Rapor Seluruh Pemain Feyenoord yang Mewarnai Euro 2024

Sebagai besar pemain pelapis #EURO2024

Intinya Sih...

  • Feyenoord finis sebagai runner-up Eredivisie Belanda karena tertinggal enam poin dari PSV Eindhoven.
  • Justin Bijlow tidak mendapatkan kesempatan bermain di Euro 2024 meskipun impresif bersama Feyenoord.
  • Lutsharel Geertruida tampil cukup sering bersama Belanda dengan 107 menit bermain dan performa yang meyakinkan.

Feyenoord gagal mempertahankan gelar juara Eredivisie Belanda pada 2023/2024. Mereka finis sebagai runner-up karena tertinggal enam poin dari pemuncak klasemen, PSV Eindhoven. Meskipun begitu, mereka patut berbangga setelah berhasil mengirimkan tujuh pemain ke Euro 2024.

Ketujuh pemain tersebut mendapatkan kesempatan membela tanah kelahiran. Penampilan mereka bersama tim nasionalnya pun beragam. Ada yang tampil impresif dan menjadi pemain kunci, ada pula yang hanya menjadi pelapis. Berikut rapor seluruh pemain Feyenoord yang mewarnai Euro 2024.

1. Justin Bijlow harus rela menjadi kiper kedua setelah Ronald Koeman tidak memilihnya

Rapor Seluruh Pemain Feyenoord yang Mewarnai Euro 2024Justin Bijlow (instagram.com/justinbijlow)

Justin Bijlow harus rela duduk di bangku cadangan Timnas Belanda. Ronald Koeman, pelatih Belanda, lebih memilih kiper muda Brighton & Hove Albion, Bart Verbruggen, untuk menjaga gawang De Oranje. Meskipun impresif bersama Feyenoord dengan mengemas 8 nirbobol dalam 1.464 menit bermain, Bijlow tidak mencatatkan satu pun penampilan di Euro 2024.

2. David Hancko berperan sebagai bek kiri meskipun berposisi asli bek tengah

Rapor Seluruh Pemain Feyenoord yang Mewarnai Euro 2024David Hancko (instagram.com/davidhancko)

David Hancko tampil solid dan tak tergantikan di lini pertahanan Slovakia. Meskipun berposisi asli bek tengah, Hancko dimainkan di posisi bek kiri selama Euro 2024. Kemampuannya dalam mengawal lini belakang Slovakia patut diacungi jempol. Namun, perjalanan Slovakia terhenti pada babak 16 besar setelah kalah tipis 1-2 dari Inggris akibat gol Harry Kane pada babak tambahan.

3. Gernot Trauner gagal membawa Austria lolos ke fase gugur Euro 2024

Rapor Seluruh Pemain Feyenoord yang Mewarnai Euro 2024Gernot Trauner (instagram.com/gernot_trauner)

Berstatus kapten Feyenoord, Gernot Trauner tidak mudah mendapatkan tempat di Timnas Austria. Ia hanya tampil 2 kali dari 3 pertandingan Austria di Euro 2024. Meski begitu, Trauner berhasil mencetak satu gol melalui sundulan. Gol tersebut membuka kemenangan 3-0 atas Polandia pada fase grup. Sayangnya, Austria gagal lolos ke fase gugur karena finis ketiga di klasemen akhir grup.

Baca Juga: 3 Pemain Udinese 2023/2024 yang Meramaikan Euro 2024

4. Lutsharel Geertruida cukup menyakinkan untuk pelapis di sektor bek kanan

Rapor Seluruh Pemain Feyenoord yang Mewarnai Euro 2024Lutsharel Geertruida (instagram.com/lutsharelgeertruida)

Berbeda dengan Bijlow yang minim bermain, Lutsharel Geertruida tampil cukup sering bersama Belanda. Jebolan akademi Feyenoord ini mengoleksi 107 menit bermain dan cukup meyakinkan. Dilansir Fotmob, Geertruida mencatatkan 75 persen takel sukses dan 93 persen umpan akurat. Kehadirannya memberikan opsi bagi pelatih Belanda, Ronald Koeman, di sektor bek kanan

5. Luka Ivanusec hanya bermain di laga pemungkas kontra Italia

Rapor Seluruh Pemain Feyenoord yang Mewarnai Euro 2024Luka Ivanusec (instagram.com/lukaivanusec)

Luka Ivanusec, rekrutan anyar dari Dinamo Zagreb ini hanya bermain singkat bersama timnas Kroasia. Ia hanya tampil selama 20 menit di laga pemungkas kontra Italia. Minimnya kesempatan membuat Ivanusec belum mampu menunjukkan performa terbaiknya. Ivanusec membutuhkan waktu adaptasi dan jam terbang lebih banyak untuk bisa bersinar bersama Timnas Kroasia.

6. Ondrej Lingr menghabiskan sebagian besar waktunya di bangku cadangan

Rapor Seluruh Pemain Feyenoord yang Mewarnai Euro 2024Ondrej Lingr (instagram.com/feyenoord)

Ondrej Lingr menjalani Euro 2024 sebagai pemain pelapis di Timnas Ceko. Sebagian besar waktunya dihabiskan di bangku cadangan. Ia hanya diturunkan pada babak kedua untuk memberikan penyegaran. Minimnya menit bermain membuat Lingr tidak terlalu menonjol, padahal posisinya sebagai gelandang serang yang identik dengan menciptakan peluang dan mencetak gol.

7. Leo Sauer menjadi pemain termuda di skuad Slovakia untuk Euro 2024

Rapor Seluruh Pemain Feyenoord yang Mewarnai Euro 2024Leo Sauer (instagram.com/_leo_sauer)

Leo Sauer tercatat sebagai pemain termuda di skuad Slovakia untuk Euro 2024. Ia dipanggil karena kemampuannya. Pada usianya yang baru menginjak 18 tahun, Sauer menunjukkan peforma mengesankan pada musim perdananya di Eredivisie 2023/2024.Debutnya terbilang sukses, ia menorehkan 2 gol dan 4 assist dalam 262 menit bermain.

Sayangnya, di Euro 2024, Sauer hanya mendapatkan kesempatan bermain selama 4 menit. Durasi ini terbilang singkat mengingat potensinya yang menjanjikan. Francesco Calzona, pelatih Slovakia, tidak mau mengambil risiko dan lebih mengandalkan pemain yang berpengalaman, seperti Lukas Haraslin.

Ketujuh pemain Feyenoord di atas memiliki peran beragam bagi timnasnya masing-masing. Namun, sebagian besar hanya berperan sebagai pemain pelapis. Kurangnya pengalaman menjadi salah satu faktor kenapa mereka terpinggirkan. Mereka perlu bekerja keras untuk mendapatkan tempat di turnamen selanjutnya.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Austria Selama Euro 2024

Muhamad Luthfi Maruf Photo Verified Writer Muhamad Luthfi Maruf

COYG

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya