5 Pemain U-21 yang Siap Bersinar Bersama Turki di Euro 2024

Turki banyak diperkuat pemain muda #EURO2024

Intinya Sih...

  • Timnas Turki juara grup kualifikasi Euro 2024 dengan 5 kemenangan dan hanya 7 kebobolan
  • Skuad berusia rata-rata 25,8 tahun dengan banyak pemain muda potensial di bawah 23 tahun
  • Ahmetcan Kaplan, Bertug Yildirim, Kenan Yildiz, Arda Guler, dan Semih Kilicsoy menjadi andalan Timnas Turki di Euro 2024

Timnas Turki patut diperhitungkan sebagai kekuatan baru di Euro 2024. Di bawah asuhan Vincenzo Montella, mereka tampil gemilang pada babak kualifikasi, mengungguli Kroasia, Wales, Armenia, dan Latvia. Turki menjadi juara grup dengan mudah. Meraka meraih 5 kemenangan dengan hanya 7 kebobolan sepanjang kualifikasi.

Memiliki skuad berusia rata-rata 25,8 tahun, Montella sukses meramu skuadnya menjadi tim yang solid. Munculnya banyak pemain muda potensial menambah kekuatan Turki di tiap lininya. Dari sekian banyak pemain muda yang dimiliki Turki, terdapat sejumlah pemain berusia 21 tahun atau lebih muda.

Berikut lima pemain U-21 yang siap bersinar bersama Turki di Euro 2024.

1. Ahmetcan Kaplan (21 tahun) mulai tampil reguler sejak debutnya pada Februari 2024

5 Pemain U-21 yang Siap Bersinar Bersama Turki di Euro 2024Ahmetcan Kaplan (instagram.com/ahmetcannkaplan)

Ahmetcan Kaplan merupakan nama baru di tim senior Turki di Euro 2024. Jebolan akademi Trabzonspor ini menarik minat Vincenzo Montella setelah tampil apik bersama Ajax Amsterdam. Momen gemilang Kaplan saat melawan AZ Alkmaar, Minggu (25/2/2024), menjadi titik balik kariernya bersama Ajax.

Sejak saat itu, Kaplan tidak tergantikan dan selalu tampil sebagai pemain utama. Bersama Ajax, ia mencatatkan 80 kali kemenangan duel, 44 kali duel udara sukses, dan 70 persen tekel sukses dalam 11 pertandingan terakhir. Statistik impresif tersebut membuat Vincenzo Montella terpikat dan membawanya ke Euro 2024.

Namun, perjalanan Kaplan di Timnas Turki tidak akan mudah. Ia harus bersaing ketat dengan bek-bek berpengalaman untuk mendapatkan tempat utama di line-up. Mampukah Kaplan menjalani debutnya bersama Turki? Menarik untuk dinantikan perjalanan Ahmetcan Kaplan selanjutnya.

2. Bertug Yildirim (21 tahun) memiliki menit bermain yang banyak di Stade Rennais

5 Pemain U-21 yang Siap Bersinar Bersama Turki di Euro 2024Bertug Yildirim (instagram.com/bertugyildirim99)

Berstatus sebagai penyerang muda, Bertug Yildirim tampil cukup rutin bersama Stade Rennais pada 2023/2024. Yildirim merupakan pemain baru yang didatangkan dari Hatayspor dengan bandrol Rp 93,8 miliar pada musim panas 2023. Meskipun jarang bermain sejak awal, ia sering kali diberikan kesempatan tampil dari bangku cadangan.

Bermain selama 1.017 menit dalam 31 pertandingan di seluruh kompetisi, Yildirim berhasil menorehkan 2 gol dan 2 assist. Catatan ini terbilang impresif untuk pemain pengganti. Meski catatan golnya di klub tidak spesial, Yıldırım menunjukkan ketajamannya di level internasional bersama Turki.

Memulai debutnya bersama Turki U-21 pada 2022, Yildirim berhasil menjadi mesin gol berbahaya bagi lawan. Dalam 11 pertandingan, ia mencetak 7 gol bersama Turki U-21. Penampilan gemilangnya di tim muda menarik perhatian tim senior. Luar biasanya, dalam 3 pertandingan, ia sudah berhasil mencetak 2 gol.

Baca Juga: Alasan Turki vs Georgia Disebut Laga Terbaik pada Matchday 1 Euro 2024

3. Kenan Yildiz (19 tahun) menunjukkan kualitasnya sejak promosi dari Juventus U-23

5 Pemain U-21 yang Siap Bersinar Bersama Turki di Euro 2024Kenan Yildiz (instagram.com/kenanyildiz_official)

Penyerang kelahiran Regensburg, Jerman, ini menjadi sensasi baru di kalangan penggemar Juventus. Pada usianya yang baru menginjak 19 tahun, Yildiz telah menjadi salah satu pilar penting bagi La Vecchia Signora pada 2023/2024. Banyak pengamat menilai, Yildiz merupakan salah satu bintang muda potensial yang dimiliki Turki.

Pemain yang baru diorbitkan dari Juventus U-23 ini langsung menunjukan kualitasnya pada musim perdana di tim senior. Yildiz bahkan dipercaya beberapa kali tampil sebagai starter di lini depan Juventus. Dari 27 pertandingan yang dimainkan, ia berhasil mencetak 2 gol dan 1 assist bersama di Serie A Italia.

Tak hanya di level klub, Yildiz juga menunjukkan performa impresif saat membela Timnas Turki. Meski usianya masih belia, kontribusinya bagi tim senior Turki patut diacungi jempol. Dari 8 penampilannya, ia berhasil mencetak 1 gol dan 2 assist. Tak heran banyak pengamat yang menaruh harapan besar kepada Yildiz pada masa depan.

4. Arda Guler (19 tahun) mulai mendapatkan menit bermain setelah dihantam cedera

5 Pemain U-21 yang Siap Bersinar Bersama Turki di Euro 2024Arda Guler (instagram.com/realmadrid)

Nama Arda Guler cukup terkenal di kalangan pencinta sepak bola di seluruh dunia. Gelandang muda yang diboyong dari Fenerbahce pada musim panas 2023 ini langsung menunjukkan kualitasnya. Meski pada awal musim sempat dilanda cedera, Guler berhasil menarik perhatian Carlo Ancelotti dan mendapatkan kesempatan bermain bersama Real Madrid.

Bermain sebagai gelandang serang yang kreatif dan lincah, Guler dikaruniai visi tajam dan operan yang terukur. Hal ini menjadikannya aset berharga Los Blancos. Meski hanya bermain selama 440 menit dalam 12 pertandingan di seluruh kompetisi, Guler secara impresif mampu mencetak 6 gol untuk Real Madrid.

Penampilan gemilangnya bersama Los Blancos menarik perhatian pelatih Timnas Turki, Vincenzo Montella. Pada usianya yang masih muda, Guler menjadi salah satu pemain muda yang paling dinanti aksinya. Kehadirannya diharapkan mampu memberikan hasil terbaik bagi Timnas Turki di Euro 2024.

5. Semih Kilicsoy (18 tahun) diminati tim-tim besar setelah tampil impresif bersama Besiktas

5 Pemain U-21 yang Siap Bersinar Bersama Turki di Euro 2024Semih Kilicsoy (instagram.com/semihkilicsoy9)

Penampilan gemilang Semih Kilicsoy pada musim ini membuatnya menjadi buruan tim besar Eropa. Arsenal, Manchester City, dan Tottenham Hotspur dikabarkan tertarik untuk merekrut striker jebolan akademi Besiktas ini. Kilicsoy terkenal dengan kecepatan, dribel yang luar biasa, dan ketajamannya di area penalti lawan.

Kemampuannya tersebut dibuktikan dengan torehan 13 gol dan 2 assist dalam 35 pertandingan di seluruh kompetisi bersama Besiktas. Statistik impresif ini juga mengantarkannya ke Timnas Turki. Kehadirannya diharapkan dapat membantu ketajaman lini depan Timnas Turki di Euro 2024.

Kemampuan Kilicsoy tak hanya bersinar di level klub. Sejak kelompok usia U-15, ia selalu menjadi pilihan utama di lini depan Turki. Dari 29 pertandingan bersama Turki U-15 sampai U-21, Kilicsoy sukses mencetak 23 gol. Tak heran Kilicsoy diprediksi menjadi penyerang andalan Turki pada masa depan.

Kehadiran pemain muda memberikan kekuatan baru bagi Timnas Turki. Banyak bermunculan pemain potensial yang memberikan harapan besar kepada mereka. Makin menarik melihat penampilan kelima pemain U-21 di atas di Euro 2024.

Baca Juga: 3 Pemain Termuda Belgia yang Melakoni Debut di Euro

Muhamad Luthfi Maruf Photo Verified Writer Muhamad Luthfi Maruf

Fans Arsenal karna Jerseynya mirip sama Indonesia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya