6 Pemain Denmark dengan Menit Bermain Terbanyak di Euro 2024

Christian Eriksen berpengaruh besar #EURO2024

Intinya Sih...

  • Christian Eriksen menjadi pilar utama Denmark dengan akurasi umpan 80%, 16 chances created, dan 1 gol pada Euro 2024.
  • Andreas Christensen tampil solid di lini belakang, mencatatkan 74 caps bersama timnas Denmark dan membantu pertahanan solid selama Euro 2024.
  • Pierre-Emile Hojbjerg, Jannik Vestergaard, Joachim Andersen, dan Kasper Schmeichel juga memberikan kontribusi besar bagi Denmark selama turnamen.

Perjalanan Denmark di Euro 2024 harus berakhir pada babak 16 besar. Dua gol yang dari Kai Havertz dan Jamal Musiala mengandaskan peluang Danish Dynamite melaju ke perempatfinal. Kekalahan (2-0) atas Jerman pada Minggu (30/6/2024) menjadi akhir dari perjuangan Kasper Hjulmand dan anak asuhnya di Euro kali ini.

Meskipun gagal melaju lebih jauh, Denmark telah menunjukkan performa yang luar biasa sepanjang turnamen. Danish Dynamite berhasil lolos ke fase gugur dengan menempati posisi kedua Grup C, di bawah Inggris, dengan torehan 3 poin hasil dari 3 imbang. Pencapaian ini tak lepas dari kontribusi para pemain Denmark yang berjuang selama turnamen.

Berikut adalah enam pemain Denmark dengan menit bermain terbanyak di Euro 2024.

1. Christian Eriksen (350 Menit) menjadi figur sentral bagi lini tengah Denmark

6 Pemain Denmark dengan Menit Bermain Terbanyak di Euro 2024Christian Eriksen (instagram.com/chriseriksen8)

Gelandang veteran, Christian Eriksen, menjadi salah satu pilar utama Denmark di Euro 2024. Gelandang Manchester United ini berperan sebagai figur sentral bagi lini tengah Danish Dynamite, meski sempat mengalami insiden yang membuatnya harus absen sejenak pada 2020. Namun, kemampuannya dalam mengatur tempo permainan dan melepaskan umpan-umpan terukur tetap tidak berubah.

Dalam empat laga yang sudah dilalui Denmark, Eriksen selalu dipercaya sebagai pilihan utama. Meskipun gagal membawa Denmark melaju ke babak perempatfinal setelah kalah (2-0) dari Jerman, kehadirannya membawa efek positif bagi perjalanan Denmark di Euro 2024. Selama 4 pertandingan, Eriksen berhasil mencatatkan akurasi umpan sebesar 80 persen dengan 16 chances created dan mencetak 1 dari 2 gol yang diciptakan Denmark di Euro 2024.

2. Andreas Christensen (351 Menit) membuat pertahanan Denmark sulit untuk ditembus

6 Pemain Denmark dengan Menit Bermain Terbanyak di Euro 2024Andreas Christensen (instagram.com/andreaschristensen3)

Selanjutnya, ada nama Andreas Christensen yang merupakan pilar penting di lini belakang Denmark. Pemain yang didatangkan Barcelona secara gratis pada 2022/2023 ini tampil cemerlang bagi Denmark. Perannya tak tergantikan dan selalu tampil penuh pada fase grup Euro 2024. Namun, pada pertandingan 16 besar melawan Jerman, Christensen digantikan Jacob Bruun Larsen pada menit ke-81. Hal ini dilakukan untuk menambah daya gedor Denmark yang saat itu tertinggal (2-0).

Sepanjang kariernya di dunia sepak bola, Christensen telah mencatatkan 74 caps bersama Timnas Denmark. Kemampuannya dalam membaca permainan, duel udara, dan tekel menjadi kunci seringnya ia dipanggil ke timnas. Kehadirannya terbukti membuat pertahanan Denmark cukup solid di Euro 2024. Buktinya, dari 3 laga fase grup, Denmark hanya kebobolan 2 gol. Itu yang mengantarkan Denmark ke posisi runner-up grup.

3. Pierre-Emile Hojbjerg (354 menit) berperan menjaga keseimbangan lini tengah Denmark

6 Pemain Denmark dengan Menit Bermain Terbanyak di Euro 2024Pierre-Emile Hojbjerg (instagram.com/hojbjerg23)

Pierre-Emile Hojbjerg gelandang milik Tottenham Hotspur ini terkenal dengan gaya bermainnya yang lebih bertahan. Dia bertugas untuk memfilter serangan lawan dan menjadi benteng pertama bagi lini pertahanan. Sebagai gelandang box-to-box yang tangguh, Hojbjerg tidak kenal lelah dalam membantu pertahanan, memutus serangan lawan, dan menjaga kestabilan lini tengah Timnas Denmark di tiap pertandingan.

Pemain yang telah 184 kali tampil bersama Tottenham Hotspur ini selalu bermain penuh dalam 3 laga terakhir, termasuk saat Denmark kalah (0-2) atas Jerman pada babak 16 besar Euro 2024. Di laga kontra Jerman, statistik Hojbjerg menonjol dibandingkan pemain lain. Ia mencatatkan 86 persen umpan akurat, 8 recoveries, dan 4 menang duel. Catatan ini menunjukkan jika Hojbjerg memiliki kemampuan duel dan tekel yang mumpuni serta visi yang baik dalam memberikan umpan.

Baca Juga: 6 Pemain yang Tampil Luar Biasa pada Babak 16 Besar Euro 2024

4. Jannik Vestergaard (360 menit), bek jangkung yang memiliki tinggi hampir 2 meter

6 Pemain Denmark dengan Menit Bermain Terbanyak di Euro 2024Jannik Vestergaard (instagram.com/jannikvestergaard)

Jannik Vestergaard menjelma sebagai salah satu bek tengah utama Denmark di Euro 2024. Pemain Leicester City ini tampil solid dan tangguh dalam menjaga pertahanan Denmark sepanjang turnamen. Berduet bersama Andreas Christensen dan Joachim Andersen di lini pertahanan, ia memberi rasa aman dan hanya membuat Denmark kebobolan empat gol di Euro 2024.

Keunggulan Vestergaard terletak pada posturnya yang jangkung, membuatnya piawai dalam duel bola-bola atas. Selain tangguh dalam bertahan, bek jangkung dengan tinggi hampir 2 meter ini juga memiliki akurasi umpan yang baik untuk membangun serangan dari belakang. Hal ini dibuktikan dengan statistik umpan akuratnya yang mencapai 94 persen dari seluruh pertandingan Euro 2024. Kemampuan ini menjadi salah satu faktor utama Vestergaard selalu dipercaya tampil selama 360 menit.

5. Joachim Andersen (360 menit) tidak tergantikan selama Euro 2024

6 Pemain Denmark dengan Menit Bermain Terbanyak di Euro 2024Joachim Andersen (instagram.com/joachimandersen3)

Formasi 3-4-2-1 yang diusung Kasper Hjulmand, pelatih Denmark, menuntut kehadiran tiga bek tangguh di lini pertahanan. Joachim Andersen, yang tampil gemilang bersama Crystal Palace, akhirnya memastikan tempatnya di antara trio pertahanan tersebut. Pemain yang kini berusia 28 tahun ini sudah menjadi langganan Timnas Denmark sejak kelompok usia U-16 dan melakoni debut seniornya pada 2019.

Sepanjang Euro 2024, Andersen tak tergantikan. Chemistry nya dengan Andreas Christensen dan Jannik Vestergaard yang sudah terjalin baik selama turnamen memberikan rasa aman bagi lini pertahanan Denmark. Kemampuan bertahannya tidak perlu diragukan lagi. Selama 360 menit bermain bersama Danish Dynamite di Euro 2024, Andersen menorehkan 82 persen kemenangan duel udara, 2 intersep, 9 recoveries, dan 22 kemenangan duel.

6. Kasper Schmeichel (360 menit) sering melakukan penyelamatan krusial

6 Pemain Denmark dengan Menit Bermain Terbanyak di Euro 2024Kasper Schmeichel (instagram.com/kasperschmeichel)

Kiper yang pernah merasakan gelar juara English Premier League bersama Leicester City pada 2015/2016 ini kembali menjadi benteng kokoh di gawang Denmark. Keberadaannya menjadi faktor vital dalam menjaga kepercayaan diri rekan-rekannya di lini belakang. Schmeichel berulang kali melakukan penyelamatan penting, salah satunya saat melawan Jerman pada babak 16 besar. Meskipun kalah, Schmeichel berhasil mencatatkan tujuh penyelamatan krusial.

Peran Schmeichel di bawah mistar gawang Denmark tak tergantikan. Ia selalu dipercaya Kasper Hjulmand untuk menjadi kiper utama. Kiper yang kini berstatus free agent ini telah bermain selama 360 menit untuk Timnas Denmark di Euro 2024. Selama dipercaya sebagai starter, ia menunjukkan ketenangan dan refleks yang luar biasa. Dalam 4 laga, ia berhasil mengemas 12 penyelamatan, 1 nirbobol, dan 4 kebobolan.

Perjalanan Timnas Denmark harus terhenti pada babak 16 besar. Hasil ini tentu sangat mengecewakan bagi para pendukung Danish Dynamite, mengingat mereka berhasil mencapai semifinal sebelum dikalahkan Inggris di Euro 2020. Meskipun begitu, perjuangan para pemain patut diapresiasi. Sebab, lawan yang mereka hadapi pada babak 16 besar adalah Jerman, tim favorit juara Euro kali ini.

Baca Juga: 3 Pemain Belanda Ukir Rekor usai Kalahkan Rumania di Euro 2024

Muhamad Luthfi Maruf Photo Verified Writer Muhamad Luthfi Maruf

Fans Arsenal karna Jerseynya mirip sama Indonesia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya