Rapor Timnas Inggris di Seluruh Partai Final

Inggris belum pernah juara Euro #EURO2024

Inggris kembali masuk ke final Euro setelah edisi 2020. The Three Lions memastikan diri melaju ke final Euro 2024 karena menang dramatis dari Belanda dengan skor 2-1 di Signal Iduna Park, Kamis (11/7/2024) dini hari WIB.

Final ini tentu bisa menjadi penebusan Inggris setelah gagal juara pada 2021. Pada final Euro 2020 yang berlangsung pada 2021, Inggris harus mengakui keunggulan Italia lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1 di Wembley Stadium.

Menurut statistik, perjalanan The Three Lions pada partai final masih jauh dari kata memuaskan. Berikut ulasan kiprah Inggris di seluruh partai final yang pernah mereka ikuti.

1. Gol kontroversial membantu Inggris juara Piala Dunia 1966

Rapor Timnas Inggris di Seluruh Partai FinalInggris menjuarai Piala Dunia 1966. (fifa.com)

Tahun 1966 menjadi momen bersejarah bagi Timnas Inggris. Bertindak sebagai tuan rumah, mereka berhasil melaju mulus sampai ke partai puncak Piala Dunia untuk pertama kalinya. Diperkuat legenda sepak bola seperti Gordon Banks, Bobby Charlton, dan Bobby Moore, The Three Lions tampil impresif sejak awal turnamen.

Kemenangan demi kemenangan diraih dengan relatif mudah. Puncaknya, The Three Lions harus menghadapi raksasa sepak bola Eropa saat itu, Jerman Barat, pada partai final yang berlangsung di Stadion Wembley, London. Pertandingan berlangsung sengit dan skor imbang 2-2 bertahan hingga akhir waktu normal.

Gol kemenangan Geoff Hurst pada babak tambahan menimbulkan kontroversi. Banyak pihak menilai, bola tembakan Hurst belum sepenuhnya masuk. Bola hanya menyentuh garis gawang sebelum akhirnya keluar setelah mengenai mistar. Gol hantu ini membawa Inggris unggul 3-2 dan akhirnya menutup pertandingan dengan skor 4-2 atas Jerman Barat.

Baca Juga: 6 Pemain Kelahiran London yang Bawa Inggris ke Final Euro 2024

2. Inggris gagal meraih juara Euro 2020 setelah kalah adu penalti dari Italia

Rapor Timnas Inggris di Seluruh Partai FinalLeonardo Bonucci mencetak gol penyeimbang dan menggagalkan kemenangan Inggris. (uefa.com)

Setelah penantian panjang selama 54 tahun, Timnas Inggris akhirnya kembali merasakan partai final. Perjalanan The Three Lions terbilang impresif. Mereka menumbangkan tim-tim kuat seperti Jerman dan Denmark. Italia menjadi lawan yang harus mereka dihadapi pada partai puncak. Saat itu, final sendiri berlangsung di Wembley Stadium, London, Inggris.

Bermain di hadapan publik sendiri, Inggris tampil percaya diri. Pertandingan berlangsung alot. Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak tambahan. Namun, saat adu penalti, harapan Inggris untuk mengangkat juara pupus. Kiper Italia, Gianluigi Donnarumma, tampil heroik dengan menggagalkan tiga eksekutor Inggris. Italia pun juara dengan skor 3-2.

Kekecewaan mewarnai Wembley Stadium. Para pemain dan suporter Inggris tertunduk lesu. Mimpi besar meraih gelar juara Eropa pertama mereka kandas di tangan Italia. Kekalahan di kandang sendiri makin menambah pahit atas kegagalan ini. Kritik pedas dan hujatan tak henti-hentinya mereka terima atas hasil yang mengecewakan ini.

3. Timnas Perempuan Inggris juara Euro 2022, tetapi gagal di Piala Dunia Perempuan 2023

Rapor Timnas Inggris di Seluruh Partai FinalKesedihan timnas wanita Inggris setelah gagal memenangkan pertandingan. (instagram.com/lionesses)

Tak hanya di sektor laki-laki, Inggris pun menunjukkan kekuatannya dalam sepak bola perempuan. Hal ini dibuktikan dengan pencapaian gemilang Timnas Perempuan Inggris yang berhasil melaju hingga ke final Euro 2022 dan Piala Dunia 2023. Penampilan impresif Lionesses di kedua turnamen bergengsi ini menjadi bukti nyata kekuatan sepak bola perempuan Inggris.

Di bawah asuhan Sarina Wiegman, Timnas Inggris mengawali hasil impresif dengan meraih gelar juara Euro 2022. Pada partai puncak, Lionesses berhasil mengalahkan Jerman dengan skor tipis 2-1. Kemenangan ini diraih dengan kerja keras setelah harus bermain hingga babak tambahan. Gelar ini menjadi gelar juara pertama mereka di Euro.

Euforia Euro 2022 tampaknya tak berhenti di situ. Timnas Inggris melaju mulus hingga ke final Piala Dunia Perempuan 2023. Pada semifinal, mereka berhasil mengalahkan salah satu tim kuat, Australia. Namun, pada partai puncak, mimpi mereka untuk meraih gelar juara dunia pertama harus pupus. Lionesses takluk dengan skor tipis 0-1 dari Spanyol.

Kini, tekanan ada di pundak timnas laki-laki. Final Euro 2024 akan menjadi partai puncak kedua bagi Timnas Inggris selama mengikuti turnamen ini. Para penggemar berharap besar untuk melihat The Three Lions mengangkat trofi juara Euro untuk pertama kalinya. Menarik untuk melihat kiprah Inggris pada pertandingan final mendatang pada Senin (15/7/2024).

Baca Juga: 3 Kemenangan Inggris atas Spanyol di Kompetisi Antarnegara Eropa

Muhamad Luthfi Maruf Photo Verified Writer Muhamad Luthfi Maruf

COYG

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya