Copa America 2024.

Baca Juga: Messi Gagal Penalti, Argentina Tembus Semifinal Copa America

2. Messi belum pecah telur, gagal penalti pula

3 Fakta Argentina Usai Tembus Semifinal Copa America 2024Lionel Messi membela timnas Argentina di perempat final Copa America 2024(X.com/Argentina)

Messi kembali jadi sorotan di laga kontra Ekuador. Bukan karena performa, tapi atas fakta belum bisa cetak gol hingga perempat final.

Semakin miris ketika melihat fakta Messi gagal eksekusi penalti. Pada masa tos-tosan, Messi hendak melepaskan tendangan ala Panenka. Namun, upayanya gagal karena bola malah membentur mistar gawang.

3. Emiliano Martinez jagoan penalti

3 Fakta Argentina Usai Tembus Semifinal Copa America 2024Emiliano Martinez membela timnas Argentina di perempat final Copa America 2024(X.com/Argentina)

Saat Messi jadi pesakitan, Emilliano Martinez kembali membuktikan diri sebagai jagoan penalti. Dalam duel kontra Ekuador, Dibu (sapaannya) berhasil menepis dua eksekutor Ekuador, Alan Minda dan Angel Mina.

Aksi Martinez ini menegaskan statistik bagusnya kala menghadapi penalti. Kini, dia menjadi kiper dengan rasio penyelamatan tertinggi dalam adu penalti, mencapai 50 persen. Dia sudah menghadapi 24 penalti sepanjang karier bersama Argentina.

Sebanyak 12 penalti gagal masuk ke gawangnya, dengan penyelamatan sembilan kali, dua membentur mistar/tiang, dan satu kali gagal.

Melansir Opta, Argentina belum pernah kalah dalam adu penalti selama memasang Martinez di bawah mistar gawang. Termasuk saat melawan Kolombia pada Copa America 2021 lalu dan dua laga Piala Dunia 2022 melawan Belanda dan Prancis.

Baca Juga: Rute Mudah Argentina dan Jalan Terjal Brasil di Copa America 2024

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya